Jalan Kaki di Alam dengan di dalam Ruangan dengan Treadmill, Mana yang Lebih Meyehatkan? Ini Kata Ahli
Berjalan kaki dengan rutin mampu mengurangi stress dan resiko penyakit kardiovaskular. (Andrea Piacquadio / Pexels)
15:04
16 Oktober 2024

Jalan Kaki di Alam dengan di dalam Ruangan dengan Treadmill, Mana yang Lebih Meyehatkan? Ini Kata Ahli

Kampanye untuk lebih sering berjalan kaki terus digaungkan demi kesehatan masyarakat. Sebab, seiring berkembangnya teknologi, orang-orang seolah dipaksa untuk bermalas-malasan dan ingin serba cepat.

Berjalan kaki yang dianggap pilihan paling lama untuk mencapai suatu tempat menjadi jarang dipilih. Padahal, jalan kaki mesti dilakukan untuk tubuh terus segat dengan bergerak.

Jalan kaki memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari berkurangnya nyeri punggung serta peningkatan kebugaran dan kesehatan mental.

Namun, masalahnya kemudian banyak yang mengakali jalan kaki dengan teknologi juga, sebut saja misalnya treadmill. Tak perlu jalan kaki ke suatu tempat, seseorang bisa jalan kaki di tempat.

Sekarang, pertanyaannya adalah manakah yang lebih baik antara jalan kaki di luar ruangan dengan di dalam ruangan menggunakan treadmill?

Berjalan atau berlari di luar ruangan cenderung lebih menantang daripada di dalam ruangan yang mungkin merupakan pro atau kontra tergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran Anda.

Saat Anda berjalan di luar ruangan, Stephanie Mansour, pelatih pribadi bersertifikat dan kontributor Start TODAY kepada TODAY.com mengatakan ada lebih banyak variasi dalam kecepatan dan langkah Anda.

"Anda juga akan lebih mungkin menghadapi berbagai tanjakan dan jenis medan," ujarnya.

"Secara fisik, berbagai permukaan tersebut lebih menantang keseimbangan Anda daripada jika Anda berada di atas treadmill atau berjalan di tempat," sambung Mansour.

Dengan jalan kaki di luar, ia mengatakan latihan Anda akan melibatkan otot-otot kaki Anda dengan cara yang lebih "acak".

"Saat Anda berjalan menanjak, Anda lebih banyak menggunakan otot bokong dan paha belakang dibandingkan saat berjalan menuruni bukit, saat Anda lebih banyak menggunakan otot paha depan," jelasnya.

Meskipun Anda dapat menirunya dengan menyesuaikan kemiringan pada treadmill, hal itu tidak sama dengan menghadapi tantangan dari apa yang alam berikan pada Anda.

Sekadar berada di luar ruangan juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sensorik dan mental, terutama jika Anda cenderung menatap layar saat berolahraga di dalam ruangan.

Nah, jika berjalan atau berlari di luar ruangan memberi Anda variasi alami dalam kecepatan, tanjakan, dan medan, tetapi menggunakan treadmill menghilangkan variabilitas dan ketidakpastian itu.

Bagi sebagian orang, itu adalah manfaat utama dari latihan di dalam ruangan.

"Jika Anda seseorang yang kesulitan menjaga keseimbangan atau rentan terkilir pergelangan kaki," ucap Mansour.

Oleh karena itu, bagi mereka yang mengalami kesulitan itu tentu disarankan untuk memulai dengan latihan jalan kaki di dalam ruangan, idealnya di permukaan berkarpet.

Hal Itu akan berdampak lebih rendah daripada berjalan di trotoar di luar ruangan atau di atas treadmill.

Dan jika Anda lebih suka berjalan di atas treadmill, manfaatkan pegangan tangan, kata Mansour, yang akan membantu Anda tetap stabil saat berjalan.

Keuntungan lainnya, tentu saja, treadmill Anda tetap dapat digunakan saat hujan atau cerah, yang berarti Anda tetap dapat berjalan atau berlari di siang hari, apa pun cuacanya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #jalan #kaki #alam #dengan #dalam #ruangan #dengan #treadmill #mana #yang #lebih #meyehatkan #kata #ahli

KOMENTAR