Perjalanan Karier Desy Ratnasari: dari Artis sampai Dosen, Kini Bakal Jadi Cagub Jawa Barat?
Desy Ratnasari pakai tas branded. (Instagram/@desyratnasariterdepan)
15:43
24 Januari 2024

Perjalanan Karier Desy Ratnasari: dari Artis sampai Dosen, Kini Bakal Jadi Cagub Jawa Barat?

Artis senior Desy Ratnasari kini dikenal sebagai salah satu politikus andal. Kinerjanya bahkan sempat diakui oleh Menkopolhukam Mahfud MD sebagai anggota DPR yang berasal dari kalangan artis.

Rupanya, Desy tak serta merta dari artis menjadi politisi. Politisi PAN tersebut rupanya sempat memiliki profesi lain yang tak kalah mentereng.

Berikut perjalanan karier mentereng Desy Ratnasari:

Perjalanan Karier Desy Ratnasari

Desy Ratnasari sendiri memulai karier di dunia hiburan sejak berusia 14 tahun. Desy Ratnasari mulanya berkecimpung di dunia model dengan mengikuti ajang pemilihan Gadis Sampul tahun 1987 dan berhasil menjadi runner up.

Gadis Sampul jadi pintu yang membuka peluang di dunia hiburan bagi Desy. Ia kemudian mendapatkan tawaran akting dalam serial 'Jendela Rumah Kita'.

Tak hanay di layar kaca, Desy Ratnasari juga menjajal dunia tarik suara. Salah sau lagunya yang hits adalah lagu berjuduk Tenda Biru ciptaan musisi Wahyu WHL.

Selain berkarier industri hiburan, Desy Ratnasari juga sempat berkecimpung di dunia pendidikan. Pada tahun 2012, Desy Ratnasari mulai menjadi dosen honorer Fakultas Psikology di Atmajaya.

Desy Ratnasari pakai tas branded. (Instagram/@desyratnasariterdepan)Desy Ratnasari pakai tas branded. (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Diketahui bahwa Desy merupakan lulusan UNIKA Atmajaya jurusan Psikologi.

Ia juga merupakan lulusan Universitas Indonesia mengambil jurusan Psikologi Terapan pada tahun 2005. Kemudian menempuh pendidikan Profesi Psikologi di UNIKA Atmajaya tahun 2010.

Karier Politik

Desy Ratnasari merupakan Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia sudah dua periode menjadi anggota DPR RI yakni pada periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Desy juga kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RO dari partai yang sama untuk periode 2024-2029.

Belakangan bahkan PAN mengaku ada kemungkinan mengusung Desy Ratnasari sebagai Calon Gubernur Jawa Barat pada pemilu 2024 mendatang.

"Calon gubernur Jawa Barat Teh Desy," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kota Bandung, Rabu (27/9/2023).

Kepiawaian Desy di politik senidri sempat diakui oleh Mahfud MD. Hal ini disebut Mahfud dalam perbincangan di Podcast Kaesang Pangarep.

Mahfud MD menyatakan kebanyakan artis dimasukkan dalam politik hanya untuk mendulang suara partai.

Desy Ratnasari pakai tas branded. (Instagram/@desyratnasariterdepan)Desy Ratnasari pakai tas branded. (Instagram/@desyratnasariterdepan)

"Dalam teorinya boleh ya [artis masuk politik] karena dalam setiap segmen kehidupan bisa diwakili di DPR, cuma terkadang di tempat kita ini kalau artis itu dimunculkan bukan untuk memperkuat bobot perjuangan ideologis, tapi untuk suara aja," ujar Mahfud MD dalam podcast Kaesang Pangarep by GK Hebat yang dikutip Selasa (25/7/2023).

"Sehingga kemudian ya tidak produktif di dalam, tapi ada juga sih yang bagus," imbuhnya.

Ditanya siapa contoh selebriti yang bagus di dunia politik, Mahfud MD mulanya hanya menunjuk almarhum Sophan Sophian.

"Ee mungkin Sophan Sopiaan lah dulu, kalau mungkin sekarang boleh juga si anu ya, Desy Ratnasari," kata Mahfud MD lagi.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #perjalanan #karier #desy #ratnasari #dari #artis #sampai #dosen #kini #bakal #jadi #cagub #jawa #barat

KOMENTAR