Ketahui Sebelum Menjalin Hubungan! 7 Tanda Seseorang Bukan Pria Baik, Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang kurang baik untuk menjalin hubungan. (Freepik)
18:22
26 September 2024

Ketahui Sebelum Menjalin Hubungan! 7 Tanda Seseorang Bukan Pria Baik, Menurut Psikologi

Mengetahui seseorang itu baik atau tidak tentu bukanlah hal mudah. Beberapa dari kita mungkin tidak pandai menilai karakter seseorang, meskipun itu orang yang sudah lama kita kenal atau orang yang baru kita kenal.

Terdapat perbedaan tipis antara orang yang sungguh-sungguh baik dan orang yang berpura-pura. Khususnya pada seorang pria, yang mungkin menggambarkan diri mereka sebagai penguasa sejati, tetapi tindakan mereka menunjukkan karakter yang sebaliknya.

Dilansir dari geediting.com, psikologi memiliki wawasan mengenai tanda-tanda kecil yang menunjukkan bahwa seorang pria tidak sebaik yang terlihat. Ini cukup dipercaya, beberapa orang yang pintar mampu mengenali tanda-tanda ini.

Berikut tujuh tanda kecil yang dapat memberikan gambaran tentang karakter pria yang tidak cukup baik, menurut psikologi.

1. Agresif

Perilaku agresif dalam bentuk apapun tidak dapat diabaikan. Jika seorang pria memiliki perilaku agresif, mereka memiliki kecenderungan untuk menyerang secara fisik atau verbal, meskipun dalam masalah kecil.

Namun, menurut psikologi, pria yang agresif dapat terlihat ketika mereka sedang merajuk, bersikap diam, atau mengeluarkan kata-kata sinis. Perilaku ini adalah bentuk manipulasi emosional

Orang yang baik tidak akan menggunakan cara agresif saat menghadapi masalah. Jadi, jika seorang pria sering menunjukkan perilaku agresif, itu mungkin pertanda dia tidak sebaik yang Anda bayangkan.

2. Tidak Konsisten

Tidak konsisten menjadi tanda yang sangat sulit untuk dikenali, tetapi ini juga merupakan tanda yang penting. Pria yang kurang baik cenderung memberikan banyak janji.

Seperti contoh hari ini mereka membicarakan tentang masa depan hubungan, tetapi keesokan harinya dia menganggap pasangannya seperti seorang kenalan biasa. Hal ini membuat Anda akan merasa frustasi dan bingung secara mental.

Menurut psikologi, ketidakkonsistenan sering kali mencerminkan ketidakmampuan seorang pria untuk berkomitmen atau bertanggung jawab. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa mereka sedang memanipulasi perasaan Anda untuk keuntungan mereka sendiri.

Jadi, jika Anda bertemu dengan pria yang tindakan dan ucapannya sering tidak konsisten, bisa jadi itu merupakan tanda ia bukanlah pria yang baik.

3. Kurang empati

Psikologi menunjukkan empati merupakan sifat yang penting bagi setiap orang baik. Empati sendiri adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Empati adalah bentuk toleransi yang menyatukan hubungan.

Namun, pria yang kurang berempati mungkin tidak peduli dengan perasaan Anda atau orang lain. Ia akan lebih fokus pada kebutuhan dan keinginannya sendiri, bahkan jika harus mengorbankan orang lain.

Hal ini tidak terlihat jelas, tetapi tanda ini dapat terlihat secara halus ketika ia mengabaikan perasaan Anda atau menunjukkan ketidakpedulian terhadap pengalaman orang lain.

Pria yang kurang empati bisa menjadi tanda samar bahwa mereka bukan orang baik, jadi, sebaiknya Anda berhati-hati terhadap sifat ini.

4. Egois

Sikap mementingkan diri sendiri adalah tanda yang perlu Anda waspadai. Orang yang baik akan memahami bahwa hidup bukan hanya tentang mereka.

Pria yang tidak egois akan menunjukkan keterikatan pada orang lain dan cenderung mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan orang lain. Namun, pria yang egois seringkali mengutamakan kebutuhannya sendiri.

Ciri pria yang egois, mereka mungkin punya salah satu kecenderungan seperti mendominasi percakapan, membuat Keputusan tanpa pertimbangan orang lain, atau mengabaikan perasaan Anda.

Penting untuk Anda membedakan kepercayaan diri dan keegoisan. Karena bersama dengan pria yang egois akan membentuk hubungan yang tidak sehat.

5. Tidak Jujur

Kejujuran adalah dasar dari kepercayaan dalam menjalin hubungan. Jika seorang pria selalu memiliki alasan atas kesalahan mereka itu pertanda orang yang kurang baik. Mereka selalu bersikap defensif apabila melakukan kesalahan.

Psikologi menunjukkan bahwa ketidakjujuran yang terus-menerus, bahkan dalam hal kecil adalah tanda dari orang yang tidak baik. jika seorang pria selalu berbohong walaupun tentang hal kecil, itu mungkin pertanda dia bukan orang yang baik.

Semua orang pasti tidak ingin menjalin hubungan yang penuh dengan kebohongan. Jadi, jangan abaikan tindakan-tindakan kecil yang tidak jujur karena itu mungkin pertanda pria tersebut tidak baik untuk menjalin hubungan bersama.

6. Tidak menghormati

Rasa hormat adalah kunci dalam berinteraksi, baik dengan teman, anggota keluarga, atau pasangan. Seorang pria yang tidak terlalu baik mungkin menunjukkan tanda tidak bisa menghormati orang lain.

Ini bisa terlihat ketika mereka berbicara seperti merendahkan Anda atau meremehkan pencapaian Anda. Namun, terkadang hal itu terlihat seperti sebuah interupsi, jadi tidak mudah untuk melihat perilaku pria yang tidak menghormati Anda.

Tindakan ini juga bisa menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap perasaan Anda. Terkadang pria yang kurang baik cenderung menganggap remeh perasaan Anda, sehingga mereka dapat seenaknya sendiri.

7. Kurang bertanggung jawab

Kemampuan untuk bertanggung jawab atas tindakannya sendiri adalah tanda paling jelas dari orang baik. Bila seorang pria tidak pernah mengakui kesalahannya, selalu menyalahkan orang lain atau keadaan itu adalah tanda pria yang kurang baik.

Seorang pria baik akan bertanggung jawab atas segala tindakannya, seperti meminta maaf ketika telah melakukan kesalahan dan mencoba memperbaiki kesalahan tersebut.

Jadi, pria yang kurang bertanggung jawab akan sangat susah untuk menjalin hubungan jangka panjang dan membentuk keluarga yang harmonis. Mereka cenderung menyebabkan kesalahpahaman dan luka dalam hubungan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ketahui #sebelum #menjalin #hubungan #tanda #seseorang #bukan #pria #baik #menurut #psikologi

KOMENTAR