Rekomendasi 10 Anime Detektif Terbaik yang Wajib Masuk Daftar untuk Ditonton Satu Kali dalam Hidup
Detective Conan adalah salah satu anime yang paling populer di Indonesia. (Illuminerdi)
22:06
24 September 2024

Rekomendasi 10 Anime Detektif Terbaik yang Wajib Masuk Daftar untuk Ditonton Satu Kali dalam Hidup

 

 

Anime detektif menyajikan cerita tentang bagaimana sekelompok atau seorang individu mengungkap kasus pelik. Kasusnya tidak melulu pembunuhan, tapi bisa jadi pencurian, pengancaman, atau misteri aneh lainnya.

Setiap serial juga punya ciri khas masing-masing. Ada detektif yang bekerja secara mandiri, tanpa keterlibatan polisi. Ada juga yang berkelompok dan merupakan anggota kepolisian.

Selain itu, sejumlah detektif punya kemampuan supranatural untuk membantu pekerjaannya. Yang lainnya mengandalkan intuisi dan keahlian deduksi mereka untuk mengungkap kasus.

Karakter yang disajikan pun menarik. Metode mereka menyelesaikan kasus tidak konvensional. Sementara, mereka juga tampil keren, bahkan tak seperti detektif nerd yang kikuk.

Di sisi lain, mereka menyimpan misteri tentang diri mereka yang perlu diungkap dan digali lebih dalam. Tak jarang, misteri itu menjadi motivasi bagi mereka untuk menjadi detektif.

Sebagian besar anime detektif ini terinspirasi sosok Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Tapi, masing-masing punya gaya penceritaan tersendiri.

Apa saja anime detektif terbaik yang wajib masuk daftar tonton? Simak rekomendasinya berikut!

1. Bungou Stray Dogs

Bungou Stray Dogs jelas merupakan anime detektif dengan penulisan terbaik yang pernah ada. Serial ini menyajikan karakter yang dinamai seperti para sastrawan kondang Jepang dan dunia. Nama-nama ini juga berpengaruh pada kemampuan mereka.

Bungou Stray Dogs berfokus pada seorang cowok berusia 18 tahun, Atsushi Nakajima. Setelah bertemu dua orang aneh di pinggir sungai, dia akhirnya tahu kalau punya kekuatan untuk berubah menjadi harimau. Atsushi kemudian direkrut Agensi Detektif Bersenjata (ADA).

Mengutip CBR, agensi itu berisi para detektif yang tidak hanya cerdas, tapi punya kemampuan supranatural yang luar biasa untuk mengungkap misteri yang terjadi di Yokohama. Sifat dan kemampuan yang dipunyai para tokoh di serial ini dicocokkan dengan karya mereka. Inilah yang membuat Bungou Stray Dogs unik.

Bungou Stray Dogs dirilis pada 2016. Dibuat Studio Bones, serial itu sudah berjalan sepanjang 5 season dengan total 61 episode. Bungou Stray Dogs bisa ditonton di sejumlah layanan streaming seperti Netflix, Bstation, Prime Video, iQIYI, dan lain-lain.

2. Detective Conan

Detective Conan sangat populer di kalangan pecinta anime detektif di Indonesia. Serial ini pernah tayang di salah satu stasiun televisi swasta nasional pada akhir 90-an atau awal 2000-an. Makanya, tak heran banyak yang tahu.

Detective Conan berkisah tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA jenius yang berubah menjadi bocah SD kelas 1 setelah dipaksa minum obat misterius. Demi menyembunyikan identitas aslinya agar tidak dibunuh, Shinichi menggunakan nama Conan Edogawa.

Mengutip CBR, nama Conan Edogawa terinspirasi dari nama Sir Arthur Conan Doyle dan sastrawan Jepang, Ranpo Edogawa. Dengan identitas baru itu, Shinichi tetap menjalankan profesinya sebagai detektif, membantu polisi dan orang-orang terdekatnya, sekaligus menguak misteri terhadap apa yang terjadi pada dirinya.

Detective Conan kali pertama dirilis pada 1996. Anime itu diproduksi TMS Entertainment. Sampai saat ini, Detective Conan termasuk salah satu serial terpanjang dengan 1100 lebih episode dan belum selesai.

3. Death Note

Death Note adalah salah satu anime terbaik yang pernah dibuat. Serial ini memang tidak secara langsung berkisah tentang detektif. Alih-alih, anime ini berfokus pada penjahatnya.

Death Note bercerita tentang Light Yagami, seorang anak SMA jenius yang menemukan sebuah buku tulis misterius. Dengan buku bernama Death Note itu, Light menuliskan nama para penjahat yang dia nilai layak mati dan mereka benar-benar mati.

Mengutip CBR, dengan mengasumsikan identitas sebagai Kira, Light mulai membunuh para penjahat itu. Perbuatan ini menarik perhatian seorang detektif terkenal, L Lawliet. Permainan kucing-kucingan antara Light dan L pun berlangsung.

Death Note diproduksi Madhouse pada 2006. Dengan total 37 episode, anime ini telah diadaptasi menjadi serial live-action. Death Note bisa ditonton di sejumlah layanan streaming seperti Netflix dan Bstation.

4. B: The Beginning

B: The Beginning punya latar mirip Bungou Stray Dogs. Serial ini mengkombinasikan kerja detektif dengan kekuatan supranatural dan manusia super. Tapi, serial ini punya nada yang lebih serius.

B: The Beginning punya dua cerita yang berjalan secara berurutan. Cerita pertamanya tentang seorang detektif yang dipanggil bertugas kembali untuk menangkap seorang pembunuh berantai. Sementara yang kedua adalah tentang kekuatan supranatural dan manusia super.

Mengutip CBR, serial ini punya twist and turn di dalam plot yang membuat penontonnya enggan berpaling. Ada yang bisa ditebak, tapi, yang tidak bisa ditebak akan membuat ceritanya jadi lebih mengasyikkan.

B: The Beginning diproduksi Production I.G secara eksklusif untuk Netflix. Serial ini baru punya satu season yang terdiri atas 12 episode saat dirilis pada 2018.

5. The Millionaire Detective Balance: Unlimited

The Millionaire Detective Balance: Unlimited merupakan serial anime yang utamanya berlatar pada kerja aparat kepolisian. Anime ini berfokus pada kinerja dua mitra di dalamnya, Haru Kato dan Daisuke Kambe, yang punya kepribadian berbeda.

Di serial ini, Haro Kato adalah seorang detektif veteran yang dipindahtugaskan dari unit eksklusif di kepolisian Tokyo ke unit lain yang tak terlalu terkenal. Di sana, dia dipaksa bermitra dengan Daisuke Kambe, seorang petugas baru yang sangat kaya raya dan menggunakan uangnya untuk apa pun, termasuk menyelesaikan tugasnya.

Mengutip CBR, dinamika Haru dan Daisuke tidak selalu bekerja dengan baik. Haru tidak suka cara Daisuke yang menghambur-hamburkan uang. Serial ini dengan mulus menunjukkan perbedaan perspektif mereka dan bagaimana kerja mereka sebagai tim.

The Millionaire Detective Balance: Unlimited dirilis pada 2020. Serial ini diproduksi CloverWorks dan baru punya satu season dengan 11 episode. Anime ini bisa ditonton secara legal di Bstation.

6. Ron Kamonohashi’s Forbidden Deductions

Ron Kamonohashi’s Forbidden Deductions hampir mirip The Millionaire Detective Balance: Unlimited dalam hal protagonisnya. Serial ini juga mempertemukan dua karakter dengan latar belakang dan kepribadian yang sangat berbeda.

Mengutip Ranker, di Ron Kamonohashi’s Forbidden Deductions, seorang detektif muda, Totomaru Isshiki, sudah putus asa untuk bisa menjadi bagian tim investigasi karena dianggap tidak mumpuni. Dia lalu disarankan menemui seorang mantan detektif bernama Ron Kamonohashi.

Dulunya, Ron adalah detektif yang sangat mumpuni, tapi karena sebuah insiden, dia mundur dan hidup menyendiri. Sebenarnya, Ron enggan membantu Totomaru. Tapi, melihat semangat dan kepolosan polisi itu, Ron akhirnya bersedia membantunya untuk menyelesaikan kasus.

Ron Kamonohashi’s Forbidden Deductions terinspirasi dari Sherlock Holmes. Banyak unsur detektif itu di serial ini. Anime ini diproduksi Diomedea pada 2023. Season 1-nya punya 12 episode yang tayang di Netflix, Bstation, dan lain-lain. Season 2-nya akan dirilis bulan depan.

7. Monster

Monster punya latar cerita dan alur berbeda dari kebanyakan anime detektif di daftar ini. Serial ini berfokus pada seorang dokter bedah yang mengejar seorang pembunuh berantai yang secara tidak sengaja dia selamatkan nyawanya.

Mengutip CBR, dokter bedah itu, Kenzo Tenma, terjerat plot berbahaya setelah memilih untuk mengoperasi seorang anak korban luka tembak ketimbang wali kota. Setelah itu, teman sekerjanya tewas secara misterius.

Tenma dituding sebagai pelakunya. Tapi, dia bertekad menunjukkan kalau dia tidak bersalah. Alih-alih berjalan dengan mudah, dia malah terjebak dalam dunia yang penuh kebohongan, tipuan, dan misteri, sementara pembunuhan terus terjadi.

Monster adalah salah satu anime thriller terbaik yang pernah dibuat. Serial ini diproduksi Madhouse pada 2004 dengan 74 episode. Monster diangkat dari manga karya Naoki Urasawa dan bisa ditonton di Netflix.

8. Psycho-Pass

Psycho-Pass berfokus pada kinerja sebuah unit polisi di Jepang masa depan. Serial ini memadukan misteri dan politik dengan sangat baik. Akane Tsunemori, seorang polisi.

Di dunia Psycho-Pass, sebuah sistem bernama Sistem Sibyl mengendalikan semuanya. Dikutip dari CBR, sistem itu mengukur biometrik psikis manusia. Sistem ini akan menentukan manusia mana yang berpotensi melakukan kejahatan di masa depan.

Sistem ini dianggap kontroversial, yang bahkan polisi pun ada yang tidak setuju. Mereka yang terdeteksi akan menjadi penjahat di masa depan akan diisolasi dan “dimurnikan”. Namun, tidak semua orang bisa dideteksi sistem tersebut.

Psycho-Pass mengemukakan seperti apa korupsi sistem keadilan dan dampaknya. Serial ini dibuat Production I.G dan dirilis pada 2012. Dengan 3 season, anime ini sudah punya total 41 episode. Psycho-Pass bisa ditonton di sejumlah layanan streaming seperti Netflix dan Prime Video.

9. Gosick

Gosick punya latar klasik dengan mengambil masa pada 1920-an. Dengan kondisi masa itu, serial ini akan membawa penonton pada metode menyelesaikan misteri dengan cara yang sangat konvensional tanpa teknologi modern.

Gosick mengisahkan tentang Victorique de Blois. Dia adalah seorang cewek cerdas yang tahu bagaimana cara mengungkapkan setiap misteri di hadapannya.

Mengutip CBR, suatu hari, Victorique bertemu Kazuya Kujo, seorang cowok asal Jepang yang bersekolah di tempat yang sama dengannya, St. Marguerite. Berdua, mereka menyelesaikan berbagai misteri dan cinta pun bersemi di antara mereka.

Gosick menyajikan berbagai macam misteri hingga pembunuhan berantai. Serial ini dirilis pada 2011. Diproduksi Studio Bones, Gosick bisa ditonton secara marathon untuk 24 episodenya.

10. Black Butler

Black Butler, mirip seperti Gosick, berlatar di era kuno. Serial ini mengambil lokasi di Inggris di era Victorian. Sekilas, Black Butler bukanlah serial detektif, meskipun ceritanya memperlihatkan kerja untuk mengungkapkan misteri.

Mengutip CBR, Black Butler berkisah tentang Ciel Phantomhive, seorang bangsawan muda. Orang tua Ciel tewas dalam sebuah kebakaran misterius. Bertekad mengungkapkan insiden itu, Ciel membuat kesepakatan dengan Iblis, yang merupakan kepala pelayannya, Sebastian Michaelis.

Setelah season 1, orang akan menyaksikan bagaimana duo itu mengungkapkan berbagai macam misteri. Terkadang, mereka mendapatkan bantuan dari orang lain.

Black Butler kali pertama dirilis pada 2008. Serial ini sudah berjalan sebanyak 4 season dengan total 43 episode. Diproduksi A-1 Pictures, Black Butler bisa ditonton di sejumlah layanan streaming resmi seperti Bstation dan Netflix. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rekomendasi #anime #detektif #terbaik #yang #wajib #masuk #daftar #untuk #ditonton #satu #kali #dalam #hidup

KOMENTAR