Pantas Sering Dijadikan Masker dan Penutup Mata, Ternyata Ini 9 Manfaat Mentimun, Salah Satunya Perbaiki Kulit Wajah Rusak
ALAMI DAN SERBAGUNA: Tania Daina Lorenz menggunakan irisan mentimun untuk mengatasi kantong mata. (Angger Bondan/Jawa Pos)
17:08
6 Maret 2024

Pantas Sering Dijadikan Masker dan Penutup Mata, Ternyata Ini 9 Manfaat Mentimun, Salah Satunya Perbaiki Kulit Wajah Rusak




Timun atau mentimimun merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai kandungan air cukup tinggi.

Selain menyegarkan, mentimun rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya kulit wajah.

Jadi tak heran, apabila mentimun seringkali digunakan untuk masker atau penutup mata saat sedang melakukan perawatan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan, kandungan air, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan asam kafeat yang ada pada mentimun bersifat antioksidan dan antiradang.

Alhasil, manfaat timun untuk wajah ternyata sangat beragam, mulai dari melembabkan kulit hingga mengatasi masalah jerawat.

Melansir dari Siloam Hospital, Rabu (6/3), setidaknya ada 9 manfaat mentimun yang perlu diketahui untuk menunjang kesehatan kulit wajah.  



Penasaran apa saja diantaranya? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Timun memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat melembabkan dan menyejukkan area wajah.

Jika ingin hasil yang maksimal maka buatlah masker alami dengan mencampurkan timun, madu, yoghurt, dan oatmeal.

Cara ini juga bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah. Setelah mengaplikasikan masker tersebut, maka kamu bisa mengoleskan pelembab wajah untuk mengunci kelembaban wajah seharian.

2. Memperbaiki Kulit Wajah yang Rusak

Timun bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kulit wajah hanya dengan mengambil air sari rebusan timun.

Caranya yaitu masukkan air sari rebusan timun ke dalam botol spray sebagai face mist, lalu semprotkan pada wajah.  



3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Mengurangi jerawat bisa dengan timun sebagai masker wajah. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan asam folat dan vitamin C.

Kedua kandungan itu mampu meredakan peradangan akibat jerawat.

4. Merawat Kulit Berminyak

Kandungan air dari mentimun diketahui dapat membantu mengontrol minyak di wajah.

Caranya dengan membuat masker wajah dari campuran timun yang sudah halus dengan plain yoghurt, lalu oleskan masker wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit.
Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Menyamarkan Noda Hitam

Mentimun diketahui dapat menyamarkan noda hitam di wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim proteolitik yang mampu membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Timun yang memiliki kandungan vitamin C juga membantu merangsang produksi kolagen yang berperan dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam serta menghilangkan bekas luka yang menghitam di wajah.  



6. Mengatasi Kulit Terbakar

Kandungan mineral dalam timun (kalium dan sulfat) bisa membantu memulihkan kulit yang terbakar.

Manfaat timun untuk wajah yang satu ini diperoleh dari efek dingin dari masker timun, sehingga bisa mencegah peradangan dan meredakan iritasi kulit akibat panas matahari (sunburn).

7. Menghilangkan Mata Panda

Timun seringkali dijadikan sebagai cara alami untuk mengatasi masalah mata panda. Kandungan vitamin C pada timun diyakini dapat meredakan pembengkakan di mata, serta membuat mata tampak lebih segar.  



8. Mengurangi Iritasi

Mentimun juga bisa digunakan untuk mengurangi iritasi kulit. Memiliki efek pendinginan dan antiinflamasinya mampu membantu meredakan rasa sakit pada wajah, kulit kemerahan, ruam kulit, dan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari atau gigitan serangga.

9. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan berupa vitamin C dan asam folat di dalam mentimun diketahui mampu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti munculnya kerutan-kerutan halus pada wajah.

Vitamin C bermanfaat untuk mendorong regenerasi sel-sel kulit. Sedangkan asam folat bermanfaat membersihkan racun dari lingkungan sekitar yang dapat menyebabkan wajah tampak tidak segar.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pantas #sering #dijadikan #masker #penutup #mata #ternyata #manfaat #mentimun #salah #satunya #perbaiki #kulit #wajah #rusak

KOMENTAR