Nggak Ribet, Begini Cara Citra Kirana Membentuk Kebiasaan Makan Sehat pada Anak
Citra Kirana [Instagram]
18:45
8 Februari 2024

Nggak Ribet, Begini Cara Citra Kirana Membentuk Kebiasaan Makan Sehat pada Anak

Sebagai seorang ibu, sudah pasti Citra Kirana sangat memperhatikan asupan gizi untuk anak-anaknya. Tak mau asal-asalan dalam menyajikan makanan untuk anaknya yang baru berusia 3 tahun, istri Rezky Aditya itu mengaku dirinya sangat rewel dalam memastikan apakah kebutuhan gizi anaknya sudah terpenuhi atau belum.

Meski begitu, Citra mengaku tidak menyiapkan makanan khusus untuk putranya, Keene Atharrazka atau yang kerap dipanggil Athar. Ia membiarkan anaknya mengonsumsi makanan yang sama dengan dirinya.

“Sekarang Athar sudah 3 tahun, jadi udah makan makanan yang di rumah. Bahkan makanan sama kayak aku, jadi nggak begitu sulit lagi, kayak di soto ayam. Tapi gizinya juga aku lihat dan dicek juga,” kata Citra Kirana saat diwawancarai di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan kandungan gizi dalam makanan anaknya, Citra mengaku dirinya selalu konsultasi dengan dokter anak. Ia melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah berat Athar berlebih atau kurang. Hal itu membantunya menyesuaikan makanan yang dikonsumsi anaknya.

“Aku konsul sama dokter gizi karena cek Athar, misalnya sudah terlalu besar badannya, sudah melewati kurva, maka sudah harus diet. Nah itu dietnya kurangi makanan yang manis-manisnya dan snack-snacknya. Kalau berat badannya nggak naik-naik, nah itu gimana caranya kita ibu kasih makanan yang bergizi atau camilannya bisa diganti yang kaya akan lemak sehingga berat badan naik,” sambung pemain film Air Mata di Ujung Sajadah itu.

Meski demikian, diakuinya, terkadang anaknya juga sering ngambek karena ingin konsumsi berbagai snack. Padahal, berat badannya bisa saja sudah melebihi batas ideal.

Untuk mengatasi hal ini, Citra memilih untuk selektif memilih snack. Ia mencoba mengganti snack dengan makanan lebih sehat seperti jus atau buah. Menurutnya, hal itu akan membuat anaknya tetap merasa sedang 'snacking', tetapi makanannya jauh lebih sehat dan bergizi.

"Paling diganti snack-nya sama buah atau jus, yang penting dia cuma pengen ngunyah-ngunyah. Jadi kadang aku kasih makanan yang memang rendah kalori, karena Athar suka buah dan sayur,” pungkasnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #nggak #ribet #begini #cara #citra #kirana #membentuk #kebiasaan #makan #sehat #pada #anak

KOMENTAR