Situs Luar Negeri Perkirakan Maarten Paes Menepi Sebulan karena Cedera, Ernando dan Nadeo Siap-siap jadi Pengganti?
Maarten Paes tampil prima dengan catatkan clean sheets bagi Timnas Indonesia yang ternyata punya rekor apik tanpa kebobolan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
20:18
4 Oktober 2024

Situs Luar Negeri Perkirakan Maarten Paes Menepi Sebulan karena Cedera, Ernando dan Nadeo Siap-siap jadi Pengganti?

 

- Kabar buruk menghampiri Timnas Indonesia terkait kondisi terbaru Maarten Paes. Penjaga gawang FC Dallas itu diperkirakan membutuhkan waktu selama kurang lebih sebulan untuk pemulihan, pasca mengalami cedera ringan.

Maarten Paes memang saat ini sedang cedera pergelangan tangan. Kabar itu diketahui setelah dirinya tidak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) FC Dallas saat menghadapi San Jose Earthquakes di Stadion Avaya dalam lanjutan Major League Soccer (MLS) 2024, Kamis (3/10).

FC Dallas selaku klub pemilik menyampaikan bahwa tak adanya penjaga gawang berusia 26 tahun itu dalam daftar sebelas pertama maupun cadangan, karena cedera ringan. Sehingga Maarten Paes harus absen melawan San Jose Earthquakes.

"Maarten Paes menepi malam ini karena mengalami cedera minor pergelangan tangan," demikian pengumuman FC Dallas dalam media sosialnya kemarin.

Kabar cedera Maarten Paes kian valid setelah dirinya muncul di Stadion Avaya. Ya, meski tak bermain, dia hadir dan menyempatkan diri menghampiri suporter di tribune pendukung FC Dallas.

Maarten Paes menyapa dan melayani permintaan foto maupun tanda tangan. Saat menghampiri itulah terlihat tangan Maarten Paes menggunakan wrist protector (pelindung pergelangan tangan).

Dalam kesempatan terpisah, kepada penggemar dia juga sempat mengungkapkan bahwa tangan Maarten Paes terkilir. Namun dia memastikan bahwa cedera yang dialaminya tak parah. Tapi Maarten Paes tak mengungkapkan juga kapan bisa kembali bermain lagi.

Di tengah ketidakjelasan ini, Fotmob memperkirakan dia akan menepi cukup lama. Situs dan aplikasi penyedia skor pertandingan dan statistik sepak bola itu menyebut, Paes baru akan kembali bermain bulan depan.

"Cedera pergelangan tangan pada 2 Oktober 2024. Perkiraan kembali pada awal November 2024," tulis perkiraan Fotmob dalam profil Maarten Paes.

Jika perkiraan Fotmob itu benar adanya, maka Maarten Paes kemungkinan besar melewatkan sejumlah laga, baik di klub maupun pentas internasional. Di FC Dallas misalnya, dia bisa absen melawan Portland Timbers pada 7 Oktober 2024 dan Sporting Kansas City pada 20 Oktober 2024.

Sementara di Timnas Indonesia, Maarten Paes berarti harus absen saat Garuda melakoni dua laga tandang dalam laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024. Yakni melawan Bahrain pada 10 Oktober dan Tiongkok lima hari kemudian.

Di sisi lain, Sumardji selaku ketua badan tim nasional (BTN) PSSI menyatakan bahwa pihaknya tak bisa menjamin sang penjaga gawang akan bermain untuk Timnas Indonesia melawan Bahrain maupun Tiongkok. Semua keputusan baru akan muncul saat mendekati hari pertandingan.

"Semua tetap sesuai jadwal, dia ikut ke Bahrain. Perihal itu (main atau tidaknya), kita lihat perkembangannya nanti," ucap Sumardji kepada JawaPos.com.

Terlepas dari kepastian bisa atau tidaknya Maarten Paes bermain, Shin Tae-yong harus mempersiapkan solusi mengatasi masalah ini. Begitu pula dengan dua kiper Timnas Indonesia lain, Ernando Ari Sutaryadi dan Nadeo Argawinata.

Kedua penjaga gawang itu harus bersiap-siap jika Maarten Paes absen. Terutama Ernando Ari, kiper Persebaya Surabaya yang merupakan pilihan Shin Tae-yong untuk jadi andalan Garuda di posisi paling krusial di lini belakang sebelum kedatangan Maarten Paes.

Dari tujuh pertandingan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sebelum Maarten Paes hadir, Ernando sudah bermain lima kali. Bahkan kiper Persebaya itu tampil dalam tiga laga terakhir putaran kedua melawan Vietnam, Irak, dan Filipina.

Sementara Nadeo Argawinata, sudah dapat kesempatan bermain dua kali di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Yakni saat Garuda menghajar Brunei Darussalam 6-0 pada leg pertama playoff dan ketika mereka kalah 5-1 dari Irak pada laga perdana putaran kedua.

Editor: Kuswandi

Tag:  #situs #luar #negeri #perkirakan #maarten #paes #menepi #sebulan #karena #cedera #ernando #nadeo #siap #siap #jadi #pengganti

KOMENTAR