Bakal Cosplay Apalagi di Debat Terakhir?, Ini Arti Fashion Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selama 4 Debat Kemarin
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menunjukan pakta integritas saat acara PAKU Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:12
4 Februari 2024

Bakal Cosplay Apalagi di Debat Terakhir?, Ini Arti Fashion Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selama 4 Debat Kemarin

Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kerap mencuri perhatian setiap debat, baik debat capres dan debat cawapres. Selama empat debat terakhir yang mereka jalani, selalu menggunakan pakaian yang berbeda dari dua kandidat lain.

Sempat cosplay menjadi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di debat keempat, kira-kira pakaian atau cosplay apalagi yang akan digunakan dua pasangan capres-cawapres ini di debat kelima atau debat terakhir yang akan diselenggarakan pada Minggu (4/2/2024)?.

Terlepas pakaian apa yang akan digunakan paslon nomor urut 3 tersebut, menarik untuk membahas pakaian yang mereka gunakan di debat-debat sebelumnya. Berikut ulasannya:

1. Pakaian hitam putih

Muncul di awal debat perdana, Ganjar Pranowo yang saat itu unjuk gigi beradu gagasan dengan capres lain, terlihat menggunakan pakaian hitam putih.

Namun kemeja dan celana panjang hitam putih yang digunakan tidak polos, melainkan tertulis kata 'Sat Set' dan 'Tas Tes' yang merupakan bahasa Jawa. Jika merunut dari arti tulisan tersebut, mengacu pada kerja cepat untuk membangun negara dan tepat sasaran.

Ganjar dan Mahfud MD menunjukkan ketika menjadi pemimpin nanti akan bekerja secara cepat dan terukur. Pakaian hitam putih bertulis program kerja capres ini juga mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga pernah menggunakan pakaian yang sama tapi dengan slogan berbeda.

2. Pakaian Adat NTT dan Madura

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memilih untuk menggunakan pakaian adat. Mahfud MD yang giliran untuk berdebat dengan dua cawapres lain, terlihat menggunakan pakain khas Madura, yang merupakan tempat kelahirannya.

Pakaian adat NTT yang digunakan Ganjar menunjukkan kain tenun Rote yang terkenal di wilayah tersebut. Lengkap dengan topi Ti'langga, kosutm tersebut menunjukkan keperkasaan, kepemimpinan dan kehormatan pria asal Rote.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD memberikan pemaparan dalam debat perdana Cawapres 2024 di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD memberikan pemaparan dalam debat perdana Cawapres 2024 di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sementara pakaian Pesak yang digunakan Mahfud merupakan sebuah ketegasan dan kesederhanaan dari seorang pria kelahiran Madura. Garis putih merah secara horizontal juga menunjukkan kerendahan hati sekaligus ketegasan jiwa.

3. Jaket ala Film Top Gun

Pada debat ketiga, pakaian yang digunakan Ganjar dan Mahfud MD menyesuaikan dengan tema debat ketiga. Saat itu tema yang diangkat terkait pertahanan dan keamanan negara seorta politik luar negeri.

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyampaikan gagasan antikorupsi saat acara PAKU Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto] Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyampaikan gagasan antikorupsi saat acara PAKU Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ganjar dan Mahfud MD tampil kece dengan jaket bomber yang banyak tersemat emblem slogan kampanye mereka di jaket tersebut.

4. Pakaian Mapala

Sama seperti di debat ketiga, pakaian yang digunakan paslon nomor urut 3 ini menyesuaikan dengan tema pembahasan. Sumber Daya Alam (SDA), pengembangan masyarakat adat dan desa menjadi garis besar pembahasan di debat keempat kemarin.

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) saat Debat Capres-Cawapres Keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) saat Debat Capres-Cawapres Keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Lalu cosplay apa lagi yang akan digunakan di debat kelima oleh dua pasangan tersebut?. Untuk diketahui pada debat terakhir malam nanti akan membahas isu kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, TI, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM dan inklusi.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #bakal #cosplay #apalagi #debat #terakhir #arti #fashion #ganjar #pranowo #mahfud #selama #debat #kemarin

KOMENTAR