6 Rekomendasi Karier yang Cocok dan Ideal bagi ESFJ, Si Ekstrovert yang Paling Peka
ILUSTRASI GURU (PEXEL)
12:02
15 Februari 2024

6 Rekomendasi Karier yang Cocok dan Ideal bagi ESFJ, Si Ekstrovert yang Paling Peka

Tipe kepribadian ESFJ merupakan singkatan dari extraverted, sensing, feeling, dan judgement. ESFJ adalah seseorang yang berhati-hati, sensitif, energik, memprioritaskan suatu hubungan, serta menggunakan segala upaya mereka untuk peduli terhadap orang lain.

Dalam dunia kerja, ESFJ suka menggunakan keterampilan interpersonal mereka untuk mengatur orang dan suatu proses. Mereka sering kali lebih menyukai pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk membantu orang lain dengan cara praktis dan observasi.

ESFJ biasanya lebih suka bekerja dengan orang lain, dengan berpartisipasi dalam tim yang termotivasi, teliti, dan berorientasi pada tindakan.

Berikut adalah beberapa karir yang bisa dijalani oleh tipe kepribadian ESFJ, dikutip dari Insight Global, Kamis (15/2).

1. Event coordinator (koordinator acara)

Event coordinator bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur acara khusus, seperti konferensi, pernikahan, ataupun pesta.

Ada dua kekuatan yang menjadikan tipe kepribadian ESFJ kandidat sempurna untuk pekerjaan tersebut, yaitu pertama, mereka sangat terorganisir dan efisien, yang penting untuk memenuhi tenggat waktu dan mengatur banyak detail acara.

Kedua, kemampuan ESFJ untuk terhubung dengan hampir semua orang dan mengantisipasi kebutuhan mereka akan memungkinkan mereka mengoordinasikan acara yang disukai klien mereka.

2. Manajer sumber daya manusia (SDM)

Seorang manajer SDM bertanggung jawab untuk mengawasi banyak fungsi dalam departemen SDM perusahaan. Hal ini mencakup perekrutan, pemecatan, pelatihan, dan orientasi karyawan.

ESFJ dapat menjadi manajer SDM yang hebat karena sifat mereka yang peka dan perhatian terhadap perasaan orang lain.

Kekuatan tipe kepribadian ESFJ akan memungkinkan mereka mengelola hubungan karyawan secara efektif dan mengatur dokumen saat melakukannya juga.

3. Asisten medis

Asisten medis bekerja di berbagai lingkungan medis, seperti kantor dokter, rumah sakit, dan klinik. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas medis dasar, seperti mencatat riwayat pasien dan mempersiapkan pasien untuk pemeriksaan.

Keterampilan interpersonal seorang ISFJ memungkinkan mereka memiliki sikap terbaik di samping tempat tidur dan orientasi detail mereka akan memastikan rekam medis pasien berada di tangan yang tepat.

4. Resepsionis

Selain kehangatan dan kebaikannya, ESFJ juga dikenal karena keterampilan administratifnya. Karir sebagai resepsionis adalah tempat yang ideal untuk memaksimalkan masing-masing kekuatan dari ESFJ, karena mereka bertanggung jawab atas tugas-tugas, seperti membuat janji temu, memberikan informasi, menangani faktur, dan sebagainya.

Belum lagi tugas yang tak kalah penting, seperti menyapa para tamu dan membuat mereka merasa nyaman.

5. Pekerja sosial

Pekerja sosial mempunyai peran penting dalam membantu orang lain memecahkan dan mengatasi tantangan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mereka menggunakan berbagai metode, termasuk konseling dan advokasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Seseorang dengan tipe kepribadian ESFJ dapat menjadi pekerja sosial yang unggul, karena sifat empati dan optimismenya dapat memberikan semangat kepada mereka yang membutuhkannya.

6. Guru

ESFJ tidak hanya suka berhubungan dengan orang-orang dari latar belakang apa pun, tetapi mereka juga suka memotivasi mereka.

Mengajar adalah peran yang sempurna untuk tipe kepribadian peduli yang memiliki hasrat untuk bertemu orang lain di mana pun mereka berada dan mendorong mereka untuk belajar dan berkembang.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #rekomendasi #karier #yang #cocok #ideal #bagi #esfj #ekstrovert #yang #paling #peka

KOMENTAR