Kenali 9 Tanda Perilaku Seseorang yang Selalu Ingin Jadi Pusat Perhatian dan Bagaimana Cara Menghadapinya?
Ilustrasi orang yang ingin jadi pusat perhatian. (freepik.com/freepik)
11:28
21 Oktober 2024

Kenali 9 Tanda Perilaku Seseorang yang Selalu Ingin Jadi Pusat Perhatian dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

 

- Dalam setiap lingkungan, tentunya kita selalu menemukan manusia yang beragam karakter baik itu menyenangkan maupun menyebalkan seperti dia yang selalu ingin jadi pusat perhatian.

Seseorang yang selalu ingin jadi pusat perhatian, pasti terus berusaha dengan berbagai cara agar semua orang tertuju padanya. Mulai dari tingkah laku hingga penampilan.

Melansir dari laman Expert Editor, kenali 9 tanda perilaku seseorang yang selalu ingin jadi pusat perhatian, diantaranya adalah :

1. Tampak Sangat "Keras"

Bayangkan jika kamu sedang berada di pesta rumah, memegang segelas minuman di tangan, ada musik yang diputar, dan orang-orang berpindah ke kelompok yang berbeda seperti lebah di antara bunga.

Inilah yang dilakukan oleh seseorang yang selalu ingin jadi pusat perhatian, tiba-tiba mereka ada dimanapun, membuat lelucon yang keras, tertawa terlalu keras, berkelahi, dan menyarankan segala macam rencana konyol.

2. Tidak Menyukai Orang yang Berkepribadian Kuat


Jika seseorang selalu ingin menjadi bintang pertunjukan, tentu saja dia akan membenci persaingan apapun. Meskipun kompetisi itu sama sekali tidak tertarik pada ketenaran.

Ketika dia menginginkan perhatian, itu berarti menginginkan penonton dan mengincar tepuk tangan meriah itu. Tapi jika semua orang sudah bertepuk tangan untuk orang lain yakni orang yang berkepribadian kuat tersebut akan sangat sulit baginya untuk mencuri perhatian.

3. Sangat Kompetitif

Begitu mereka sadar bahwa sedang berbagi panggung dengan orang lain, pasti akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan peran utama. Sehingga jiwa kompetisinya semakin tak tertandingi dan akan berjuang dengan keras untuk memusatkan perhatian orang lain hanya kepadanya.

4. Tidak Begitu Tertarik Pada Orang Sekitar

Ketika kamu bersanding dengan seseorang yang selalu ingin jadi pusat perhatian, mereka selalu menganggapmu sebagai penonton. Rendahnya kepercayaan diri yang menyebabkan mereka terus-menerus mencari pengakuan di tempat lain.

Hal ini dapat membuat dirinya menghalangi orang lain dan mengabaikan pengalaman yang tidak berhubungan secara spesifik denganmu. Dengan kata lain, dia berubah menjadi orang yang berpikiran tertutup dan tidak tertarik untuk membangun hubungan yang tulus.

5. Selalu Menemukan Cara Memulai Percakapan Tentang Dirinya Sendiri

Jika kamu tidak tertarik untuk mengeksplorasi pikiran orang lain dan mengungkap semua lapisannya, mendengarkan mereka berbicara tentu saja akan membuatmu bosan.

Kemudian kamu akan menghabiskan waktu untuk mendengarkan ocehan tentang perjuangan mereka sementara sama sekali mengabaikan bahwa kamu juga memiliki sesuatu yang perlu diungkapkan.

Tidak mudah berteman dengan seorang pencari perhatian, ada ketidakseimbangan yang melekat dalam hubungan tersebut.

6. Memancing Ingin Dipuji

Ingatlah bahwa ketika seseorang ingin menjadi pusat perhatian, dia merendahkan harga dirinya demi ingin dipuji oleh orang lain. Apapun itu, cobalah untuk tidak terlalu memanjakan mereka karena hal itu hanya akan memperkuat ketergantungan pada validasi eksternal.

7. Mengatakan Hal-Hal yang Kontroversial


Ketika seseorang mengatakan hal-hal kontroversial hanya untuk membuat orang lain marah atau menarik perhatian, maka muncul rasa tidak aman yang begitu kuat.

Orang yang mencari perhatian dengan “melawan arus” atau dengan berpura-pura menjadi pihak yang tidak diunggulkan. Mereka menganggap kepercayaan dirinya terletak pada keunikan.

Namun, kepercayaan diri sejati adalah tentang merasa nyaman dengan diri sendiri. Ini bukan tentang membentuk identitas kamu untuk menjadi sesuatu yang bisa disembunyikan.

Mengutip laman Pijar Psikologi, saran jika kamu menghadapi seseorang yang selalu ingin jadi pusat perhatian adalah jangan terlibat dalam momen dramatis mereka, buatlah batasan tegas diantara kalian.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #tanda #perilaku #seseorang #yang #selalu #ingin #jadi #pusat #perhatian #bagaimana #cara #menghadapinya

KOMENTAR