Dukung Umat Muslim Tingkatkan Ibadah Selama Ramadan, YMSM Wakafkan Ribuan Al Quran
Kapan nuzulul quran 2024 tanggal berapa (Freepik)
18:03
18 Maret 2024

Dukung Umat Muslim Tingkatkan Ibadah Selama Ramadan, YMSM Wakafkan Ribuan Al Quran

Bulan Ramadan merupakan waktu yang berharga bagi umat Muslim untuk meningkatkan ibadah mereka, termasuk di antaranya adalah membaca Al Quran. Untuk mendukung tradisi ini, Sinar Mas dan APP Group telah menyumbangkan ribuan mushaf Al Quran kepada Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Inisiatif ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat dalam membaca dan memahami Al Quran, khususnya selama bulan Ramadan. Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM), Saleh Husin, menyampaikan harapannya agar dorongan untuk membaca Al Quran dapat semakin ditingkatkan melalui sumbangan ini.

“Melalui inisiatif ini kami berharap dorongan membangun akhlak mulia melalui membaca Alquran di kalangan masyarakat, khususnya pada bulan suci Ramadan, dapat semakin terwadahi. Sebagaimana dukungan kepada ICMI dalam gelaran Muzakarah Ilmiah Ramadan yang kami yakini memberikan kesempatan lebih luas bagi umat muslim guna memaknai dan mempraktikkan nilai kebaikan serta kebersamaan yang ada dalam Alquran secara kontekstual," demikian kata Selh. 

Wakaf Al Quran. Wakaf Al Quran.

Meskipun teknologi digital terus berkembang pesat, sumbangan mushaf Al Quran tetap relevan bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Saleh Husin menekankan pentingnya keberadaan Al Quran cetak sebagai pilihan utama dan menjelaskan bahwa sumbangan ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat silaturahim dan toleransi antar umat beragama.

Sementara itu, Ketua Umum ICMI, Prof. Arif Satria, menyambut baik sumbangan ini dan menyatakan bahwa mushaf Al Quran akan didistribusikan ke berbagai masjid, terutama di daerah-daerah terpencil. Dia berharap sumbangan ini akan memberikan berkah bagi banyak orang.

Irsyal Yasman, anggota Dewan Pengawas YMSM sekaligus Vice Director APP Group, menyatakan kebanggaannya atas sumbangan ini. Dia menjelaskan bahwa mushaf Al Quran yang disumbangkan menggunakan kertas premium Sinar Tech, yang dikembangkan khusus untuk pencetakan kitab suci dan buku agama.

Sejak tahun 2008, YMSM telah mendonasikan sebanyak 1,3 juta mushaf Al Quran di seluruh Indonesia, dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, TNI-Polri, LSM, tokoh agama, pondok pesantren, sekolah, dan komunitas jurnalis serta literasi.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #dukung #umat #muslim #tingkatkan #ibadah #selama #ramadan #ymsm #wakafkan #ribuan #quran

KOMENTAR