Profil Daud Yordan, Fotonya Bawa Sabuk Juara di Surat Suara DPD Dapil Kalbar Disorot
Petinju kelas ringan Indonesia, Daud Yordan saat berkunjung ke Kantor Suara.com di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:39
15 Februari 2024

Profil Daud Yordan, Fotonya Bawa Sabuk Juara di Surat Suara DPD Dapil Kalbar Disorot

Bukan hanya pelawak Komeng yang menggunakan foto unik saat mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Hal ini juga dilakukan oleh atlet tinju asal Kalimantan Barat, Daud Yordan.

Daud yang diketahui mencalonkan diri sebagai anggota DPD dapil Kalimantan Barat dalam pemilu 2024 ini menggunakan fotonya yang sedang memamerkan belt tinju miliknya. Foto Daud itu mendadak viral di media sosial saat akun X @Gengtaros mengunggah foto Daud di surat suara.

"All people talking about Komeng, while Daud Yordan bring his winning belt in DPD RI Kalimantan Barat (Semua orang membicarakan Komeng, sementara Daud Yordan membawa belt kemenangannya di DPD RI Kalimantan Barat)," tulis akun tersebut.

Sosok Daud Yordan pun ikut menjadi perbincangan di X. Lalu, seperti apa sosok atlet tinju ini? Simak inilah profilnya.

Profil Daud Yordan

Daud "Cino" Yordan dikenal sebagai salah satu petinju profesional Indonesia yang kerap disandingkan dengan Chris John. Daud sendiri menunjukkan ketertarikannya di dunia tinju sejak ia masih belia. Ia mengaku terinspirasi sang kakak, Damianus Yordan dan Petrus Yordan yang sudah terjun lebih dulu ke dunia tinju.

Pria kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat pada 10 Juni 1987. Daud Yordan melakukan debut pertamanya di Amerika Serikat saat ia berhasil mengalahkan petinju asal Meksiko, Antonio Meza pada 2008. Ia pun berhasil mencatat sejarah baru sebagai petinju profesional Indonesia pertama yang berhasil menang di Amerika Serikat.

Setelah kemenangannya itu, Daud berhasil dikontrak oleh Golden Boy Promotions selama lima tahun berturut turut.

Debut Daud selama menjadi petinju kerap disandingkan dengan petinju Indonesia lainnya, yaitu Chris John. Pada 2011, Daud pernah disandingkan di ring tinju dengan Chris John sebagai juara WBA kelas bulu. Sayangnya, Daud kalah poin dari Chris dalam pertandingan yang digelar oleh Raja Sapta Oktohari.

Tak lama berselang, Daud Yordan justru berhasil menjadi juara IBO Asia Pasifik setelah mengalahkan petinju Amerika Serikat, Frankie Archuleta di Australia pada Desember 2011. Hal ini membuat nama Daud semakin harum meskipun kalah dari Chris John.

Tak hanya itu, Daud juga berhasil merebut gelar juara dunia tinju kelas bulu versi IBO setelah menanduk telak petinju asal Filipina, Lorenzo Villanueva. Dalam laga tersebut, Daud sempat goyah namun berhasil membuat K.O Lorenzo.

Sayangnya, gelar juara dunia IBO tersebut hanya berhasil dipertahankan selama dua tahun oleh Daud. Di tahun 2013, Daud Yordan kalah telak dari petinju asal Afrika Selatan, Simpiwe Vetyeka.

Saat ini, Daud mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dapil Kalimantan Barat. Ia menjadi sorotan publik usai menggunakan fotonya memamerkan belt kemenangannya di surat suara DPD Kalimantan Barat.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #daud #yordan #fotonya #bawa #sabuk #juara #surat #suara #dapil #kalbar #disorot

KOMENTAR