Suka Mencium Kucing Peliharaan? Ketahui Risikonya Agar Tak Sebabkan Masalah Pada Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Mencium Kucing Peliharaan./freepik
12:14
11 Maret 2024

Suka Mencium Kucing Peliharaan? Ketahui Risikonya Agar Tak Sebabkan Masalah Pada Kesehatan Tubuh

- Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat populer di kalangan banyak orang. Mereka memiliki sifat yang menggemaskan, independen, dan bisa menjadi teman yang setia bagi pemiliknya.

Kucing juga dikenal memiliki kebiasaan yang unik dan menghibur, seperti memanjat, bermain dengan mainan, dan hingga aksi lucu lainnya.

Dengan begitu, tak heran jika banyak individu yang sangat menyukai kucing karena kehangatan dan kenyamanan yang mereka berikan.

Kucing sering dianggap sebagai hewan yang bisa memberikan dukungan emosional kepada pemiliknya, dan kehadiran mereka di rumah bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Tidak heran jika banyak orang memilih untuk memelihara kucing sebagai hewan peliharaan.

Selama masa memelihara, tidak jarang pemilik kucing menunjukkan kasih sayangnya dengan cara mencium kucing mereka.

Perlakuan ini merupakan bentuk ekspresi kasih sayang hang diberikan oleh oemilik dengan kucing peliharaannya.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah aman untuk mencium kucing Anda?

Dilansir dari The Animal Guardian Society pada Senin (11/3), jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kucing Anda bebas dari penyakit dan parasit, mencium kucing sesekali mungkin tidak akan menimbulkan penyakit pada Anda (meskipun ada kemungkinan kecil).

Namun, tidak disarankan untuk mencium kucing dengan sering, bahkan jika kucing Anda sedang mengalami sakit.
Selain itu, juga tidak direkomendasikan untuk mencium kucing di bibir.

Pasalnya, banyak penyakit yang dapat ditularkan dari kucing ke manusia (zoonosis). Kucing dan manusia dapat terinfeksi oleh bakteri umum seperti Pasteurella, staphylococcus, E-Coli, dan salmonella.

Semua bakteri tersebut sangat menular yang tentu dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Kudis adalah infeksi jamur umum yang mudah menyebar dari kucing ke manusia dan sebaliknya, yakni dari manusia ke kucing melalui kontak langsung.

Meskipun tidak serius, namun, setelah Anda terinfeksi, Anda dapat menularkannya kepada orang lain atau hewan lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kucing juga mengandung beberapa bakteri di mulut mereka yang menyebabkan penyakit gusi.

Tidak hanya penyakit gusi yang dapat menyebabkan kehilangan gigi, tetapi juga penyakit gusi yang memiliki dampak yang lebih besar pada organ-organ tubuh.

Meski begitu, beberapa teori mengungkapkan bahwa tinggal bersama hewan peliharaan seperti kucing sejak bayi dapat membantu mengurangi kemungkinan anak mengalami alergi.

Hal ini karena tubuh mereka terbiasa dengan berbagai bakteri dan virus dari hewan peliharaan seperti kucing yang tidak biasanya mereka jumpai.

Paparan ini membantu sistem kekebalan tubuh berkembang dengan baik dan lebih memperkuat perlindungan mereka dari alergi.

Meskipun demikian, tidak dianjurkan bagi anak Anda untuk mencium hewan peliharaan seperti kucing, dan sebaiknya Anda juga tidak mendorong anak-anak untuk melakukannya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kehadiran hewan peliharaan di rumah berpotensi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak dan juga dapat mengurangi risiko terhadap alergi.

Dengan begitu, penting untuk selalu berhati-hati, terutama saat Anda mendekatkan mendekatkan wajah Anda ke kucing, apalagi kucing yang tidak Anda kenal (tidak tahu perawatannya seperti apa).

Jika Anda memelihara kucing dirumah, pastikan bahwa kucing Anda diberikan obat anti parasit seperti cacing dan kutu dan mendapatkan vaksinasi yang diperlukan secara teratur.

Selama Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kucing Anda bebas penyakit, sebenarnya tidak apa-apa untuk mencium kucing Anda sesekali, namun tidak dianjurkan untuk menciumnya dengan sering.

Namun, penting untuk dicatat bahwa individu yang memmiliki kekebalan tubuh yang terganggu (seperti orang dengan HIV, menjalani pengobatan kanker), dan anak-anak kecil sebaiknya tidak dianjurkan untuk mencium kucing.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mempertimbangkan kebersihan dan kesehatan baik bagi kucing maupun sang pemilik saat melakukan interaksi fisik seperti mencium kucing serta dianjurkan untuk tidak terlalu sering untuk menciumnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #suka #mencium #kucing #peliharaan #ketahui #risikonya #agar #sebabkan #masalah #pada #kesehatan #tubuh

KOMENTAR