Dari Musisi Menjadi Pejuang Kemanusiaan, Andien Resmikan Andien Aisyah Foundation
Andien Aisyah. (Suara.com/Vania)
15:36
21 Maret 2024

Dari Musisi Menjadi Pejuang Kemanusiaan, Andien Resmikan Andien Aisyah Foundation

Suara merdu Andien tak hanya menghibur telinga, tapi kini juga menggemakan misi mulia. Pada Rabu (20/3/2024), penyanyi kenamaan ini resmi meluncurkan Andien Aisyah Foundation (AAF), sebuah yayasan yang berfokus pada isu-isu kemanusiaan.

Ini bukanlah kali pertama Andien melakukan gerakan sosial untuk sesama. Selama beberapa tahun terakhir, Andien, dengan dukungan dan kerjasama dari Kitabisa dan IR Box (Indonesian Relief Box), telah aktif dalam menyumbangkan dan menggalang dana untuk sejumlah isu kesehatan dan sosial, termasuk kanker payudara, anak-anak yang mengalami kanker, stunting di daerah terpencil, korban bencana alam, serta program pendidikan untuk pemulung dan masyarakat yang terdampak Covid.

Dilatarbelakangi oleh minatnya dalam dunia mode dan kekhawatirannya terhadap pendidikan, Andien mendirikan Setali Indonesia pada tahun 2018, diikuti oleh pendirian Sekolah Anak Percaya pada tahun 2022.

Beberapa kegiatan ini yang akhirnya menggerakan ibu dua anak tersebut untuk mendirikan Andien Aisyah Foundation pada bulan Desember 2023.

Ditemui di Jakarta Selatan dalam peresmian Andien Aisyah Foundation, Andien mengatakan bahwa yayasan yang didirikannya bertekad untuk menjadi agen perubahan positif yang menginspirasi di berbagai sektor kunci, dengan sasaran utama adalah masyarakat yang terpinggirkan, khususnya perempuan dan anak.

"Kenapa perempuan dan anak? Karena dua golongan masyarakat ini adalah yang menurutku perlu diberi perhatian lebih. Aku tuh selalu miris kalo ngomongin perempuan. Kita nggak perlu ngomongin yang jauh-jauh di pelosok sana, which is kita masih melihat beritanya setiap hari, banyak perempuan yang mungkin masih mengalami kejadian-kejadian yang tidak seharusnya," kata Andien.

Menurut pelantun lagu Dan Lalu ini, perempuan adalah golongan yang rentan. Ia melihat masih banyak perempuan yang harus menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarganya, serta yang paling miris menjadi korban kekerasan.

"Jadi aku merasa, aku harus deh memberikan konsentrasi yang lebih ke sini. Paling nggak, ada orang-orang yang tertolong, ada orang yang derajatnya lebih terangkat karena gerakan-gerakan yang kita buat bersama," tegasnya.

Begitu pun dengan anak-anak, yang menurut Andien, masih banyak anak-anak di sekitar kita yang ternyata ditelantarkan oleh orang tuanya sendiri.

"Sebanyak apapun gerakan women empowerement, atau save the children, masih akan kurang kalau kita lihat dunia yang masih carut-marut hari ini," pungkasnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #dari #musisi #menjadi #pejuang #kemanusiaan #andien #resmikan #andien #aisyah #foundation

KOMENTAR