10 Situasi yang Paling Dibenci oleh INFJ, Salah Satunya Bertemu Orang yang Dikenalnya
Ilustrasi situasi yang dibenci oleh INFJ./freepik
10:50
14 Maret 2024

10 Situasi yang Paling Dibenci oleh INFJ, Salah Satunya Bertemu Orang yang Dikenalnya

- Situasi yang paling dibenci oleh INFJ sering kali terkait dengan karakteristik unik mereka.

Sebagai salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), INFJ sering diidentifikasi sebagai individu yang introspektif, empatik, dan perfeksionis.

INFJ cenderung memiliki pemahaman yang mendalam tentang diri mereka sendiri dan orang lain, serta memiliki nilai-nilai yang kuat dan idealisme yang tinggi.

Namun, meskipun memiliki sifat-sifat yang mengagumkan ini, ada situasi tertentu yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Bagi INFJ, berada situasi-situasi ini dapat menjadi sumber stres dan kegelisahan bagi mereka.

Dilansir dari Psychology Junkie pada Rabu (13/3), berikut merupakan 10 situasi yang paling dibenci oleh INFJ.

1. Argumen

Ini berarti bahwa meskipun INFJ bisa menjadi tegas dalam menyuarakan pendapat mereka, namun, INFJ lebih suka mencari titik kesepahaman antara dua belah pihak daripada terlibat dalam konflik yang tidak produktif.

INFJ cenderung menghindari situasi di mana ada pertengkaran atau perdebatan yang tidak perlu, dan lebih memilih untuk mengupayakan kedamaian dan harmoni dalam hubungan dengan orang lain.

2. Percakapan kecil yang canggung di tengah keheningan

INFJ tidak menyukai situasi percakapan kecil yang canggung. Ini berarti bahwa mereka merasa tidak nyaman atau tidak suka ketika mereka harus mencoba mengisi keheningan yang canggung dengan percakapan kecil yang tidak terlalu berarti, atau dalam situasi di mana mereka harus menciptakan topik pembicaraan yang tidak penting.

3. Berada di pesta sendirian

Bagi kebanyakan INFJ, pesta bukanlah sesuatu yang mereka nikmati, terutama jika mereka berada di pesta di mana mereka tidak mengenal siapa pun atau orang-orang yang mereka kenal meninggalkan INFJ sendirian.

Berada di pesta tanpa teman atau tanpa merasa diterima oleh orang lain membuatnya merasa canggung dan tidak nyaman.

Hal ini membuatnya sulit untuk bersantai dan menikmati pesta karena INFJ tidak tahu bagaimana harus bertindak atau tidak memiliki seseorang yang bisa membantunya merasa aman.

4. Menghadapi seseorang

INFJ tidak suka ketika mereka harus menghadapi situasi di mana ada pertengkaran atau konfrontasi terjadi di sekitarnya.

Namun, hal yang lebih sulit bagi INFJ adalah ketika mereka harus menjadi individu yang memulai konfrontasi dengan orang lain.

Dalam situasi ini, INFJ tidak hanya terlibat secara langsung dalam konflik, tetapi mereka juga harus mengambil inisiatif untuk menciptakan konfrontasi tersebut.

Meskipun demikian, ada beberapa situasi di mana INFJ merasa perlu untuk menghadapi konflik, seperti untuk menjaga batasan pribadi mereka atau mengatasi masalah dalam hubungan.

Meskipun mereka menyadari bahwa konfrontasi semacam itu penting, INFJ tetap merasa tidak nyaman atau tidak suka untuk menghadapinya.

5. Diskusi yang membuat orang lain tidak nyaman

Ini mengacu pada situasi di mana topik-topik sensitif seperti uang, politik, atau agama dibicarakan dalam percakapan santai, yang sering membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Meskipun INFJ umumnya tidak keberatan membicarakan topik-tabu ini karena potensi untuk memunculkan diskusi menarik,.

Namun jika pembicaraan dilakukan dengan cara yang membuat orang lain merasa tidak nyaman, INFJ juga akan merasa tidak nyaman.

Contohnya, ketika seseorang mulai berbicara dengan keras tentang pandangan politiknya atau memberikan nasihat tentang bagaimana orang lain harus mengelola uang mereka, ini bisa membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman.

INFJ mungkin merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut, karena mereka sadar akan ketidaknyamanan orang lain dan INFJ bisa merasa malu atas perilaku orang yang berbicara tersebut.

6. Memperkenalkan diri satu persatu

Ini mengacu pada situasi di mana sekelompok orang diminta untuk memperkenalkan diri satu per satu di sebuah pertemuan atau acara.

Sebagai seorang INFJ, merasa tidak nyaman dalam situasi semacam itu. Meskipun yang harus dia katakan hanya nama dan asal, tetapi dia merasa cemas dan tidak nyaman.

Bahkan jika ada tambahan seperti membagikan minat unik atau menceritakan fakta menyenangkan tentang diri sendiri, itu membuatnya semakin merasa tidak nyaman.

7. Bertemu seseorang yang lebih mengenal INFJ daripada INFJ yang mengenal mereka

Ini menggambarkan situasi di mana seseorang datang kepada INFJ dengan senyum ramah dan menyapamya dengan nama, tetapi INFJ tidak bisa mengingat siapa mereka.

Bahkan, mungkin INFJ juga tidak mengenali wajah mereka. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan karena INFJ harus mencoba mengingat siapa mereka dan mengapa mereka mengira snag INFJ mengenal mereka.

Meskipun cara mudahnya adalah bertanya kepada mereka nama mereka, tetapi itu bisa membuat mereka merasa tersinggung, yang tidak diinginkan oleh INFJ.

8. Orang asing yang terlalu akrab dengan INFJ

Ini menggambarkan pengalaman umum bagi banyak INFJ di mana orang asing yang tidak dikenal tiba-tiba membagikan cerita hidup mereka kepada INFJ.

Sebagai seorang INFJ, Anda mungkin terlihat sebagai seseorang yang ramah dan mudah diajak bicara, sehingga orang-orang merasa nyaman berbagi dengan Anda.

Meskipun INFJ umumnya peduli dan suka mendengarkan orang lain, situasi ini bisa menjadi canggung karena cerita yang dibagikan mungkin terlalu pribadi untuk situasi pertemuan yang tidak dikenal.

9. Bertemu seseorang yang dikenalnya

Kebanyakan INFJ adalah orang yang introvert yang cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka secara tak terduga bertemu dengan seseorang yang mereka kenal di luar rumah.

Situasi ini dapat menimbulkan kecemasan karena mereka mungkin tidak ingin atau tidak siap untuk terlibat dalam percakapan, terutama jika mereka sedang terburu-buru atau tidak tahu apa yang harus dikatakan setelah lama tidak bertemu.

Meskipun interaksi tersebut mungkin tidak terlalu canggung, tetapi INFJ tetap merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut.

10. Mengatakan sesuatu yang bodoh

Ini menggambarkan bagaimana INFJ sering merasa tertekan setelah mereka menyadari bahwa mereka telah mengucapkan sesuatu yang bodoh atau tidak pantas dalam suatu situasi.

Meskipun hal ini bisa terjadi pada siapa pun, INFJ cenderung memikirkannya secara berlebihan dan merasa tidak nyaman dengan kesalahan yang telah mereka buat, bahkan setelah peristiwa itu berlalu.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan untuk menyesali tindakan atau kata-kata mereka dan memikirkannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #situasi #yang #paling #dibenci #oleh #infj #salah #satunya #bertemu #orang #yang #dikenalnya

KOMENTAR