Jika Kamu Benar-benar Ingin Melakukan Perubahan dalam Hidup, Mulailah untuk Berkata 'Tidak' Pada 7 Hal Ini
Ilustrasi orang yang ingin memiliki perubahan dalam hidup. (Foto : Unsplash.com/MarcosPauloPrado)
08:40
6 Oktober 2024

Jika Kamu Benar-benar Ingin Melakukan Perubahan dalam Hidup, Mulailah untuk Berkata 'Tidak' Pada 7 Hal Ini

- Pada umumnya manusia selalu melakukan perubahan dalam hidupnya setelah melalui banyak hal, hingga pada akhirnya mereka menginginkan kehidupan yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Mengutip dari laman Magister Psikologi Universitas Medan Area, perubahan hidup itu terjadi melalui tiga fase. Fase pertama yaitu transisi, fase kedua kekosongan, dan fase ketiga adalah permulaan yang baru.

Semua itu memiliki prosesnya masing-masing dan perlu adanya ketekunan dan kesabaran menjalaninya.

Melansir dari laman Expert Editor, jika kamu benar-benar ingin melakukan perubahan dalam hidup, mulailah untuk berkata 'tidak' pada 7 hal ini :

1. Terlibat dalam Aktivitas yang Membuang-buang Waktu

Aktivitas yang membuang-buang waktu meskipun itu menyenangkan, tapi tidak akan membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya ketika menghabiskan waktu berjam-jam menonton serial drama padahal pekerjaan rumahmu banyak terbengkalai.

2. Perfeksionisme

Pemikiran yang berlebihan hanya untuk bekerja secara sempurna akan mengganggu kesehatan mentalmu dan berarti kamu tidak siap menghadapi kegagalan. Pada kenyataannya, manusia tidak ada yang sempurna dan tidak bisa mencapai hal di luar kendalinya.

3. Melakukan Self-Talk Negatif

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengkritik diri sendiri dapat berdampak jangka panjang pada kepercayaan diri seseorang. Akibatnya, hal ini dapat memengaruhi motivasimu untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan yang ingin dicapai.

4. Berada di Lingkungan yang Toxic

Kamu harus memastikan bahwa lingkungan sosial disekitarmu bisa memiliki impact positif atau negatif, karena pengaruhnya sangat besar pada diri sendiri. Maka pilihlah lingkungan yang bisa mendukung, menginspirasi, dan membawamu pada kesuksesan.

5. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain yang dapat memotivasi kita dapat memungkinkan untuk mengukur pertumbuhan pribadi, tapi ketika perbandingan sosial tersebut mulai membuat terpuruk, inilah waktunya untuk mengevaluasi kembali.

Sebaliknya, fokuslah pada perjalanan dan kemajuan diri sendiri hingga pada akhirnya, kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik.

6. Membuat Alasan Demi Alasan

Jika kamu merasa terus-menerus mencari alasan untuk membela diri, maka sebaiknya mulai katakan 'tidak' pada perilaku ini. Kamu tidak akan pernah mampu menghadapi tantangan jika lari dari tanggung jawab dan selalu menyalahkan orang lain.

7. Membiarkan Rasa Takut Akan Perubahan

Apapun yang terjadi dalam hidup, semua terasa menakutan termasuk akan perubahan ini. Tapi semuanya bisa kamu lewati dengan melawan rasa takut itu dan pikirkan bahwa semuanya pasti bisa dilalui.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jika #kamu #benar #benar #ingin #melakukan #perubahan #dalam #hidup #mulailah #untuk #berkata #tidak #pada

KOMENTAR