Wajib Tahu! 6 Tanda Kamu memiliki Karisma Menarik yang bisa Memberikan Kesan Berbeda bagi Orang Lain
Ilustrasi orang yang memiliki karismatik.(Freepik)
13:46
10 Oktober 2024

Wajib Tahu! 6 Tanda Kamu memiliki Karisma Menarik yang bisa Memberikan Kesan Berbeda bagi Orang Lain

Banyak dari kita mempunyai karakteristik yang jika dikembangkan dapat mengubah hidup dan karir kita.

Seperti karisma menarik yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang dan membangun hubungan baik.

Penelitian menunjukkan bahwa karisma adalah sifat penting yang berkontribusi pada kesuksesan sosial dan profesional, seringkali melebihi keterampilan atau kecerdasan.

Orang yang karismatik biasanya mempunyai penghasilan lebih tinggi, kemajuan yang lebih cepat, dan hubungan yang lebih baik.

Sayangnya, banyak dari kita mungkin tidak memiliki dukungan guna mengembangkan potensi ini. Karisma bisa ditingkatkan dengan usaha yang tepat, dimulai dengan menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

Penelitian terbaru dari University of Toronto mengembangkan skala karisma yang mengidentifikasi enam tanda orang yang mungkin terlahir dengan karisma menarik.

Melansir forbes.com, berikut ini enam tanda kamu memiliki karisma menarik yang bisa memberikan kesan berbeda bagi orang lain.

1. Mempunyai aura saat memasuki ruangan

Apabila orang lain memperhatikan sesuatu yang unik tentang pada dirimu seperti senyum ramah, itu bisa menjadi petunjuk untuk memahami ciri khas auramu.

Apakah itu terkait dengan penampilan, bahasa tubuh, atau cara menyapa? Umpan balik dari teman atau rekan kerja bisa membantumu dalam menggali potensi karisma yang menarik.

2. Mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain

Kita telah membahas bahwa pengaruh, termasuk karisma, bisa menjadi sifat berharga yang mungkin dimiliki sejak lahir tanpa kamu menyadarinya. Karena sifat ini sering tersembunyi, sehingga penting untuk mencari petunjuk.

Salah satu hal yang dapat diperhatika, misalnya jika seseorang mengulang argumenmu kepada orang lain, itu menandakan bahwa mereka memperhatikan dan menghargai pendapat tersebut.

3. Tahu cara memimpin kelompok

Berbeda dengan sebagian besar penelitian mengenai karisma menarik, studi dari Universitas Toronto mengeksplorasi karisma dalam konteks yang lebih luas.

Pertanyaan yang diteliti tidak hanya berkaitan dengan apakah seseorang memiliki karisma untuk memimpin perusahaan besar atau tim utama.

Selain itu, juga terdapat pertanyaan apakah mereka mempunyai kemampuan alami dalam memimpin kelompok kecil, seperti teman, rekan kerja, atau bahkan dalam diskusi daring.

Kemampuan memimpin yang membuat orang mau mengikuti, berkontribusi pada tujuan bersama, dan merasa puas dengan proses tersebut menjadi indikator bahwa kamu mempunyai karisma yang menarik.

4. Membuat orang lain merasa lebih nyaman

Orang yang karismatiknya menarik mampu membangun kepercayaan dengan orang lain. Untuk melakukannya dengan baik, mereka perlu menciptakan rasa nyaman bagi orang lain, bahkan lebih dari itu, mereka mampu membantu orang merasa lebih tenang.

Sering kali, kita berada dalam situasi di mana orang lain merasa canggung, gugup, atau kurang percaya diri, dan orang karismatik berperan sebagai penyelamat dengan mengenali ketidaknyamanan mereka dan memberikan dukungan.

5. Sering tersenyum pada orang lain

Salah satu bentuk bahasa tubuh yang didukung oleh penelitian adalah senyuman. Tersenyum tidak hanya membuat orang lain merasa lebih nyaman dan mempercayai kita, namun juga dapat membawa perubahan positif pada perasaan kita sendiri, bahkan jika senyuman tersebut dipaksakan.

Orang yang tersenyum dengan tulus seringkali mampu menghadapi masa-masa sulit tanpa menunjukkan beban emosional, baik dalam bahasa tubuh maupun kata-kata. Sebaliknya, senyuman sarkastik bisa merusak citra lebih dari yang kita sadari.

6. Mampu bergaul dengan siapa saja

Kemampuan adalah sifat yang seringkali dinilai terlalu tinggi oleh banyak orang, dan itu mudah dipahami.



Kita semua sepakat bahwa kemampuan bergaul dengan siapa saja merupakan keterampilan sosial yang penting. Namun, kita seringkali tidak membuktikan atau menguji penilaian diri sendiri dengan cara yang benar.

Meskipun kita mungkin bersosialisasi dengan orang-orang yang serupa atau yang disukai, kita cenderung menghindari orang-orang yang tidak kita sukai dan membenarkan pemangkasan tersebut dengan alasan tertentu.

Walaupun kita berhak melakukannya, itu bukanlah tanda karisma yang menarik. Seseorang yang benar-benar karismatik dapat berinteraksi dengan orang-orang yang sulit dan tidak disukai oleh banyak orang.

Sebenarnya, kemampuan untuk melakukannya bisa jadi salah satu tes karisma yang paling signifikan.

Para peneliti dari Toronto merekomendasikan agar kamu memberi nilai antara 1 hingga 5 pada setiap indikator, kemudian menghitung rata-rata skor yang diperoleh. Jika skor rata-rata melebihi 3,7, itu berarti karismamu di atas rata-rata.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #tahu #tanda #kamu #memiliki #karisma #menarik #yang #bisa #memberikan #kesan #berbeda #bagi #orang #lain

KOMENTAR