Pemalas dan Suka Menunda Pekerjaan? Ajaran Jepang Ini Bisa Dicoba untuk Mengubah Kebiasaan Buruk
Ilustrasi ajaran Jepang mengubah kebiasaan buruk. (Freepik)
22:12
11 Oktober 2024

Pemalas dan Suka Menunda Pekerjaan? Ajaran Jepang Ini Bisa Dicoba untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

–Kebiasaan buruk menunda pekerjaan, atau prokrastinasi, dapat memiliki dampak besar pada kesuksesan seseorang. Dengan terus menunda tugas, seseorang berisiko kehilangan peluang berharga, menghadapi stres yang meningkat, dan menghasilkan pekerjaan yang terburu-buru.

Prokrastinasi sering kali menghambat kemajuan, mengurangi produktivitas, dan mengganggu manajemen waktu yang efektif. Jika Anda mengalami masalah ini, sudah saatnya mulai mengubah kebiasaan buruk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dilansir dari laman Andersen Beauty pada Jumat (11/10), berikut ini beberapa ajaran Jepang yang bisa Anda coba untuk mengubah kebiasaan buruk.

  1. Kaizen

Kaizen berarti fokus pada perbaikan kecil setiap hari. Prinsip ini untuk menjadi 1 persen lebih baik setiap hari daripada berusaha untuk mencapai kesempurnaan sejak awal.

Kaizen mendorong untuk membuat tujuan-tujuan kecil yang dapat dicapai dan peningkatan secara perlahan. Misalnya, mulailah dengan merapikan tempat tidur sebelum meninggalkan kamar di pagi hari.

  1. Ikigai

Ikigai berarti memiliki tujuan, yakni alasan Anda untuk hidup. Ini adalah alasan Anda bangun setiap pagi dan apa yang memotivasi Anda.

Ada 4 aturan Ikigai. Yakni lakukan apa yang Anda sukai, lakukan apa yang Anda kuasai, lakukan apa yang dibutuhkan dunia, dan lakukan apa yang membuat Anda dibayar.

  1. Wabi Sabi

Konsep wabi-sabi adalah menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan. Anda mungkin pernah melihat konsep ini pada keramik Jepang yang indah dengan retakan-retakan halus yang diisi dengan emas untuk menonjolkan keindahan dalam ketidaksempurnaan.

Lupakan gagasan tentang kekurangan dan kesalahan, fokuslah pada detail-detail yang tidak sempurna dari diri, tubuh, masa lalu, dan masa kini.

  1. Shoshin

Shoshin adalah sebuah konsep dari Buddhisme Zen yang melibatkan pendekatan terhadap segala sesuatu dengan pola pikir pemula. Jika pikiran Anda kosong, pikiran Anda akan terbuka terhadap segala sesuatu.

Dalam pikiran pemula ada banyak kemungkinan, tetapi dalam pikiran ahli hanya ada sedikit kemungkinan. Cobalah memulai tugas atau tujuan baru dengan konsep ini dalam pikiran Anda, akan ada pandangan yang segar dan perspektif yang tidak bias.

  1. Ganbaru

Ini berarti bahwa seseorang harus bersabar dan melakukan yang terbaik. Hal ini dapat diartikan sebagai kegigihan atau keuletan dan merupakan hal yang penting untuk terus melewati masa-masa sulit dengan ketekunan untuk mencapai tujuan.

Itulah beberapa ajaran Jepang yang bisa membantu Anda mencapai kesuksesan dengan mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pemalas #suka #menunda #pekerjaan #ajaran #jepang #bisa #dicoba #untuk #mengubah #kebiasaan #buruk

KOMENTAR