Rambut Rontok Jadi Masalah Utama yang Buat Laki-Laki Jadi Insecure, Memang Penyebabnya Apa Sih?
Ilustrasi kebotakan pada lelaki. (shutterstock)
09:23
1 Februari 2024

Rambut Rontok Jadi Masalah Utama yang Buat Laki-Laki Jadi Insecure, Memang Penyebabnya Apa Sih?

Rambut menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi para laki-laki. Berdasarkan ZAP Menology Index 2024 dikatakan, sebanyak 96,7 persen laki-laki menilai rambut dinilai sebagai salah satu yang paling memengaruhi penampilannya.

Oleh sebab itu, ketika laki-laki mengalami masalah pada rambut seperti kerontokan, akan menjadi sesuatu yang dikhawatirkan alias membuat insecure. Apalagi berdasarkan survei ditemukan kalau sebanyak 34,7 laki-laki alami kerontokan rambut.

Sebab hal ini juga sekitar 67,7 persen laki-laki memiliki rencana melakukan transplantasi rambut demi menghindari kebotakan. Namun, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab rambut menjadi rontok?

Dermatologis & Co-Founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, Dr. dr., SpKK(K), DINSDV, FAADV mengatakan, kondisi rambut rontok pada laki-laki ini bisa disebabkan karena faktor hormon dalam dirinya. Hal ini yang membuat beberapa laki-laki mengalami masalah rambut rontok. Namun, bukan hanya sekadar hormon, kondisi rambut rontok ini bisa juga disebabkan karena masalah nutrisi.

Ilustrasi lelaki yang mengalami kebotakan. (Shutterstock)Ilustrasi lelaki yang mengalami kebotakan. (Shutterstock)

“Kalau tadi kita ngomong yang hormon dan bakat yaitu pada laki-laki memang bisa membuat rambut rontok, tapi itu tidak semuanya ya. Tapi kalau misalnya nutrisi itu juga ngaruh,” kata dr. Endi saat diwawancarai dalam acara konferensi pers bersama ZAP, Selasa (30/1/2024).

Berdasarkan keterangan dr. Endi, kurangnya asupan protein yang dikonsumsi bisa jadi penyebab adanya masalah rambut. Pasalnya, protein menjadi kandungan yang memperkuat rambut sehingga tidak rontok.

“Jadi misalnya ada orang yang dia tertentu sama sekali nggak makan protein atau protein tertentu dihindari itu juga ngaruh karena penyusun rambut kan protein. Kalau misalnya nanti mengonsumsi lagi protein yang hilang biasanya tumbuh lagi gitu. Makannya ada diet yang nggak makan daging itu atau enggak pernah kena matahari vitamin D-nya turun di badan, nah itu juga ngaruh jadi rambutnya gampang rontok,” jelas dr. Endi.

Pengaruh konsumsi vitamin juga menjadi salah satu yang berpengaruh pada rambut laki-laki. Jika kurang vitamin D atau A, ditambah protein yang tidak terpenuhi akan membuat rambut mudah rontok. Kandungan selenium serta zinc juga dipercaya dapat memengaruhi kekuatan rambut. Oleh sebab itu, zat-zat ini yang memengaruhi rambut menjadi rontok atau tidak.

“Kalau untuk rambut protein dan vitamin itu yang paling penting dan utama untuk vitamin itu D dan A dan lainnya sebagai pelengkap. Jadi dari daging-dagingan, ikan, tempe tahu misalnya untuk vegetarian boleh makan, selenium juga zinc juga ditambah,” pungkas dr. Endi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #rambut #rontok #jadi #masalah #utama #yang #buat #laki #laki #jadi #insecure #memang #penyebabnya

KOMENTAR