Klaim Palestina Aman dan Nyaman, Siapa Sebenarnya Gus Iqdam? Padahal Ayahnya Kiai Tersohor
Gus Iqdam. [Instagram]
11:37
13 Maret 2024

Klaim Palestina Aman dan Nyaman, Siapa Sebenarnya Gus Iqdam? Padahal Ayahnya Kiai Tersohor

Gus Iqdam, seorang penceramah, tiba-tiba mendapat banyak kritik setelah video ceramahnya menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, Gus Iqdam mengungkapkan pandangannya bahwa situasi di Palestina sebenarnya aman, tidak sesuai dengan pemberitaan media.

"Sekarang isunya di media itu Palestina gimana, enggak aman. Aman, saya pulang ya utuh kok, utuh enggak kekurangan apa-apa," kata Gus Iqdam dikutip dari video unggahan akun X @/ethadisaputra Rabu (13/3/2024).

Gus Iqdam menyatakan bahwa ketika berada di Palestina, dia masih dapat beribadah dengan tenang. Bahkan, dia berhasil bertemu dengan imam Masjid Al-Aqsha dan beberapa syekh di sana.

"Di sana aman, nyaman, alhamdulillah ibadah juga bisa. Saya bisa berkunjung ke imam Baitul Maqdis juga bisa, berkunjung ke syekh-syekh juga bisa. Alhamdulillah aman, enggak ada apa-apa." terang Gus Iqdam.

Lantas, siapa sebenarnya Gus Iqdam, dan bagaimana latar belakangnya? 

Gus Iqdam saat mengomentari respon negati dukungannya terhadap Cawapres Gibran Rakbuming Raka. [TikTok]Gus Iqdam saat mengomentari respon negati dukungannya terhadap Cawapres Gibran Rakbuming Raka. [TikTok]

Agus Muhammad Iqdam Kholid, yang dikenal sebagai Gus Iqdam, adalah pendiri Majelis Ta’lim Sabilu Taubah. Majelis Ta’lim Sabilu Taubah didirikan pada tahun 2018 dengan awalnya hanya memiliki 7 jemaah, namun kini telah berkembang menjadi memiliki puluhan ribu jemaah.

Gus Iqdam sengaja memberi nama Majelis Ta’lim yang ia dirikan dengan sebutan Sabilu Taubah, yang artinya adalah jalan taubat. Ini karena jamaah di dalamnya tidak terbatas pada santri, orang berpengetahuan, atau mereka yang akrab dengan ilmu agama, tetapi juga banyak dari kalangan jamaah yang berasal dari luar dan bahkan tidak memiliki pengetahuan agama sama sekali.

Gus Iqdam mendirikan majelisnya sebagai tempat bagi orang-orang dengan latar belakang ideologi jalanan, marginal, dan sering terlibat dalam dunia kriminal untuk belajar agama. Dengan ciri khas dakwahnya yang santun dan humoris, Gus Iqdam berusaha mengajak mereka semua untuk belajar agama bersama-sama.

Gus Iqdam lahir di Blitar pada tanggal 27 September 1994, merupakan keturunan suku Jawa, dan kini menetap di Blitar, Jawa Timur. Dia adalah anak dari KH Kholid dan Hj Ny Lanratul Farida. Pada tahun 2021, Gus Iqdam menikah dengan Nilatin Nilayah, dan mereka memiliki seorang anak bernama Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir.

Gus Iqdam pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, yang dipimpin oleh Gus Kautsar.

Sebagai seorang anak, Gus Iqdam menghabiskan masa kecilnya untuk belajar agama Islam, dimana ia belajar bersama pamannya sendiri, KH Dliyauddin Azzamzami. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur.

Gus Iqdam adalah seorang pendakwah muda dari Nahdlatul Ulama (NU) yang terkenal dengan ceramahnya yang menginspirasi anak-anak punk. Selain menjadi seorang pendakwah, saat ini Gus Iqdam juga menjadi pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kabupaten Blitar.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #klaim #palestina #aman #nyaman #siapa #sebenarnya #iqdam #padahal #ayahnya #kiai #tersohor

KOMENTAR