Inilah Glutathione, Zat yang Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengatasi Flek Hitam
Manfaat glutathione untuk kecantikan kulit. (Freepik)
08:34
7 Oktober 2024

Inilah Glutathione, Zat yang Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mengatasi Flek Hitam

 

Glutathione adalah zat antioksidan yang ditemukan secara alami dalam sel-sel tubuh, terdiri dari tiga asam amino, yakni glisin, sistein, dan asam glutamat.

Zat tersebut berperan penting dalam melindungi sel dari kerusakan oksidatif, mendetoksifikasi racun, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dengan perannya melindungi sel dari kerusakan, glutathione ternyata juga banyak ditemukan dalam produk kecantikan kulit karena memiliki manfaat yang luar biasa.

Berikut ini 4 manfaat glutathione untuk kecantikan kulit.

  1. Anti penuaan

Glutathione berperan dalam mendukung perbaikan dan regenerasi jaringan yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Seiring bertambahnya usia, kulit memproduksi lebih sedikit kolagen dan elastin sehingga menyebabkan pembentukan garis-garis halus, kerutan dan hilangnya kekencangan.

Glutathione membantu mencegah perubahan ini dengan merangsang perbaikan jaringan yang rusak dan meningkatkan produksi sel-sel kulit baru yang sehat.

Tindakan ini tidak hanya membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, tetapi juga meningkatkan ketahanan dan kekenyalan kulit secara keseluruhan.

  1. Perlindungan antioksidan

Glutathione melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dengan menetralkan radikal bebas. Hal ini biasanya merupakan penyebab utama penuaan dini dan kulit kusam.

Polutan, radiasi UV, dan faktor lingkungan lainnya menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin.

Keduanya adalah protein yang dapat menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, sehingga ketika keduanya rusak, kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Namun, glutathione dapat mencegah stres oksidatif sehingga yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hal ini juga membantu meningkatkan dan menjaga kualitas kulit.

  1. Mencerahkan kulit kusam

Glutathione yang dioleskan sebagai skincare dapat membantu mengembalikan kilau alami kulit sehingga tampak lebih muda, dikutip dari laman Paulas Choice pada (7/10).

Pasalnya, penurunan jumlah glutathione alami tubuh dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan, termasuk kulit kusam.

Dengan menambahkan glutathione ke dalam rutinitas perawatan kulit, tentu dapat membantu meningkatkan penampilan kulit untuk tampilan yang lebih merata dan segar.

  1. Meningkatkan warna kulit dan mengatasi flek hitam

Glutathione banyak digunakan dalam produk kecantikan karena mampi mengontrol pigmentasi sehingga dapat mengurangi kelebihan melanin yang dapat menghasilkan flek hitam atau penggelapan kulit.

Dikutip dari laman City Skin Clinic pada (7/10), glutathione dapat mengontrol pigmentasi dengan menghambat enzim tirosinase yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin oleh sel-sel penghasil pigmen di kulit (melanosit).

Dengan mengatur aktivitas tirosinase, glutathione dapat mengurangi kelebihan melanin yang kemudian membantu memudarkan hiperpigmentasi.

Itulah beberapa manfaat glutathione untuk kecantikan kulit. Dengan keunggulan sebanyak ini, Anda bisa menambahkannya pada rutinitas skincare harian untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #inilah #glutathione #yang #punya #segudang #manfaat #untuk #kecantikan #kulit #salah #satunya #mengatasi #flek #hitam

KOMENTAR