5 Alasan Mengapa Seseorang Tidak Mau Jatuh Cinta dengan Rekan Kerja di Kantor!
Ilustrasi orang yang jatuh cinta dengan rekan kerja. (Pexels)
12:34
9 Oktober 2024

5 Alasan Mengapa Seseorang Tidak Mau Jatuh Cinta dengan Rekan Kerja di Kantor!

 

 

Jatuh cinta adalah hal paling indah dan menyenangkan untuk bisa dialami oleh seseorang. Dalam hidup, seseorang bisa merasakan jatuh cinta selama satu atau bahkan lebih.

Orang yang jadi tambatan hati ini pun beragam. Mulai dari tetangga sebelah, teman sepermainan sampai orang asing sekalipun. Terkadang, orang yang jatuh cinta tidak bisa memilih pihak mana yang akan dijatuhkan hati padanya.

Namun, ada beberapa orang yang seseorang tidak boleh atau tidak mau jatuh cinta kepadanya. Sosok yang termasuk dalam golongan tersebut beragam sesuai preferensi, termasuk rekan kerja di kantor.

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa tidak boleh atau tidak mau jatuh cinta dengan rekan kerja di kantor. Ada banyak alasan valid yang bisa menyangkal bahwa jatuh cinta dengan rekan kerja di kantor adalah hal baik.

Apabila kamu sedang ingin jatuh cinta atau mulai merasa naksir rekan kerja di kantor mungkin bisa mengetahui alasannya. Dikutip dari Forbes dan Very Well Mind, berikut ini 5 alasan untuk tidak jatuh cinta dengan rekan kerja di kantor:

1. Melanggar Aturan Perusahaan

Alasan pertama dari tidak mau jatuh cinta dengan rekan kerja di kantor adalah karena hal ini melanggar aturan perusahaan. Tidak semua perusahaan memberlakukan ini, namun ada beberapa perusahaan yang tidak memperbolehkan karyawannya menjalin hubungan.

Apabila ketahuan, salah satunya bisa dimutasi ke cabang lain atau bahkan dikeluarkan. Hal ini tentu tidak ingin kamu lakukan, mengingat karir adalah hal yang telah kamu banngun dengan susah payah.

Oleh karenanya kamu perlu membaca dengan teliti kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang seharusnya diberikan kepada seluruh karyawan ketika diterima. Apabila tidak ada peraturan yang melarang, kamu bisa bernafas lega dan bisa jatuh cinta tanpa takut dimutasi.

2. Mempengaruhi Profesionalitas

Alasan kedua dari tidak ingin jatuh cinta dengan rekan kerja sekantor adalah karena hal ini bisa mempengaruhi profesionalitas. Dinamika hubungan bisa memengaruhi kedua belah pihak terutama bagi yang bekerja di satu proyek atau divisi yang sama.

Ketika hubungan tersebut berada dalam situasi baik, maka pekerja bisa jadi tidak mempertahankan profesionalitasnya dengan memisahkan hubungan pribadi dan pekerjaan. Ketika hubungan tersebut berada dalam situasi buruk, maka pekerja juga bisa tidak dapat bekerja sama dengan baik.

Hal ini tentu mempengaruhi jalannya sebuah proyek dan membuat kedua belah pihak tampak tidak profesional. Dalam dinamika hubungan apapun, kamu harus siap berangkat kerja dan menganggap semua hal yang terjadi tidak mempengaruhi kinerja di perusahaan.

3. Ketimpangan Kekuasaan

Alasan ketiga mengapa seseorang tidak suka jatuh cinta dengan rekan kerja adalah adanya ketimpangan kekuasaan. Jatuh cinta dan berhubungan dengan rekan kerja yang setara saja sudah merepotkan, terutama menjalin hubungan dengan senior atau atasan.

Ditakutkan akan ada ketimpangan kekuasaan. Dinamika hubungan antara bawahan dan atasan bisa berubah mengikuti dinamika hubungan yang sedang dijalani. 

Sebagai pihak yang menjadi bawahan atau karyawan biasa, kamu mungkin ingin berhati-hati apabila kamu jatuh cinta dengan atasan. Tidak hanya hal baik, namun hal buruk juga bisa terjadi kalau hubunganmu sedang buruk, atau bahkan sedang berakhir.

4. Favoritisme pada Pasangan

Alasan keempat dari seseorang yang tidak mau jatuh cinta dengan rekan kerja di kantor adalah ditakutkan adanya favoritisme pada pasangan. Rekan kerja tersebut bisa dianggap membantumu mencapai posisi atau proyek yang sedang kamu tangani.

Isu ini bisa lebih buruk apabila kamu menjalin hubungan dengan atasan di kantor. Ketika kamu mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, hal ini bisa dianggap favoritisme pada pasangan meski kamu mendapatkannya dengan tanganmu sendiri. 

Bahkan ketika situasi hubungan memburuk, favoritisme ini bisa menjadi hal yang tidak baik untukmu. Misalnya, permintaan kenaikan gaji atau promosimu bisa dipersulit oleh atasan ketika hubungan tersebut berakhir.

5. Gosip dan Berita Miring di Kantor

Terakhir, alasan yang membuat orang tidak ingin jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan rekan kerja maupun atasan di kantor adalah adanya gosip dan berita miring di kantor.

Dinamika hubunganmu dan pasangan bisa jadi santapan enak pada rekan kerja yang ingin tahu. Terutama apabila kamu menjalin hubungan dengan atasan, beberapa rekan kerja bisa mendekatimu dengan tujuan cari muka pada atasan.

Untuk jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan rekan kerja di kantor, kamu harus mempersiapkan mental dan juga menjaga perasaan akan apapun yang akan terjadi.

Kelima poin diatas merupakan beberapa alasan mengapa seseorang tidak mau jatuh cinta pada rekan kerja di kantor. Apabila kamu masih ingin jatuh cinta dan menjalin hubungan romansa kantor seperti drama korea, kamu harus setidaknya mempersiapkan kelima hal diatas. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #alasan #mengapa #seseorang #tidak #jatuh #cinta #dengan #rekan #kerja #kantor

KOMENTAR