Melanie Subono Beri Tips Cara Nasihati Perempuan yang Jadi Korban Kekerasan: Cuci Otaknya Dulu
Melanie Subono saat di Kantor Suara.com. (Suara.com/Hyoga D. Murti)
11:04
6 Maret 2024

Melanie Subono Beri Tips Cara Nasihati Perempuan yang Jadi Korban Kekerasan: Cuci Otaknya Dulu

Perempuan rentan jadi korban kekerasan, baik dalam hubungan berpasangan maupun di tempat kerja. Seniman Melanie Subono berpandangan, perlu adanya dukungan sesama perempuan atau woman support woman untuk mengatasi persoalan tersebut. 

Adanya UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) yang telah disahkan oleh DPR, dinilai Melanie, sebenarnya telah menguntungkan bagi perempuan yang lebih rentan menjadi korban. Sayangnya dia juga melihat justru ada pula perempuan itu sendiri yang menolak adanya undang-undang tersebut. 

"UU TPKS ditolak sama perempuan juga. Katanya atas dasar agama, 'saya kan mau berbakti kepada suami'. Jadi sebetulnya kita harus kompakin perempuannya dulu, gak bisa terus-terusan salahin laki-laki, salahin lingkungan, atau salahin keadaan," kata Melanie saat datang ke kantor suara.com, Selasa (5/3/2024).

Karenanya, perlu dukungan sesama perempuan untuk mendampingi perempuan lain yang menjadi korban. Pelantun lagu Dia Sahabat itu membagikan caranya sendiri ketika menemani kerabatnya yang tengah menjadi korban. Melanie mengatakan kalau dirinya tidak pernah memberikan pemahaman dengan langsung menyuruhnya lapor polisi.

Hal pertama yang dia lakukan justru 'mencuci otak' kerabatnya itu agar sadar bahwa dirinya berharga dan tak pantas mendapatkan kekerasan. 

"Gak pernah gua datang dengan jelaskan undang-undang. Percuma dia ke polisi kalau dia tidak menyadari powerfull her self, she is beautiful, kalau dia tuh hebat, dia cantik. Karena dia akan kembali ke dalam hubungan yang sama mungkin dalam skala yang beda aja," kata Melanie. 

"Kalau yang selama ini gua lakuin adalah ngomong, brainwash, bilang 'lu cantik ya', gitu," imbuhnya.

Melanie Subono saat di Kantor Suara.com. (Suara.com/Hyoga D. Murti)Melanie Subono saat di Kantor Suara.com. (Suara.com/Hyoga D. Murti)

Setiap kali ada kerabatnya yang datang, dalam kondisi seperti apa pun, Melanie akan memuji penampilan temannya terlebih dahulu. Tujuannya agar membuat dia percaya diri dengan tubuhnya sendiri.

"Walaupun gue eneg ngelihatnya, gua akan selalu bilang you look good today,  sesederhana itu. Itu kayak ngasih kekuatan ke orang. Gue yakin saat mereka comffortable sama badan mereka sendiri, i am beautifull, i am good, i am smart, itu nanti akan kebentuk sendiri," ujarnya.

Cucu mantan Presiden BJ Habibie itu berpandangan, akan percuma bila seseorang diberi penjelasan tentang UU TPKS tetapi dirinya belum merasa yakin dengan kekuatan yang dia miliki sendiri.

"Karena walaupun sementara dia akan keluar dari kondisi itu, bisa kembali lagi ke urusan yang sama. Mungkin nggak dalam hubungan, tapi dia akan masuk kantor yang dia di-bully, akan selalu ada ketidakpedean," pungkasnya.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #melanie #subono #beri #tips #cara #nasihati #perempuan #yang #jadi #korban #kekerasan #cuci #otaknya #dulu

KOMENTAR