Diciduk Polisi Gegara Konten Sesat, Segini Biaya Pengobatan di Padepokan Gus Samsudin
Polisi membawa Gus Samsudin untuk diperiksa di Polda Jatim, Kamis (29/2/2024) terkait konten viral aliran sesat tukar pasangan. [Dok.Antara]
16:13
1 Maret 2024

Diciduk Polisi Gegara Konten Sesat, Segini Biaya Pengobatan di Padepokan Gus Samsudin

Guru spiritual Gus Samsudin kini kembali mendulang kontroversi gegara kontennya yang diduga memuat ajaran sesat terkait tentang diperbolehkannya bertukar pasangan suami istri.

Kali ini, kontroversi tersebut membuat dirinya berurusan dengan hukum. Adapun Polda Jatim menangkap dan memeriksa sosok guru spiritual asal Ngawi tersebut pada Kamis (29/2/2024).

Sebelumnya, Gus Samsudin mengunggah sebuah konten yang ia akui sebagai konten edukasi dan satir. Dalam video unggahannya Gus Samsudin mencontohkan ajaran sesat yakni terkait tukar pasangan.

Terlepas dari kontroversi dan masalah hukum yang menerpa dirinya, Gus Samsudin merupakan salah satu tokoh spiritual ternama di daerahnya. Ia juga melayani pengobatan spiritual bagi mereka yang mendatangi padepokannya.

Lantas, berapa biaya pengobatan Gus Samsudin?

Pasien mengaku ditodong kwitansi jutaan Rupiah

Gus Samsudin melakukan praktik pengobatan spiritual melalui padepokannya, yakni Padepokan Nur Dzat Sejati.

Terkait legalitas, padepokan tersebut telah mengantongi izin tempat pemijatan sebagaimana yang diungkap oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Samsudin tak pernah secara gamblang merinci berapa biaya pengobatan yang ia sediakan.

Kendati demikian, informasi terkait biaya pengobatan Gus Samsudin sempat beberapa kali kesempatan terungkap ke publik.

Sosok pasien bernama Siti Aisyah pernah membagikan sebuah kwitansi untuk pembayaran pengobatan di padepokan Gus Samsudin. Tertera dalam video yang ia bagikan, bahwa nominal kwitansi tersebut mencapai Rp 10 juta.

"Telah diterima dari Siti Aisyah, uang sejumlah: Sepuluh Juta Rupiah," bunyi kwitansi yang sempat viral tersebut.

Selebgram ngaku bayar puluhan juta: Malah tambah sakit

Sosok selebgram bernama Balena pernah hendak membuktikan kesaktian sosok Gus Samsudin dalam mengobati penyakit.

Balena melalui kontennya sontak mendatangi padepokan milik Gus Samsudin. Kala itu, Balena kaget karena disodori biaya pengobatan yang tak murah.

Balena harus membayar antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta untuk pilihan paket pengobatan. Sontak, ayah Balena kaget ketika mendengar putrinya ditodong biaya sebanyak itu untuk pengobatan spiritual.

"Itu ada pembersihan apalah aku nggak ngerti, paket Rp 15 juta. Terus ada paket di bawah itu, Rp 5 juta. Akhirnya diambil yang Rp 5 juta karena nggak mau mahal-mahal," kata Balena.

Sosok selebgram berparas ayu tersebut akhirnya mencoba ilmu Gus Samsudin untuk mengobati penyakit yang ia derita. Alih-alih sembuh, Balena justru jatuh sakit dan kondisinya semakin parah usai menerima pengobatan.

"Setelah pulang ke rumah, perut aku sampe berair. Aku nggak ngerti kenapa perut aku sampai luka begini. Pas aku lihat di baju aku ada noda, aku pikir wah sakti banget yah bisa sampai panas begini," beber Balena.

Balena akhirnya memutuskan untuk tak lagi mendatangi ahli spiritual. Mulai detik itu, Balena juga mengaku hanya akan percaya dokter ketika sakit.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #diciduk #polisi #gegara #konten #sesat #segini #biaya #pengobatan #padepokan #samsudin

KOMENTAR