Riwayat Pendidikan Said Aqil, Tak Mundur dari Komisaris KAI Meski Terang-terangan Dukung Anies
Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj. [Suara.com/Dian Rosmala]
21:00
26 Januari 2024

Riwayat Pendidikan Said Aqil, Tak Mundur dari Komisaris KAI Meski Terang-terangan Dukung Anies

Adab musisi Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank yang mengundurkan diri dari posisi Komisaris Independen Telkom demi mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi sorotan. Publik lalu membandingkannya dengan komisaris BUMN lain yang tidak mengundurkan diri meski sudah terang-terangan mendukung capres.

Salah satu yang disorot adalah Komisaris KAI, KH Said Aqil Siradj, yang telah blak-blakan mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dikutip dari laman resmi KAI, Said Aqil menempati jabatan sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen di BUMN tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali saat bersama mantan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj. (Suara.com/Novian)Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali saat bersama mantan Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj. (Suara.com/Novian)

Nama Said Aqil sendiri sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Ulama kelahiran Cirebon, 3 Juli 1953 ini sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) selama dua periode.

Tak hanya itu, Said Aqil juga memiliki profil yang sangat mentereng di bidang akademis seperti dengan menjadi Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon dan Pimpinan Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan.

Profil mentereng ini rupanya selaras dengan riwayat pendidikan Said Aqil yang juga tidak bisa dipandang sebelah mata, seperti ulasan berikut.

Riwayat Pendidikan Said Aqil

Calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (8/12/2021).  ANTARA FOTO/Rivan Awal LinggaCalon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (8/12/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

KH Said Aqil Siradj diriwayatkan pernah mengenyam pendidikan formal hingga jenjang S3. Bahkan kini dirinya juga menyandang gelar Profesor.

Said Aqil tercatat pernah mengenyam pendidikan tingkat S1 di Fakultas Ushuluddin Universitas King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Selain itu, Said Aqil juga pernah menuntut ilmu di Institut Agama Islam Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kemudian Said Aqil melanjutkan studi pascasarjana di bidang Perbandingan Agama di Universitas Ummul Qura, Mekkah, dan lulus pada tahun 1987. Lalu Said Aqil melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam di universitas yang sama dan lulus pada tahun 1994.

Said Aqil juga memperdalam ilmu agama Islam di Pondok Pesantren Al Munawwir Yogyakarta, Ponpes Lirboyo Kediri, serta Ponpes KHAS Kempek Cirebon. Lembaga terakhir merupakan pondok pesantren yang juga diasuh sendiri oleh Said Aqil.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #riwayat #pendidikan #said #aqil #mundur #dari #komisaris #meski #terang #terangan #dukung #anies

KOMENTAR