Adu Pendidikan Titiek Soeharto vs Puan Maharani: Duo Anak Presiden RI Nyaleg, Pantas Lolos Jadi DPR?
Kolase Titiek Soeharto dan Puan Maharani. (Instagram)
19:15
23 Februari 2024

Adu Pendidikan Titiek Soeharto vs Puan Maharani: Duo Anak Presiden RI Nyaleg, Pantas Lolos Jadi DPR?

Beberapa anak mantan Presiden RI terpantau mencalonkan diri sebagai caleg di Pemilu 2024. Sebut saja anak bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ibas Yudhoyono, dan anak Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Ada pula putri Presiden RI ke-2 Soeharto, Titiek Soeharto.

Mereka bertarung untuk lolos ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029. Mengenai itu, menarik untuk melihat perbandingan pendidikan dua putri Presiden RI, yakni Puan Maharani dan Titiek Soeharto.

Sebagai informasi,  pemilik nama lengkap  Siti Hediati Soeharto maju sebagai caleg DPR Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Partai Gerindra. Sedangkan Puan Maharani maju sebagai caleg DPR dapil Jawa Tengah V dari PDI Perjuangan (PDIP).

Lantas, seperti apakah adu pendidikan Titiek Soeharto vs Puan Maharani? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pendidikan Titiek Soeharto

Titiek Soeharto. (Instagram/titieksoeharto)Titiek Soeharto. (Instagram/titieksoeharto)

Titiek Soeharto merupakan putri keempat Soeharto. Titiek lahir di Semarang pada 14 April 1959, tepatnya saat sang ayah masih menduduki jabatan sebagai Panglima TT-IV/Diponegoro.

Sosoknya pernah menikah dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus capres 2024, Prabowo Subianto.

Titiek Soeharto diketahui mengenyam pendidikan di SMA Negeri 3 Jakarta pada tahun 1974 hingga 1977. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan berhasil lulus dengan gelar sarjana pada 1985.

Sedari muda, Titiek sendiri sudah aktif dalam berorganisasi. Sejumlah organisasinya adalah menjadi anggota Yayasan Purna Bhakti Pertiwi, Ketua dalam Yayasan Seni Indonesia, dan Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI).

Menariknya, pada saat masih berstatus sebagai seorang mahasiswa, Titiek memutuskan menikah dengan Prabowo Subianto. Pernikahan mereka berlangsung pada tahun 1983, di mana Prabowo kala itu masih menduduki jabatan sebagai Perwira TNI.

Dari pernikahannya dengan Prabowo, Titiek dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, atau yang lebih akrab dengan sapaan Didit Prabowo.

Pendidikan Puan Maharani

Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani. (Dok: DPR)Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Pemilik nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi ini lahir pada 6 September 1973. Sejak SD, Puan Maharani menjalani kehidupan yang relatif normal, meskipun ia merupakan cucu dari sang Proklamator.

Namun saat sang SMP, sang ibu, Megawati, mulai aktif berpolitik di era Orde Baru. Puan sendiri menempuh pendidikan SMA di SMA Perguruan Cikini pada tahun 1991. 

Sosoknya kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Indonesia pada tahun 1991. Di UI, ia mengambil jurusan komunikasi massa dan berhasil lulus pada 1997.

Puan Maharani mendapatkan anugerahkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro pada 14 Februari 2020.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #titiek #soeharto #puan #maharani #anak #presiden #nyaleg #pantas #lolos #jadi

KOMENTAR