Tidak Ingin Bangun Dari Tempat Tidur Dan Berat Menjalani Hari, Lakukan 10 Tips Ini Agar Berenergi Di Pagi Hari
Ilustrasi malas bangun dari tempat tidur (Vika Glitter./pexels)
07:26
4 Oktober 2024

Tidak Ingin Bangun Dari Tempat Tidur Dan Berat Menjalani Hari, Lakukan 10 Tips Ini Agar Berenergi Di Pagi Hari

Depresi sering kali dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi berat dan terasa seperti tantangan, bahkan sekadar bangun dari tempat tidur.

Hubungan dengan tempat tidur menjadi sangat rumit, di satu sisi, tempat tidur adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat dari dunia yang penuh tekanan, tetapi di sisi lain, semakin lama kita berbaring di tempat tidur, semakin sulit untuk bangkit.

Perasaan lelah, kehilangan minat, dan berbagai gejala lain yang menyertai depresi sering kali membuat seseorang merasa terjebak di tempat tidur.

Namun, ada beberapa cara yang bisa membantu kita untuk mengatasi rasa malas bangun dan menjalani hari dengan lebih baik.

Dilansir dari laman Vogue India, Kamis (3/10) berikut adalah sepuluh tips yang dapat membantu Anda saat merasa kesulitan bangun dari tempat tidur:

1. Gerakkan tubuh sebelum bangun

Melakukan beberapa gerakan kecil di tempat tidur, seperti menggerakkan kaki dan mengangkat tubuh, dapat membantu menggerakkan energi di dalam tubuh.

Dengan cara ini, Anda mungkin merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk bangkit dari tempat tidur.

2. Mencoba alarm yang berbeda

Menggunakan aplikasi alarm yang memerlukan Anda melakukan tugas tertentu, seperti memindai kode batang atau bergerak ke tempat tertentu, dapat membantu Anda terbangun. Misalnya, menempatkan alarm di sisi lain ruangan akan memaksa Anda untuk bangun dan mematikannya.

3. Jauhkan barang-barang penting dari tempat tidur

Menyimpan obat atau kebutuhan penting lainnya jauh dari tempat tidur bisa memaksa Anda untuk bangun dan mengambilnya. Setelah Anda bangun, biasanya akan ada dorongan untuk melakukan aktivitas lain, seperti membuat kopi atau sarapan.

4. Berikan diri Anda reward

Menghadiahi diri sendiri dengan minuman atau makanan favorit bisa menjadi motivasi untuk bangun. Misalnya, Anda bisa menunggu segelas teh hangat atau secangkir kopi sebagai insentif untuk keluar dari tempat tidur.

5. Minum air untuk membangunkan diri

Kebiasaan minum air sebelum tidur dapat membantu Anda merasa perlu untuk bangun di pagi hari, karena rasa ingin buang air kecil yang mendesak. Begitu Anda bangun, biasanya Anda bisa melanjutkan dengan rutinitas pagi lainnya.

6. Meditasi pagi dari tempat tidur

Melakukan meditasi sederhana, seperti mengingat momen berharga dalam hidup, dapat membantu menenangkan pikiran dan memberikan motivasi untuk menjalani hari.

7. Siapkan segalanya di malam sebelumnya

Menyusun pakaian atau kebutuhan lainnya sebelum tidur dapat mengurangi rasa kewalahan di pagi hari. Dengan menyiapkan segalanya sebelumnya, Anda tidak perlu memikirkan apa yang harus dipakai di pagi hari.

8. Ajak teman untuk saling mendukung

Memiliki teman yang menghubungi Anda setiap pagi untuk memastikan Anda bangun bisa menjadi dukungan yang kuat. Dengan cara ini, Anda tidak merasa sendirian dalam perjuangan ini.

9. Punya hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan yang bergantung pada Anda untuk diberi makanan dan perhatian dapat menjadi pendorong untuk bangun. Kehadiran mereka bisa memberi Anda tujuan untuk beranjak dari tempat tidur.

10. Turunkan ekspektasi saat bangun

Beri diri Anda izin untuk tidak harus melakukan banyak hal di pagi hari. Mengizinkan diri untuk bangun dan hanya mengenakan pakaian santai, meski Anda hanya berpindah ke sofa, bisa membuat perbedaan besar.

Menghadapi depresi dan kesulitan untuk bangun dari tempat tidur bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan beberapa strategi sederhana dan dukungan dari lingkungan sekitar, Anda dapat menemukan cara untuk memulai hari dengan lebih baik.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tidak #ingin #bangun #dari #tempat #tidur #berat #menjalani #hari #lakukan #tips #agar #berenergi #pagi #hari

KOMENTAR