7 Minuman Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat Lakukan Diet Intermittent Fasting, Pengganti Air Putih dan No Kalori!
Ilustrasi 7 minuman sehat yang bisa dikonsumsi saat lakukan diet intermittent fasting selama periode puasa. (Pexels)
14:44
13 Oktober 2024

7 Minuman Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat Lakukan Diet Intermittent Fasting, Pengganti Air Putih dan No Kalori!

- Intermittent Fasting atau IF telah menjadi salah satu cara diet yang populer di masyarakat. Diet ini dapat mengelola berat badan atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan cara puasa.

Ada beberapa metode yang digunakan saat intermittent fasting. Misalnya metode 16/8, di mana kalian akan berpuasa selama 16 jam dan makan selama 8 jam atau metode 5:2, yang melibatkan makan teratur selama lima hari dan mengonsumsi kalori minimal pada dua hari yang tidak berurutan.

Selama periode puasa, seseorang hanya diizinkan minum non kalori seperti air putih dan tidak makan sama sekali. Makanya, apa yang kalian minum dapat mempengaruhi efektivitas puasa secara signifikan.

Dilansir dari Health Shots, ada 7 minuman sehat yang bisa dikonsumsi saat lakukan diet intermittent fasting selama periode puasa.

1. Air lemon

Air lemon merupakan minuman sederhana yang efektif untuk dinikmati selama masa puasa. Dengan menambahkan irisan lemon atau perasan air lemon ke dalam air, kalian dapat meningkatkan rasa dan menikmati manfaat vitamin C yang dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Air lemon juga dapat membantu pencernaan dan bertindak sebagai diuretik ringan, membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan mengeluarkan racun. Dalam hal penurunan berat badan dengan puasa intermittent, minum air lemon dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

Tentunya jangan menambahkan gula atau pemanis tambahan untuk menghindari pembatalan puasa. Gula atau pemanis tersebut dapat membuat air lemon menjadi berkalori.

2. Kopi hitam

Kopi hitam merupakan minuman yang populer bagi banyak orang saat menjalani puasa intermittent. Kopi hitam mengandung kalori yang sangat sedikit (biasanya kurang dari 5 per cangkir) dan dapat mendukung proses puasa.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Food Science and Biotechnology, kandungan kafein dalam kopi hitam dapat merangsang sistem saraf dan mengirimkan sinyal untuk memecah lemak. Hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak.

Ini akan meningkatkan manfaat puasa. Namun, penting untuk diingat minum kopi hitam ini tanpa gula, krimer, atau susu. Hal ini karena beberapa tambahan tersebut dapat membatalkan puasa dan meningkatkan asupan kalori.

3. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang bermanfaat untuk dikonsumsi selama intermittent fasting. Seperti halnya kopi hitam, teh hijau juga mengandung kafein dengan jumlah yang lebih rendah. Ini dapat memberikan efek stimulan yang lebih ringan.

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dikenal dengan katekin. Teh hijau kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG) yang telah dikaitkan dengan manfaat intermittent fasting seperti peningkatan metabolisme, sensitivitas insulin, dan pembakaran lemak.

Minum teh hijau secara teratur juga terbukti efektif dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Minumlah teh hijau tanpa tambahan pemanis apapun sehingga membuat periode puasa menjadi lebih efektif.

4. Teh herbal

Teh herbal adalah pilihan lain yang sangat bermanfaat untuk kalian yang menjalani puasa berkala ini. Sebagian besar teh herbal seperti kembang sepatu, peppermint, dan jahe secara alami bebas kalori dan dapat dikonsumsi tanpa membatalkan puasa.

Teh-teh ini biasanya tidak mengandung kafein dan terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak. Bahkan teh herbal dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan mual serta dapat meningkatkan relaksasi dan tidur.

Meskipun setiap teh herbal memiliki efek yang berbeda pada tubuh, semua teh sehat dan menenangkan. Tentunya diminum tanpa tambahan pemanis apapun.

5. Sparkling water

Saat mengurangi asupan kalori, sulit menemukan cara untuk tetap merasa kenyang, tetapi tidak dengan sparkling water. Air yang berkarbonasi ini tidak mengandung kalori yang dapat menjadi pilihan lain untuk periode puasa.

Sparkling water dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengekang nafsu makan, mengurangi risiko asupan kalori, dan membantu penurunan berat badan. Selain itu, air ini juga dapat meredakan gejala sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan.

Pastikan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumi minuman ini. Dengan begitu, sparkling water tetap dapat diminum saat periode puasa dan tidak membatalkan.

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel (ACV) telah mendapatkan popularitas karena manfaat kesehatannya yang potensial, termasuk mendukung pencernaan dan manajemen berat badan. Sebuah uji klinis tahun 2018 yang diterbitkan oleh Journal of Functional Foods melibatkan 39 peserta dengan diet kalori terbatas.

Mereka mengonsumsi sekitar 2 sendok makan (setara dengan 30 ml) ACV setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya mereka kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh secara signifikan daripada peserta yang tidak mengonsumsi.

Selalu encerkan ACV dalam segelas air untuk diminum selama intermittent fasting. Sifat asam ACV juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan.

7. Air adas dan biji jintan

Selama intermittent fasting, air biji adas dan jintan juga dapat dikonsumsi secukupnya dan tanpa kalori tambahan. Biji-biji ini dapat membantu pencernaan dan mendukung kesehatan metabolisme.

Di satu sisi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji adas memiliki sifat antiradang dan penekan nafsu makan yang dapat membantu mengurangi kembung dan membantu penurunan berat badan. Lalu, biji jintan dapat meningkatkan pencernaan dan mendukung metabolisme.

Namun, pastikan air tersebut dikonsumsi tanpa tambahan gula atau bahan lain yang mengandung kalori untuk mempertahankan intermittent fasting.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #minuman #sehat #yang #bisa #dikonsumsi #saat #lakukan #diet #intermittent #fasting #pengganti #putih #kalori

KOMENTAR