Apa Itu Generasi Sandwich yang Diwakili Kaluna dalam Home Sweet Loan?
Ilustrasi generasi sandwich (Freepik)
15:12
6 Oktober 2024

Apa Itu Generasi Sandwich yang Diwakili Kaluna dalam Home Sweet Loan?

Apa itu generasi sandwich? Pertanyaan ini turut menjadi sorotan seiring perilisan film Home Sweet Loan yang sedang tayang di Bioskop. Film ini sarat akan kehidupan generasi muda atau yang sering dikenal generasi sandwich.

Sosok Kaluna (diperankan oleh Yunita Siregar) dalam film Home Sweet Loan ramai jadi perbincangan warganet karena sangat menggambarkan sosok generasi sandwich. Kaluna  menjadi panutan warganet karena mampu nabung Rp300 juta meski anak bungsu dan jadi budak korporat.

Seiring dengan viralnya karakter Kaluna sebagai generasi sandwich, mungkin masih ada sejumlah orang yang masih asing dan penasaran apa itu generasi sandwich. Nah untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Apa Itu Generasi Sandwich?

Generasi sandwich merupakan generasi dimana seseorang harus menghidupi 3 generasi keluarganya dari mulai dirinya sendirinya, orang tua dan anak-anaknya.  Adapun generasi sandwich ini pertama kali muncul pada tahun 1981 yang dikenalkan Dorothy A. Miller.

Baca Juga: Sosok Kamila Asy Syifa: Influencer Muda Jadi Istri Gus Zizan, Bikin Netizen Singgung Isu Pernikahan Anak

Doroty Miller ini adalah seorang profesor dan direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat. Menurutnya, generasi sandwich ini sebutkan bagi orang dewasa yang memiliki kewajibah dalam menghidupi tiga generasi seperti yang disebutkan di atas.

Pemicu generasi sandwich umumunya jika orang tua tak lagi mempunyai penghasilan untuk memenuh kebutuhannya sendiri. Fenomena generasi sandwich ini juga bisa dipicu jika orang tua menilai anak sebagai sebuah investasi masa depan.

Orang tua yang demikian ini secara sengaja memberikan beban kepada sang anak dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Meski demikian, generasi sandwich ini juga bisa terjadi pada anak yang sudah menikah, namun tak mampu dalam menanggung kebutuhan keluarganya sendiri.

Generasi sandwich ini juga biasanya dipengaruhi oleh kegagalan keuangan orang tua. Minimnya perencanaan keuangan saat orang tua menghadapi masa tua bisa memicu  munculnya sandwich generation.

Dalam hal ini, para orang tua menganggap anak-anaknya adalah orang tua yang akan memenuhi kebutuhan mereka dan bergantung pada anak-anaknya saat masa tua. Maka dari itu, penting untuk memahami serta merencanakan finansial dengan baik dan benar.

Baca Juga: Apa Itu Cosmic Education? Pendidikan yang Menstimulus Anak Berpikir Lebih Luas

Demikian ulasan mengenai apa itu generasi sandwich, fenomena yang saat ini sedang ramai jadi perbincangan seiring perilisan film Home Sweet Loan yang sedang tayang di Bioskop. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #generasi #sandwich #yang #diwakili #kaluna #dalam #home #sweet #loan

KOMENTAR