Kini Baliho Editannya Viral, Adian Napitupulu Ternyata Cuma Modal Ini Saat Maju Jadi Caleg Pertama Kali
Adian Napitupulu ikut uji klinis Vaksin Nusantara di RSPAD, Rabu (14/4/2021). (Suara.com/Tio)
13:47
31 Januari 2024

Kini Baliho Editannya Viral, Adian Napitupulu Ternyata Cuma Modal Ini Saat Maju Jadi Caleg Pertama Kali

Adian Napitupulu termasuk salah satu sosok aktivis era Orde Baru yang kini turut menjadi pejabat negara. Adian bahkan diketahui sebagai salah satu aktivis 98 yang dahulu ikut menurunkan rezim Soeharto dari bangku Presiden. Beberapa tahun setelah masa itu berlalu, Adian mengawali karir politiknya sebagai Anggota DPR sejak 2014. 

Dia mengikuti proses pemilu hingga tembus menjadi anggota parlemen dengan menjadi kader PDIP. Adian Napitupulu mengaku kalau dirinya dapat tawaran langsung untuk menjadi calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan (dapil) V Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Bogor.

Dia mengaku kalau dirinya diminta langsung oleh Sekjen DPDIP ketika itu Tjahjo Kumolo untuk ikut menjadi caleg. Menariknya, Adian justru tidak memakai modal uang sama sekali untuk menjadi caleg.

"Mas Tjahjo, Sekjen, minta beberapa syarat. Gua pikir syarat apaan kan itu," cerita Adian, dikutip dari tayangan video pada akun YouTube Banteng Senayan, Rabu (31/1/2024).

Adian diberi kabar mengenai syarat menjadi caleg dari PDIP itu baru melalui telepon. Meski begitu, pada momen tersebut dia mengaku sudah deg-degan syarat yang akan diminta.

"'Syaratnya, pertana lu potong rambut'. Rambut gua panjang kan dulu gondrong. 'Kedua, tuh liat masa celana lu begini, lu gak pakai celana bener, sepatu juga pakai sandal jepit, terus ganti kemeja. Nanti begitu lu sampai tempat potong rambut, lu foto, kirim ke gua', kata mas Baskara," ungkap Adian mengulang kisah masa lalunya.

Dia pun kaget kalau syarat yang diminta Tjahjo Kumolo ternyata untuk mengganti penampilannya. Adian pun bisa dengan mudah memenuhi syarat tersebut. Dia pun menang dan menjadi anggota DPR sejak periode 2014-2019 dan kembali terpilih pada 2019-2024. 

Kembali Jadi Caleg dengan Baliho Viral

Adian masih berusaha untuk menjadi anggota DPR untuk periode ketiga baginya. Masih bersama PDIP, Adian kembali mencalonkan diri sebagai caleg untuk daerah Kabupaten Bogor. Seperti kebanyakan caleg, Adian juga menggunakan baliho sebagai alat kampanye agar dikenal masyarakat. 

Salah satu baliho kampanye Adian di Bogor rupanya viral. Pasalnya, wajah Adian pada baliho tersebut dinilai diedit terlalu berlebihan sehingga nampak sangat berbeda dengan aslinya. 

Selain itu, politisi PDIP itu juga menuliskan kalimat "BERJUANG UNTUK RAKYAT TANPA KERAGUAN!" pada baliho tersebut, sehingga tuai atensi publik. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kini #baliho #editannya #viral #adian #napitupulu #ternyata #cuma #modal #saat #maju #jadi #caleg #pertama #kali

KOMENTAR