Jerawat Hormonal Ganggu Penampilan? Berikut Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya
Ilustrasi teh hijau untuk pengobatan jerawat hormonal. (Freepik)
20:14
28 September 2024

Jerawat Hormonal Ganggu Penampilan? Berikut Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya

 

 Siapa yang tidak dipusingkan dengan jerawat? Salah satu kondisi yang kerap terjadi di kulit wajah ini dialami oleh banyak orang. Sebagian besar orang dengan kondisi kulit berminyak cenderung mengalaminya.

Namun, beberapa di antaranya ada yang terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuh, sehingga tak jarang banyak yang mengalaminya. Bahkan, tak sedikit yang melakukan beragam pengobatan, baik itu alami (tradisional), bantuan produk perawatan kulit (skincare), tindakan facial treatment, atau konsultasi ke ahli.

Dilansir dari Healthline, jerawat yang dikenal dengan jerawat hormonal ini kerap dikaitkan dengan masa pubertas seseorang. Adapun penyebabnya pada orang dewasa dapat bervariasi, yakni:

  • Haid
  • Menopause
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Stres yang berlebihan

Sementara itu, jerawat hormonal juga terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari komedo putih, komedo, papula, pustula, dan nodul, di mana pengobatannya disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat.

Serupa dengan permasalahan jerawat pada umumnya, dalam penanganan jerawat hormonal juga bisa dilakukan dengan pengobatan alami, dengan tujuan mengurangi dan mencegah keparahan, termasuk bekasnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengobati masalah jerawat hormonal? Dikutip dari Health, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat jenis ini, seperti:

  • Rutin membersihkan wajah dua kali sehari
  • Menggunakan obat jerawat topikal
  • Pilih pelembap yang bebas minyak dan non-komedogenik
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga
  • Kurangi stres
  • Mengurangi konsumsi susu sapi
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis
  • Penggunaan pil KB yang mengandung estrogen dan progesterone

Selain melakukan cara di atas, dalam penanganan jerawat hormonal, mengutip dari India Today juga dapat dilakukan dengan mengoleskan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah pada area kulit yang berjerawat, antara lain:

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh dikenal dengan sifatnya yang antibakteri dan antiperadangan, sehingga baik untuk mengurangi masalah lesi jerawat di kulit wajah. Dalam penggunaannya, Anda bisa menambahkan dalam rutinitas harian dengan mengencerkan minyaknya.

Lidah buaya

Tumbuhan dikenal dengan aloe vera ini mempunyai efek yang menenangkan dan antiperadangan. Oleh sebab itu, lidah buaya cocok untuk menenangkan kulit yang sedang iritasi dan bisa mempercepat penyembuhan.

Teh hijau

Mengoleskan ekstrak teh hijau atau mengonsumsinya sebagai minuman dapat membantu mengurangi produksi sebum yang berlebih pada kulit wajah Anda, bahkan meredakan peradangan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel sudah tidak asing lagi digunakan untuk pengobatan jerawat karena kandungannya sebagai agen astringent dan antibakteri, sehingga dapat membantu untuk mengendalikan tingkat pH kulit.

Teh peppermint

Selain mempunyai rasa yang unik dan enak, teh peppermint juga bermanfaat untuk mengurangi kadar androgen yang membantu dalam mengatasi jerawat hormonal di kulit wajah Anda.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jerawat #hormonal #ganggu #penampilan #berikut #pengobatan #alami #yang #bisa #dilakukan #untuk #mengatasinya

KOMENTAR