Apa Peran dan Tugas Ibu Negara? Ramai Dibahas Jelang Masa Pergantian Presiden Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ibu Negara Iriana. [Instagram/kemensetneg.ri] - Apa Peran dan Tugas Ibu Negara? Ramai Dibahas Jelang Masa Pergantian Presiden Indonesia
10:31
17 Februari 2024

Apa Peran dan Tugas Ibu Negara? Ramai Dibahas Jelang Masa Pergantian Presiden Indonesia

Jika memiliki suami seorang Presiden, maka istrinya akan mengemban tugas sebagai ibu Negara. Lantas, apa peran dan tugas Ibu Negara? Untuk apa saja peran dan tugasnya, simak berikut ini ulasannya.

Diketahui bahwa Ibu Negara bukan hanya sekadar simbol, tapi juga menjadi sosok yang punya pengaruh besar dalam memberikan inspirasi, memberdayakan, serta mempengaruhi perubahan positif di lingkungan masyarakat.

Sebagai seorang istri Presiden, ada beberapa peran dan tugas seorang Ibu Negara yang perlu diketahui. Lantas, apa saja peran dan tugas Ibu Negara? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengurus keluarga presiden

Seperti keluarga-keluarga lainnya, seorang presiden juga tentunya mempunyai keluarga besar. Sebagai seorang presiden, Ia bukan hanya mengatur hingga mengurusi Negara, tapi ada keluarga yang juga perlu diurus.

Oleh karena itu, dalam hal ini peran dan tuga ibu Negara sangat penting. Saat suami sedang menjalankan tugasnya sebagai Presiden, maka sang Ibu Negara ini akan menggantikan peran dan tugas suaminya untuk mengurus keluarga presiden.

2. Mengikuti kegiatan sosial

Selain mengurus keluarga Presiden, sebagai Ibu Negara juga memiliki peran dan tugas untuk turut andil dalam kegiatan sosial diberbagai wilayah Indonesia. Ada beragam kegiatan sosial yang dapat dilakukan oleh seorang Ibu Negara.

Adapun salah satu kegiatan sosial tersebut seperti kegiatan perlindungan anak dan perempuan, kegiatan membangun UMKM untuk para ibu-ibu, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Dalam hal ini, sosok ibu Negara dapat membantu suaminya untuk melaksanakan tugas negara.

Nah berikut ini beberapa peran dan tugas seperti yang pernah dilakukan oleh Ibu Ani Yudhoyono (almh) istri Mantan Presiden RI SBY dan Ibu Iriana Joko Widodo istri Presiden RI Joko Widodo dalam mengemban kewajibannya sebagai  Ibu Negara.

Selama Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden RI, Ibu Ani Yudhoyono (Almh) memiliki peran penting dalam lahirnya SDM di Indonesia yang lebih baik. Ia pun membentuk SIKIB pada tahun 2005.

SKIB ini berguna dalam membantu percepatan implementasi di bidang pendidikan, kesehatan, kreativitas, kepedulian sosial, lingkungan, dan pemberdayaan perempuan. Program ini bertujuan untuk melahirkan SDM yang handal.

Sedangkan ibu Iriana Joko Widodo, peran dan tugasnya sebagai Ibu Negara yaitu  menggerakan pendidikan usia dini di Indonesia. Karena kecintaannya pada pendidikan anak usia dini ini, Ibu Iriana bahkan mendapat julukan sebagai bunda PAUD.

Demikian ulasan mengenai peran dan tugas Ibu Negara yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #peran #tugas #negara #ramai #dibahas #jelang #masa #pergantian #presiden #indonesia

KOMENTAR