Mengenal Kepribadian Tipe A yang Ambisius dan Mudah Tersinggung, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi seseorang kepribadian Tipe A. (Sumber foto: Freepik)
14:06
21 Februari 2024

Mengenal Kepribadian Tipe A yang Ambisius dan Mudah Tersinggung, Apa Kamu Termasuk?

Baik itu kebiasaan, tingkah laku, dan cara berbicara, semuanya berakar pada kepribadian masing-masing. Kepribadian bergantung pada kecenderungan kita dan dapat dikategorikan ke dalam Tipe A, B, C, dan D.

Kepribadian Tipe A dan Tipe B berada pada sisi spektrum berbeda. Tipe kepribadian A dapat digambarkan sebagai seseorang tidak sabaran, mendominasi tapi kompeten, sedangkan tipe kepribadian B ialah orang yang lebih santai dan ingin menjalani kehidupan bebas stres.

Dikutip dari Healthshots, Rabu (21/2), psikolog Mala Murlidhar menjelaskan berbagai ciri kepribadian Tipe A dan bagaimana perbedaannya dengan kepribadian Tipe B.

“Mereka cenderung meminimalkan semua bidang kehidupan lainnya dan memprioritaskan satu bidang. Ada rasa urgensi dalam mengerjakan tugas dan tidak mampu hidup di masa sekarang. Orang-orang ini dapat mencapai banyak hal dan berkemampuan tinggi,” jelas Murlidhar.

Adapun mereka menunjukkan ciri-ciri seperti mudah tersinggung dan tidak sabar, mengontrol atau mendominasi, abaikan kebutuhan perawatan diri, alami stres ketika ada penundaan, ambisius, dan multitasking.

Menurut Murlidhar, kelebihan kepribadian Tipe A dapat dilihat dari prestasi dan kesuksesan yang tinggi. Mereka sangat rajin dan bisa meraih kekayaan dan pengakuan. Namun, mereka mungkin menghadapi kondisi fisik atau mental jangka panjang.

Perlu diketahui, lingkungan mempunyai pengaruh besar dalam membentuk orang berkepribadian Tipe A misal tumbuh dalam lingkungan sangat kompetitif di rumah dan memicu sifat terlalu ambisius.

“Lingkungan tumbuh yang sangat kritis dan ekspektasi serta tekanan tinggi terhadap anak dari lingkungan orang dewasa memunculkan kepribadian Tipe A pada anak. Saat tumbuh dewasa, anak-anak cenderung menginternalisasikan tekanan ini sebagai rasa identitas mereka. Hal ini dapat membuat mereka menjadi sangat kritis dan mendorong diri mereka sendiri ke standar tinggi,” jelas Murlidhar.

Berikut beberapa tips menjalani kehidupan lebih baik dengan kepribadian Tipe A:

1. Waspadai kelemahan

Sangat penting untuk memahami pemicu dan apa yang membuat kamu stres. Setelah hal ini teridentifikasi, kamu dapat mengatasinya sebelum hal tersebut mulai memengaruhi dirimu.

2. Belajar kebaikan

Cobalah untuk fokus dengan sengaja bersikap baik kepada orang lain. Berbelas kasih terhadap kebutuhan orang lain juga membantu.

3. Perhatian

Perhatian penuh merupakan alat yang sangat membantu. Ini membantu kamu belajar bagaimana fokus pada saat ini.

4. Mengembangkan hobi

Meluangkan waktu untuk mengikuti hobi dan minat dapat membantu mengurangi stress dan juga memberikan waktu istirahat yang diperlukan.

5. Beristirahatlah

Meskipun mungkin tidak merasa perlu melakukannya, sangat penting untuk berhenti sejenak dan bersantai sejenak. Meditasi, yoga, atau sekadar berkonsentrasi pada pernapasan dapat membantu melakukan hal ini.

6. Olahraga

Meski bukan olahraga berat, berolahraga selama 15-20 menit setiap hari misal jogging di sekitar taman atau jalan-jalan sederhana dapat membantu menjernihkan pikiran.

7. Bantuan profesional

Jika merasa segala sesuatunya tidak terkendali, kamu sangat stres dan cemas, carilah bantuan profesional. Seorang ahli kesehatan mental dapat memandu kamu terkait cara menemukan pemicu stres.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mengenal #kepribadian #tipe #yang #ambisius #mudah #tersinggung #kamu #termasuk

KOMENTAR