7 Perilaku Kecil yang Membuat Orang Berpikir Anda Orang Jahat, Salah Satunya Suka Meremehkan
Suka meremehkan adalah salah satu perilaku yang membuat orang berpikir Anda orang jahat (freepik)
06:30
7 Oktober 2024

7 Perilaku Kecil yang Membuat Orang Berpikir Anda Orang Jahat, Salah Satunya Suka Meremehkan

 

 – Ada batasan tipis antara bersikap tegas dan dianggap jahat. Sering kali semuanya bermula pada perilaku-perilaku kecil yang tanpa kita sadari kita tunjukkan.

Kebiasaan-kebiasaan kecil ini dapat melukiskan gambaran yang tidak diinginkan tentang kita dan membuat orang lain berpikir kita jahat meskipun itu tidak benar. Memahami perilaku kecil ini adalah kunci untuk mengurangi persepsi negatif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa perilaku negatif yang membuat orang berpikir Anda orang jahat sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Senin (7/10) sebagai berikut:

  1. Cepat mengkritik

Pada dasarnya sifat umum di antara kita sebagai manusia adalah cepat menemukan kekurangan. Namun, terus-menerus menunjukkan kesalahan orang lain dapat membuat Anda dianggap sepele.

Kritik meskipun bermaksud baik sering kali dianggap negatif. Jika Anda selalu menjadi orang pertama yang menunjukkan kesalahan atau kekurangan maka orang lain akan melihat Anda sebagai orang yang terlalu kritis atau tidak mau mengalah.

Pasalnya ada waktu dan tempat untuk kritik yang membangun. Namun jika kritik membangun menjadi cara komunikasi yang biasa Anda lakukan maka sudah saatnya Anda mempertimbangkan kembali.

  1. Ketidakmampuan untuk mendengarkan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat kita asyik dengan perangkat kita maka kita sering kali tidak sepenuhnya hadir dalam interaksi di dunia nyata.

Kurangnya kehadiran ini dapat diartikan sebagai ketidakpedulian atau bahwa kekasaran oleh orang lain sehingga membuat mereka merasa tidak penting atau diabaikan.

Dalam sebuah percakapan, mendengarkan sama pentingnya dengan berbicara. Jadi, jika Anda mendapati diri Anda mengecek ponsel atau melamun selama percakapan maka sudah saatnya untuk mengasah keterampilan mendengarkan Anda.

  1. Kelebihan sarkasme

Sarkasme sebenarnya cerdas, tajam dan dapat menambah percikan dalam percakapan apa pun. Namun segala sesuatunya yang berlebihan tidak akan pernah baik.

Sarkasme jika digunakan secara berlebihan dapat dengan cepat berubah dari lucu menjadi menyakitkan. Sarkasme dapat membuat komentar Anda terasa pedas dan kejam meskipun Anda bermaksud untuk melucu.

Selain itu, sarkasme sering kali tidak dapat diterima dengan baik di berbagai budaya atau kepribadian. Bahkan apa yang Anda anggap lucu bisa saja menyinggung atau membingungkan orang lain.

  1. Kurangnya empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagai perasaan orang lain. Empati juga dikenal sebagai landasan dari setiap hubungan manusia yang bermakna. Tanpa empati, interaksi kita tentu terasa dingin dan terpisah secara emosional.

Bila kita tidak menunjukkan empati maka orang lain akan menganggap kita jahat atau tidak peduli. Jadi, jika lain kali seseorang berbagai perasaan atau pengalaman dengan Anda maka luangkan waktu untuk menempatkan diri pada posisi mereka.

  1. Suka meremehkan

Jika Anda sering mengabaikan pendapat atau ide orang lain tanpa memberi mereka kesempatan yang adil maka sudah saatnya Anda memikirkan kembali pendekatan Anda.

Pasalnya, ide-ide hebat bisa datang dari mana saja dan siapa saja jadi jangan mudah meremehkan orang lain.

  1. Menggunakan isyarat non-verbal negatif

Bahasa tubuh kita berbicara banyak tentang kita tanpa kita sadari. Terkadang bukan apa yang kita katakan tetapi bagaimana kita mengatakannya yang dapat membuat kita tampak jahat.

Ada beberapa isyarat non verbal yang dapat memancarkan aura negatif seperti menyilangkan lengan, tidak melakukan kontak mata, dan  mengerutkan kening terus-menerus.

  1. Mengabaikan kekuatan terima kasih

Bila kita gagal mengungkapkan rasa terima kasih atas usaha orang lain maka hal itu dapat dengan mudah dianggap sebagai kekasaran atau kurangnya penghargaan.

Intinya pengakuan sederhana dapat membuat orang merasa dihargai dan dihormati. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perilaku #kecil #yang #membuat #orang #berpikir #anda #orang #jahat #salah #satunya #suka #meremehkan

KOMENTAR