6 Resep Scrub Kulit Kepala Dari Bahan Alami Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut
ilustrasi scrub dari garam laut dan gel lidah buaya. Sumber foto: Freepik
20:22
12 Januari 2024

6 Resep Scrub Kulit Kepala Dari Bahan Alami Untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut

Scrub wajah sering digunakan untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan kotoran serta sel kulit mati.

Demikian pula, scrub juga bermanfaat bagi kulit kepala guna hempaskan kelebihan minyak, partikel, dan penumpukan sisa produk.

Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan aktif dapat membantu memulihkan kesehatan kulit kepala dan menghentikan kerontokan rambut, menurut jurnal International Journal of Trichology.

Membuat scrub kulit kepala alami dari bahan-bahan rumah tangga tidak hanya hemat biaya tetapi juga menyeimbangkan campuran alami sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Jumat (12/1), berikut beberapa resep scrub kulit kepala buatan sendiri yang dijelaskan dokter kulit Asmita Dhekne Chebbi.

1. Minyak kelapa dan gula merah: Campurkan minyak kelapa dan gula merah untuk membuat scrub eksfoliasi lembut yang melembabkan kulit kepala.

2. Cuka sari apel dan baking soda: Campurkan bahan-bahan ini untuk menyeimbangkan tingkat pH dan menghilangkan penumpukan.

3. Lidah buaya dan garam laut: Campurkan gel lidah buaya dengan garam laut untuk scrub yang menenangkan dan membersihkan.

4. Oatmeal dan madu: Kombinasi ini mengelupas sekaligus menenangkan iritasi dan menutrisi kulit kepala.

5. Minyak pohon teh dan gula: Campurkan gula dengan beberapa tetes treetea oil untuk scrub antibakteri dan antijamur.

6. Yogurt dan jus lemon: Keasaman jus lemon yang dicampur dengan yogurt dapat mencerahkan kulit kepala dan menyeimbangkan produksi minyak.

Untuk langkah-langkah pengaplikasiannya yaitu keramas dan membagi rambut, oleskan sedikit scrub buatan sendiri langsung ke kulit kepala dengan gerakan memutar menggunakan jari.

Terus lakukan ini hingga semua bagian terkelupas. Ingatlah untuk tidak berlebihan karena dapat melukai kulit kepala dan lulur harus dibilas seluruhnya seperti langkah terakhir.

Adapun manfaat scrub kulit kepala buatan sendiri untuk pertumbuhan rambut yaitu meningkatkan sirkulasi darah, menghindari penumpukan produk rambut, mengelupas kulit mati, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Perlu diketahui, orang dengan kulit kepala sensitif atau meradang, luka terbuka, atau kondisi seperti psoriasis atau eksim harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan scrub kulit kepala.

Lalu, terdapat efek samping scrub kulit kepala di mana saat menggosok secara berlebihan atau menggunakan bahan-bahan keras dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau kekeringan pada kulit kepala.

Oleh karena itu, selalu lakukan uji tempel sebelum pakai scrub kulit kepala DIY dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika memiliki kondisi kulit kepala atau alergi.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #resep #scrub #kulit #kepala #dari #bahan #alami #untuk #meningkatkan #kesehatan #rambut

KOMENTAR