Sebanyak  Ratusan Delegasi dari 8 Negara Ikut Kompetisi World Youth Festival 2024 di Malaysia
WFY Day 1 (Istimewa)
05:23
9 Oktober 2024

Sebanyak Ratusan Delegasi dari 8 Negara Ikut Kompetisi World Youth Festival 2024 di Malaysia

World Youth Festival (WYF) 2024 berhasil menginspirasi ratusan pemuda dari berbagai penjuru dunia melalui acara Business Idea Competition yang bertemakan "Cultivating Youth Creativity in Entrepreneurship".

Kompetisi ini berlangsung dari Sabtu hingga Selasa (5-8/10/2024) di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejumlah pemuda berkesempatan menampilkan ide bisnis sekaligus kemampuan mereka dalam berwirausaha.

Pesertanya berasal dari 8 negara yang terbagi menjadi 15 kelompok. Masing-masing diminta untuk memilih 5 sub-tema, yakni Pendidikan, Makanan dan Minuman, Fintech, Lingkungan, dan Industri Kreatif.

Setiap kelompok diminta untuk mengembangkan ide bisnis secara unik. Beberapa nama bisnis yang cukup menarik perhatian adalah "Getuk 4 U", "Fast N Curious Environment", "BOTANIQ", dan "EDULINC".

Baca Juga: Cek Fakta: PSSI Sukses Undang Timnas Portugal untuk Main Lawan Indonesia

Tujuan dari kompetisi ini, untuk menunjukkan bahwa usia bukanlah batasan dalam berwirausaha. Para peserta berhasil mempresentasikan solusi yang relevan dengan tantangan nyata di dunia saat ini melalui ide-ide yang segar dan inovatif.

Menurut Ketua Youth Break the Boundaries, Aldi Subakti, WYF 2024 ini merupakan wadah bagi pemuda untuk menggali potensi mereka dalam berinovasi serta berwirausaha.

"Kami sangat bangga melihat antusiasme dan kreativitas mereka dalam mengembangkan ide bisnis yang berdampak bagi masyarakat," ungkapnya.

Aldi melanjutkan, "Melalui kompetisi ini, para pemuda mendapatkan pengalaman berharga untuk terus mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka."

Business Idea Competition ini juga menampilkan ragam proyek yang menjadi minat di kalangan pemuda.

Baca Juga: Kisah NGO di Lebanon Bertaruh Nyawa Selamatkan Hewan di Tengah Hujan Bom Israel

Misalnya, kelompok yang berfokus pada bidang Pendidikan ingin membuat pembelajaran lebih mudah diakses dan menyenangkan. Sementara pada bidang Makanan dan Minuman, mereka ingin menciptakan inovasi kuliner yang berkelanjutan.

World Youth Festival 2024 membuktikan bahwa kreativitas dan semangat pemuda dapat membawa perubahan nyata di masyarakat.

Kompetisi ini bukan hanya soal memenangkan penghargaan, tetapi juga soal keberanian untuk bermimpi, mencoba, dan memberikan dampak positif.

Melalui platform seperti Youth Break the Boundaries, para pemuda terus didorong untuk mengembangkan ide-ide mereka dan menjadi agen perubahan di masa depan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #sebanyak #ratusan #delegasi #dari #negara #ikut #kompetisi #world #youth #festival #2024 #malaysia

KOMENTAR