10 Tanda Seseorang Sedang Depresi dan Sangat Tidak Bahagia dalam Hidup, Menurut Psikologi
Ilustrasi seseorang yang sedang depresi (freepik)
16:02
3 Oktober 2024

10 Tanda Seseorang Sedang Depresi dan Sangat Tidak Bahagia dalam Hidup, Menurut Psikologi

Kebahagiaan adalah bagian penting dari kehidupan yang memuaskan, dan Anda tidak akan pernah benar-benar tahu apa yang sedang dialami seseorang, kecuali Anda memperhatikannya dengan saksama.

Dilansir JawaPos.com dari laman YourTango, Kamis (3/10), ada beberapa tanda yang tidak begitu terlihat yang menunjukkan bahwa seseorang dalam hidup Anda sangat tidak bahagia. Berikut tanda-tandanya:

1. Mereka mengisolasi diri mereka sendiri

Menurut penelitian dalam “General Psychiatry,” isolasi adalah mekanisme penanganan yang dirancang untuk mengatasi kekhawatiran dan stres, serta menghindari interaksi manusia. Namun, seseorang yang memiliki perilaku ini cenderung menderita depresi dan kecemasan.

Hal ini membuat mereka sangat tidak bahagia. Jadi bila seseorang dalam hidup Anda mengatakan mereka lebih suka menyendiri, dan menolak melakukan kontak dengan sesama, ini pertanda jelas bahwa mereka sangat tidak bahagia.

2. Mereka memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pola makan yang buruk dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit ditemukan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, atau diabetes tipe dua.

Namun, pola makan yang buruk juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Penelitian dari Journal of the Missouri State Medical Association menetapkan bahwa kekurangan vitamin B12, B9, dan seng menyebabkan depresi, suasana hati yang buruk, kelelahan, penurunan kognitif, dan mudah tersinggung.

3. Mereka merasa terus-menerus terkuras

Merasa lelah sepanjang waktu bukanlah hal yang normal dan bisa jadi merupakan tanda kelelahan. Menurut Institute for Quality and Efficiency in Health Care, gaya hidup yang penuh tekanan membuat orang tertekan dan menyebabkan perasaan lelah dan jenuh.

Meskipun jenuh mungkin tampak tidak penting, hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, yang menyebabkan kelelahan emosional dan spiritual, rasa lelah, depresi, dan kecemasan.

4. Mereka mengalami perubahan suasana hati

Merasa mudah tersinggung dan membentak orang lain merupakan tanda seseorang sangat tidak bahagia, entah karena hubungan, pekerjaan, atau faktor di luar kendalinya.

Orang yang tenang biasanya tidak merasa ingin membentak atau menyerang seseorang untuk membuktikan pendapatnya.

Sebaliknya, jika seseorang benar-benar tenang dan damai, mereka akan menjauh atau melakukan percakapan yang sopan. Namun, orang yang sudah kehabisan akal merasa tidak punya ruang untuk bernapas, yang menyebabkan perubahan suasana hati.

5. Mereka cenderung melamun

Tanda besar seseorang sangat tidak bahagia dalam hidup adalah mereka sering melamun, terutama saat bersosialisasi dengan orang lain.

Mereka mungkin sedang banyak pikiran dan sedang memikirkan bagaimana cara melanjutkan hidup.

6. Mereka banyak tidur

Tentu saja, orang-orang butuh istirahat, tetapi tidur berlebihan bisa jadi pertanda depresi atau kelelahan. Terlalu banyak tidur bisa jadi hal yang buruk, karena dapat menyebabkan penyakit kejiwaan dan BMI yang lebih tinggi.

7. Mereka kehilangan minat pada hobi mereka

Anhedonia adalah kondisi ketika seseorang kehilangan minat atau kesenangan terhadap sesuatu. Kondisi ini merupakan tanda utama depresi, tetapi jarang menjadi sasaran penanganan pasien dengan gangguan mental.

Oleh karena itu, orang yang mengalami anhedonia akhirnya memiliki hasil perawatan yang buruk, yang menyebabkan mereka kembali mengalami depresi. Anhedonia menyebabkan hilangnya motivasi, rasa keterhubungan, dan pemahaman terhadap situasi.

8. Mereka terlalu kritis terhadap diri mereka sendiri

Orang yang terlalu kritis terhadap diri sendiri cenderung memiliki harga diri yang rendah karena mereka tidak memiliki rasa kasihan terhadap diri sendiri. Hal ini dapat menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia, bahkan cenderung depresi.

9. Mereka mengalami rasa sakit fisik yang tidak dapat dijelaskan

Mengalami rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan secara terus-menerus bisa jadi merupakan tanda bahwa seseorang sangat tidak bahagia atau sakit mental dan membutuhkan pertolongan.

Nyeri fisik kronis dapat dikaitkan dengan penyalahgunaan zat dan penyakit mental. Banyak orang yang mengalami nyeri kronis juga menderita depresi dan gangguan kepribadian, yang menyebabkan mereka merasa tidak puas.

10. Mereka melihat sisi terburuk dalam segala hal

Tidak dapat merasakan kegembiraan atau terus-menerus menemukan sisi buruk dalam situasi yang baik merupakan tanda bahwa seseorang sangat tidak bahagia. Jika ada yang mengalami kesulitan untuk tetap bersikap positif, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #seseorang #sedang #depresi #sangat #tidak #bahagia #dalam #hidup #menurut #psikologi

KOMENTAR