Apa itu Gerakan Salam 4 Jari? Geger Menjelang Coblosan Pilpres 2024
Apa itu Gerakan Salam 4 Jari? Geger Menjelang Coblosan Pilpres 2024 (X akun @gitaputrid)
17:37
30 Januari 2024

Apa itu Gerakan Salam 4 Jari? Geger Menjelang Coblosan Pilpres 2024

Sedang ramai di sosial media, gerakan salam 4 jari. Apa itu gerakan salam 4 jari?

Khusus untuk kamu yang belum tahu, gerakam salam 4 jari merupakan salah satu sikap masyarakat dalam menyambut Pilpres 2024. Saat ini, banyak pengguna sosial media yang memposting siluet tangan yang menunjukkan empat jari dengan caption seruan menggunakan gerakan salam 4 jari tersebut.

Sejak gerakan salam 4 jari jadi viral, banyak juga pengguna sosial media yang menilai bahwa gerakan tersebut bisa mengancam kekuatan politik pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Lantas, apa itu gerakan 4 jari dan kenapa pasangan Prabowo-Gibran harus was-was terhadap gerakan tersebut?

Arti Gerakan Salam 4 Jari

Gerakan salam 4 jari muncul di sosial media sebagai gerakan untuk mengajak masyarakat tidak memilih Prabowo-Gibran, tetapi memilih kandidat lainnya seperti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Selain itu, gerakan salam 4 jari juga berarti bahwa kekuatan Anies-Ganjar diperlukan untuk mengalahkan kekuatan politik Prabowo-Gibran. Masyarakat yang mengikuti gerakan salam 4 jari ini berharap ke depannya, Anies-Ganjar akan berkoalisi. 

Gerakan salam 4 jari ini disuarakan salah satunya oleh Partai Hijau Indonesia di sosial media X. Postingan mengenai gerakan ini diikuti dengan tagar #AsalBukanPrabowo dan juga tagar #BukanPrabowoGibran. Partai ini menwacanakan untuk melawan Pilpres satu putaran untuk kubu nomor pilihan 02 tersebut. 

Sejak gerakan salam 4 jari, respon masyarakat terhadap gerakan ini beragam. Respon juga datang dari Anies Baswedan. Ia menyebut fenomena gerakan salam 4 jari adalah aspirasi rakyat. Ia tidak memberikan tanggapan lebih dari itu. 

Respon dari pihak Ganjar pun kurang lebih sama, yakni gerakan salam4 jari adalah ekspresi masyarakat. Itu adalah semangat masyarakat, demokrasi, ekspresi sehingga tidak perlu diributkan hingga menimbulkan konflik yang merugikan terlalu banyak pihak. Untuk saat ini, berfokus kepada hari pemilihan adalah yang terpenting. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pihak Prabowo. Mereka menilai gerakan salam 4 jari merupakan hal yang biasa dalam demokrasi. Masyarakat bebas menyatakan pendapat dan menyampaikan aspirasi mereka dalam berbagai bentuk. Pihak Prabowo menyerahkan penilaian akhir pada masyarakat. 

Demikian itu yang dapat disampaikan tentang apa itu gerakan salam 4 jari. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #gerakan #salam #jari #geger #menjelang #coblosan #pilpres #2024

KOMENTAR