Profil Singgih Sahara, Diduga Lakukan Penipuan Ratusan Juta Rupiah Berkedok Donasi
Profil Singgih Sahara. (Dok. Tangkapan Layar/X)
15:28
20 Maret 2024

Profil Singgih Sahara, Diduga Lakukan Penipuan Ratusan Juta Rupiah Berkedok Donasi

Nama Singgih Sahara mendadak viral akibat aksinya yang diduga lakukan penipuan berkedok donasi online untuk pengobatan ibu dan anaknya di platform KitaBisa. Hasil penelusuran dari tim KitaBisa ditemukan bahwa ibu dan anak Singgih memang sakit, namun ada sejumlah dana donasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Netizen mulai curiga dengan aksi Singgih karena ia membuka open donasi di berbagai platform sejak 2022 dan terus dilakukan sampai sekarang. Singgih mengklaim pada narasi open donasinya bahwa biaya untuk cuci darah ibunya tidak ditanggung oleh BPJS.

Fakta terbaru juga diunggah oleh akun X @bangwilddss yang merinci bahwa sejauh data masuk, Singgih mendapatkan donasi hingga Rp250 juta. Pengakuan Singgih hanya Rp50 juta yang digunakan untuk pengobatan ibu dan anaknya. Sementara sisanya digunakan untuk kebutuhan hidup, seperti membayar kontrakan sebesar Rp30 juta untuk 3 tahun, serta melunasi utang pinjaman online.

"Pelaku mengaku uang yang di dapatkan 250jt, untuk kebutuhan ibunya dan anaknya hanya 50jt, uang yang 200jt digunakan untuk kontrakan sekitar 10jt/tahun, dalam 3 tahun 30jt, melunasi pinjol," ungkap akun @bangwilddss.

Lantas siapa sebenarnya sosok Singgih Sahara?

Di media sosial, Singgih Sahara dikenal sebagai seorang MC juga standup comedy asal Semarang. Dia pernah beberapa kali ikut open mic stand up comedy. Bahkan ada video yang memperlihatkan Singgih sedang melakukan open mic di salah satu televisi swasta.

Pada akun media sosial X miliknya, Singgih menuliskan pada bio akunnya berprofesi sebagai sales toko mainan anak-anak dan tukang service mainan anak-anak. Dia bahkan menulis nomor telefon miliknya juga.

Satu per satu aksi Singgih melancarkan dugaan penipuan dengan banyak cara dan cerita, salah satunya menuduh ayahnya terjerat judi online. Namun dari penelusuran sejumlah pihak, ayah dari Singgih masih bertanggungjawab untuk membiayai pengobatan istrinya.

Hal itu terkuak dari penelusuran langsung oleh akun X @BlytheEverywhe1 dan @Widino yang pada Selasa (18/3) kemarin ketika mendatangi langsung rumah orang tua Singgih.

"Saya sarankan Mas @singgihsahara dibuka saja dgn jelas kemana saja uang donasi digunakan. Hari ini jadwal Ibu cuci darah kan di RS Roemani. Selama 5th ini sudah dicover BPJS. Agar kegiatan MC dan standup jenengan lancar ayo buka sejelas jelasnya," cuit akun @BlytheEverywhe1.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #profil #singgih #sahara #diduga #lakukan #penipuan #ratusan #juta #rupiah #berkedok #donasi

KOMENTAR