Tak Kalah dari Selvi Ananda, Siti Atikoh Pernah Berpidato dengan Bahasa Jepang di Seminar Internasional
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh saat berpidato dalam acara ASJI Annual di Kompleks Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023). [Suara.com/Bagaskara]
17:44
2 Maret 2024

Tak Kalah dari Selvi Ananda, Siti Atikoh Pernah Berpidato dengan Bahasa Jepang di Seminar Internasional

Nama Selvi Ananda belakangan ini tengah ramai menjadi sorotan. Lantaran momen dirinya berpidato tanpa teks di hadapan Jendera BNN menuai banyak pujian.

Tak mau kalah, istri Calon Presiden nomor urut 3 pun pernah melakukan hal yang sama. Siti Atikoh sempat unjuk kebolehannya berpidato dengan berbahasa Jepang.

Hal itu terjadi ketika ia dirinya menjadi Dewan Kehormatan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) hadir dan memberikan sambutan dalam acara ASJI Annual, Internasional Symposium dan Seminar On Japanese Studies In Indonesia di Kompleks Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah.

Agenda kala itu memiliki tema bertajuk 'Human Security Issues: Revisiting the Concept of Human Security from the Perspectives of Japan and Indonesia.'

Kala itu mengawali pidatonya ia menyambut para hadiri yang datang dengan bahasa Jepang.

"Minasan, konnichiwa! Watashitachi wa kyou, koko ni irasshaimashite, ureshii desu! Hajimemashite, Atikoh hingga moushimasu. Kyou wa minna de tanoshiku issho ni sugosou to omotteimasu," kata Atikoh berbahasa Jepang, dikutip Sabtu (2/3/2024)

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia pernyataan Atikoh tersebut yakni 'Senang sekali bisa bersama Anda semua di sini; Aku harap kita berbahagia bersama hari ini,' katanya.

Sontak Atikoh yang berbahasa Jepang ini mengundang respons riuh dan tepuk tangan dari para tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Kendati demikian, pidatonya tidak menggunakan bahasa Jepang secara full. Pidatonya langsung dilanjutkan dengan bahasa Inggris.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kalah #dari #selvi #ananda #siti #atikoh #pernah #berpidato #dengan #bahasa #jepang #seminar #internasional

KOMENTAR