Jangan Kaget! Intip Tradisi Orang Swedia yang Minum Kopi dengan Campuran Telur, Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan
Ilustrasi: Kopi yang telah dicampur telur. (Pexels)
21:34
17 Oktober 2024

Jangan Kaget! Intip Tradisi Orang Swedia yang Minum Kopi dengan Campuran Telur, Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

 

 – Mungkin mencampurkan telur ke dalam kopi tampak seperti lelucon atau kuliner janggal, tetapi tidak bagi orang Swedia, khususnya mereka yang berkedudukan di Amerika Serikat. Minuman unik telah dinikmati oleh orang Swedia selama beberapa generasi, dan popularitasnya perlahan-lahan menyebar kepada penikmat kopi seluruh dunia.

Menurut Kanikka Malhotra, konsultan dan ahli gizi dan edukator diabetes, metode penyeduhan ini berasal dari imigran Skandinavia di Midwest Amerika dan sering disebut sebagai “kopi ruang bawah tanah gereja”, karena kerap disuguhkan pada acara-acara gereja Lutheran, dikutip dari tradisi Swedia bagi kesehatan tubuh, dilansir dari indianexpress.com, pada Kamis, (17/10):

Minuman Kaya Nutrisi

Telur menambahkan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan vitamin esensial seperti B12 dan D ke dalam kopi. Ramya B, ahli gizi di Cloud Nine Group of Hospitals menyoroti bahwa sebutir telur menyediakan sekitar 6 gram protein yang berkontribusi pada perbaikan otot dan kesehatan secara keseluruhan. Penambahan sebutir telur dapat mengubah secangkir kopi biasa menjadi minuman yang lebih bergizi dan dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan memberikan energi yang berkelanjutan sepanjang hari.

Meningkatkan Performa Fisik dan Mental
Kafein dalam kopi terkenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus dan performa fisik. Malhotra mencatat bahwa ketika dipasangkan dengan protein dan lemak dari telur, kombinasi ini membuat kopi telur swedia menjadi minuman pra-latihan yang hebat, memberikan energi langsung dari kafein dan energi yang lebih tahan lama dari protein lemak. Ini adalah pilihan yang bergizi bagi mereka yang mencari dorongan energi yang lebih seimbang.

Mengurangi Keasaman dan Lebih Mudah di Perut

Salah satu fitur yang menonjol dari kopi telur Swedia adalah keasamannya yang berkurang dibandingkan dengan kopi biasa. Protein telur berkaitan dengan senyawa asam kopi, sehingga menghasilkan seduhan yang lebih halus dan tidak terlalu pahit. Ramya menambahkan bahwa hal ini membuatnya lebih mudah di perut bagi mereka yang mengalami refluks asam lambung atau ketidaknyamanan pencernaan akibat kopi biasa.

Manfaat Antioksidan Kopi

Kopi kaya akan antioksidan, terutama polifenol, yang membantu melawan stres oksidatif dan peradangan. Malhotra menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit parkinson, penyakit alzheimer, dan kanker tertentu. Dengan menambahkan telur, kita meningkatkan profil nutrisi kopi tanpa mengorbankan manfaat antioksidannya.

Waktu untuk Minum Kopi Telur

Pagi Hari
Kopi telur Swedia adalah minuman yang mengenyangkan dan memberi energi, menjadikannya pilihan ideal di pagi hari untuk memulai hari. Kombinasi kafein dan protein memberikan kejernihan mental dan ketahanan fisik.

Minuman Pra-Latihan
Para atlet dan penggemar kebugaran dapat mengambil manfaat dari meminum kopi telur Swedia sebelum berolahraga. Ramya menjelaskan bahwa kafeinnya meningkatkan performa fisik, sementara telurnya menyediakan protein penting untuk pemulihan otot.

Meski kopi telur Swedia bermanfaat, Malhotra menyarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedang, terutama jika sedang memantau asupan kalori atau kadar kolesterol. Satu porsi bisa mengandung sekitar 200 kalori, lebih tinggi dari kopi hitam biasa.

Oleh sebab itu, kopi telur Swedia tidak cocok untuk semua orang. Ramya menyarankan agar orang yang memiliki alergi telur untuk menghindarinya, karena dapat memicu reaksi dari iritasi kulit ringan hingga anafilaksis yang parah.

Selain itu, perempuan hamil, anak-anak, dan individu dengan gangguan kekebalan tubuh harus menghindarinya karena risiko salmonella dari telur yang kurang matang. Orang yang sensitif terhadap kafein mungkin mengalami kegelisahan atau ketidaknyamanan pencernaan, dan mereka yang memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung harus mengkonsumsinya dalam jumlah sedang karena kandungan kolesterol telur.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #kaget #intip #tradisi #orang #swedia #yang #minum #kopi #dengan #campuran #telur #ternyata #bermanfaat #bagi #kesehatan

KOMENTAR