10 Kesalahan yang Dapat Merusak Suatu Hubungan, Mulai dari Bersikap Egois hingga Tidak Ada Keterbukaan Satu Sama Lain
Ilustrasi wanita berargumen dengan pasangannya (Freepik)
15:18
26 Oktober 2024

10 Kesalahan yang Dapat Merusak Suatu Hubungan, Mulai dari Bersikap Egois hingga Tidak Ada Keterbukaan Satu Sama Lain

 

Menjaga hubungan tetap baik dan kuat membutuhkan banyak usaha, dan bahkan ikatan terkuat pun dapat hancur dengan kesalahan dan kekurangan kecil.

Tidak diragukan lagi, perselingkuhan, kebohongan, dan rasa tidak saling menghormati adalah masalah paling umum yang dapat menghancurkan hubungan apa pun.

Tetapi dalam situasi lain, dengan memperhatikan bahwa hubungan itu berada diambang kehancuran.

Perlu diketahui, tidak selalu kesalahan besar terkadang hal-hal kecil yang kita abaikan justru membawa hubungan ke jalan buntu.

Berikut adalah kesalahan umum yang secara tidak sadar dapat merusak suatu hubungan seperti dilansir Egypt Today.

  1. Menyimpan rahasia

Menyembunyikan dan menjaga rahasia dari pasangan pada akhirnya akan menyebabkan rusaknya kepercayaan di antara Anda berdua dan memperbaiki kepercayaan yang rusak bisa menjadi salah satu hal tersulit untuk dilakukan.

  1. Memudahkan segala urusan

​​Hubungan, seperti halnya pekerjaan, Jika pekerjaan membutuhkan sebuah proses maka hubungan membutuhkan perhatian dan kepedulian setiap hari. Berpikir bahwa hubungan harus selalu berisi senyuman, tawa, dan saat-saat yang menyenangkan adalah delusi. Tetaplah membumi dalam kenyataan. Karena masalah akan datang dengan silih berganti.

  1. Menghindari konfrontasi dengan cara apa pun. 

Sikap diam, perilaku pasif-agresif, dan memendam masalah dapat lebih berbahaya daripada konfrontasi. Konfrontasi tidak berarti pertengkaran dan pertengkaran, tetapi lebih kepada mengomunikasikan suatu masalah dengan cara yang sehat. Tentu saja, hal tersebut tidak perlu dibesarkan-besarkan semuanya, tetapi jika ada sesuatu yang benar-benar mengganggu, maka harus dibicarakan demi kebaikan diri sendiri dan pasangan.

  1. Selalu ingin merasa paling benar dalam berargumen

Jika satu-satunya tujuan di balik setiap diskusi dengan pasangan adalah untuk membuktikan diri benar, hal tersebut malah menjadi sumber merusak suatu hubungan. Ketika berfokus untuk membuktikan diri benar setiap saat, maka itu dapat menghilangkan tujuan utama saat berdiskusi yaitu memecahkan masalah.

  1. Enggan untuk meminta maaf dan selalu menyalahkan pasangan

Membiarkan ego mengendalikan pikiran dalam suatu hubungan adalah cara mudah untuk menghancurkannya. Daripada membalikkan keadaan, terus-menerus menyalahkan pasangan atas setiap masalah, dan tidak meminta maaf itu merupakan tindakan yang sangat egois. Alangkah baiknya jujurlah pada diri sendiri dan pasangan serta bertanggung jawablah atas kesalahan.

  1. Kurangnya mengapresiasi terhadap pasangan dan selalu memberikan kritik

Keinginan untuk diperhatikan, dicintai, dan diapresiasi merupakan kebutuhan dasar manusia. Tidak seorang pun suka merasa tidak dihargai, dianggap remeh, atau lebih buruk lagi, merasa tidak cukup baik. Selain itu, ketika mengkritik semua yang mereka lakukan, hal itu membuat mereka bersikap defensif sebagai semacam mekanisme pertahanan terhadap semua yang  dikatakan.

  1. Mengumbar masalah percintaan dengan orang lain

Ketika bertengkar dengan pasangan, banyak orang cenderung melampiaskannya kepada teman dekat atau anggota keluarga, tetapi mengungkapkan hubungan dengan semua detailnya kepada orang lain tidak hanya memungkinkan orang lain ikut campur meskipun secara tidak langsung, tetapi juga akan merusak privasi dengan pasangan.

  1. Selalu mengutamakan diri sendiri

Hubungan membutuhkan kompromi, dan ini harus berjalan dua arah. Salah satu individu tidak dapat berharap untuk meluangkan waktu tanpa memberi kembali.

  1. Tidak memberikan pasangan ruang

Menjalani hidup bersama, tetapi juga harus memberi ruang bernapas bagi pasangan. Jangan hentikan mereka melakukan hal-hal yang mereka sukai atau yang mereka sukai hanya karena selalu mengharapkan bersama dengannya. Karena setiap individu memiliki kepentingan masing-masing.

  1. Membuat pasangan untuk selalu menebak-nebak

Setiap individu harus menjadi buku terbuka bagi setiap pasangan. Tidak ada tempat misteri dalam suatu hubungan. Jangan pernah membuat mereka ragu dan membiarkan mereka mempertanyakan apa arti mereka bagi Anda. Selalu bersikap terbuka, bicarakan tentang perasaan, kebutuhan, dan kekhawatiran Anda; buat mereka merasa aman alih-alih membuat mereka menebak-nebak posisi mereka dalam hubungan itu.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kesalahan #yang #dapat #merusak #suatu #hubungan #mulai #dari #bersikap #egois #hingga #tidak #keterbukaansatu #sama #lain

KOMENTAR