Menurut Psikologi, 9 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Lebih Berprestasi dan Lebih Berbakat dari yang Anda Sadari
Ilustrasi berprestasi (freepik/gratispik)
09:04
6 Oktober 2024

Menurut Psikologi, 9 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Lebih Berprestasi dan Lebih Berbakat dari yang Anda Sadari

– Setiap orang pasti pernah memiliki tekad yang kuat untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Namun, tidak semua orang yang memiliki tekad mampu konsisten dengan hal tersebut.

Terkadang, seseorang mengalami kemunduran dan keraguan. Namun, orang-orang ini justru tetap berada pada semangat yang membara hingga membawanya pada prestasi-prestasi yang mengagumkan.

Lalu, bagaimanakah tanda orang-orang yang berprestasi dan berbakat tersebut? JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Minggu (6/10), sembilan tanda Anda lebih berprestasi dan berbakat dari yang Anda sadari.

1. Anda menghormati komitmen Anda

Tanda pertama dari orang-orang yang berbakat dan berprestasi adalah bahwa saat mereka membuat komitmen, mereka akan selalu menghormatinya dengan cara melakukan apa pun untuk mempertahankan komitmen tersebut.

2. Anda menuliskan tujuan Anda

Tanda berikutnya dari orang-orang yang berbakat dan berprestasi adalah bahwa mereka akan menuliskan tujuan atau list target aktivitas sehari-hari, yang membuat mereka selangkah lebih maju untuk mencapai hal-hal yang mereka inginkan.

3. Anda memprioritaskan hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan

Kita bisa jadi begitu fokus pada satu target sehingga gagal memperhatikan apa yang paling kita butuhkan. Sementara orang yang berprestasi umumnya mampu mengidentifikasi kebiasaan penting yang tidak bisa mereka tinggalkan.

4. Anda menemukan cara untuk menikmati sesuatu

Orang-orang yang berbakat biasanya juga selalu memiliki cara untuk menikmati sesuatu. Ini bukan tentang berpikir positif, ini tentang bertindak dengan beban pikiran negatif yang lebih sedikit agar tidak menghambat kita untuk terus berprestasi.

5. Anda mempraktikkan kasih sayang terhadap diri sendiri

Banyak di antara kita yang merasa terus-menerus kelelahan. Mereka selalu menyalahkan diri mereka sendiri dan menyebut diri mereka dengan nama-nama yang buruk, serta memaksakan batasan mereka.

Menurut penelitian, tingginya tingkat kasih sayang terhadap diri sendiri dikaitkan dengan meningkatnya perasaan bahagia, rasa ingin tahu, keterhubungan, serta menurunnya kecemasan. Maafkan diri Anda, lupakan keinginan untuk terus-menerus mencaci-maki.

6. Anda menyalakan kembali api inspirasi

Orang-orang yang bertekad terus mencari cara untuk mendapatkan inspirasi dan menyalakan api itu setiap hari. Mereka tidak menunggu inspirasi, mereka menciptakannya.

Mereka membaca buku dan menonton film tentang orang-orang yang berhasil mengatasi kesulitan. Mereka berbicara dengan orang-orang yang telah melakukan apa yang mereka impikan.

7. Anda mencatat kemenangan Anda

Menuliskan kemenangan Anda di penghujung hari atau mencatatnya dalam pikiran sebelum tidur akan membuat perbedaan eksponensial selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Anda harus menjadi pelatih yang paling bersemangat untuk diri sendiri.

8. Anda memberi ruang bagi suara tenang kebijaksanaan batin

Ada satu hal yang membedakan mereka yang bersemangat seharian setelah mendapat ceramah motivasi dari seorang guru dan mereka yang terus maju dan selalu produktif tahun demi tahun.

Apa itu? Mereka memupuk hubungan dengan kebijaksanaan batin mereka. Kebijaksanaan itu ada di sana, dan Anda dapat mengaksesnya saat Anda menenangkan pikiran.

9. Anda terus-menerus menyederhanakan

Orang yang bertekad kuat adalah mereka yang memprioritaskan tujuan yang jelas dan melaksanakan apa yang dapat dilakukan. Anda mungkin memimpikan hal yang mustahil, tetapi kita tentu tidak dapat melakukan hal yang mustahil.

Jadi, buatlah mudah bagi diri Anda sendiri, kurangi hal-hal yang tidak perlu, ambil langkah kecil berikutnya yang lebih realistis dan dapat Anda raih dengan cepat.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #menurut #psikologi #tanda #menunjukkan #bahwa #anda #lebih #berprestasi #lebih #berbakat #dari #yang #anda #sadari

KOMENTAR