Beda Respons Tiap Kubu Capres-Cawapres soal Film Dirty Vote: Ada yang Anggap Fitnah sampai Bikin Cak Imin Kena Tegur
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman (tengah). (Foto: Dok. TKN Prabowo-Gibran)
10:28
12 Februari 2024

Beda Respons Tiap Kubu Capres-Cawapres soal Film Dirty Vote: Ada yang Anggap Fitnah sampai Bikin Cak Imin Kena Tegur

Film dokumenter garapan Dhandy Laksono, Dirty Vote belakangan viral menjadi perbincangan publik. Film garapan Dandhy Laksono berdurasi hampir 2 jam itu membahas tentang dugaan kecurangan-kecurangan Pemilu 2024.

Hal ini membuat para tim di belakang paslon capres-cawapres 2024 mulai memberikan klarifikasi atas film tersebut.

Berikut beda respons kubu capres-cawapres atas viralnya film Dirty Vote.

Respons Kubu Ganjar-Mahfud

Film dokumenter Dirty Vote: Sebuah Desain Kecurangan Pemilu 2024. (Instagram/ dirtyvote)Film dokumenter Dirty Vote: Sebuah Desain Kecurangan Pemilu 2024. (Instagram/ dirtyvote)

Kubu capres-cawapres nomor urut 02, Ganjar-Mahfud memberikan apresisasi pada fil dokumenter Dirty Vote. Dalam hal ini, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menyebut bahwa film tersebut baik ditonton untuk pendidikan politik.

"Film ini pendidikan politik yang bagus. Pendidikan politik yang penting bagi masyarakat untuk punya kemelekan memahami dinamika politik di Indonesia,” kata Todung di Media Center Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, pada Ahad, 11 Februari 2024.

“Kita ini bisa kuat karena punya demokrasi, dan inilah yang jadi taruhan kita ke depan sebagai bangsa dan negara,” kata Todung.

Respons Kubu Prabowo-Gibran

Beda dengan Kubu Ganjar-Mahfud, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut bahwa film Dirty Vote bernada fitnah.

"Sebagian besar yang disampaikan dalam film tersebut adalah sesuatu yang bernada fitnah, narasi kebencian yang sangat asumtif, dan sangat tidak ilmiah," kata Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman di Media Center Prabowo-Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (11/2/2024).

Respons Cak Imin

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (Instagram/cakiminow)Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (Instagram/cakiminow)

Calon wakil presiden atau cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin malah merespons langsung film tersebut. Cak Imin mengunggah trailer film Dirty Vote dengan caption "Ada yang sudah nonton?".

Cuitan Cak Imin sontak mengundang berbagai respons dari warganet. Satu sisi Cak Imin dianggap lucu karena beda respons dengan kubu lain.

Namun di sisi lain banyak yang menegur cawapres tersebut untuk tak bercuit bernada politik di hari tenang.

"Seharusnya tidak ikut share Cak, menghindari tudingan yg tidak-tidak," komentar warganet.

"Filmnya bagus cak, tapi boleh ga dihapus aja? Kita uda tau kok info film ini dari sumber lain, jangan dirimu yang posting cak, nanti ada tuduhan yang tidak diinginkan," tulis warganet di kolom komentar.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #respons #tiap #kubu #capres #cawapres #soal #film #dirty #vote #yang #anggap #fitnah #sampai #bikin #imin #kena #tegur

KOMENTAR