8 Manfaat Push-Up yang Jarang Diketahui, Olahraga Sederhana Namun Melibatkan Banyak Otot Sekaligus
Ilustrasi seorang pria sedang melakukan push up. (Pexels)
21:36
23 September 2024

8 Manfaat Push-Up yang Jarang Diketahui, Olahraga Sederhana Namun Melibatkan Banyak Otot Sekaligus

 

 

 – Orang yang rajin berolahraga, memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit. Aktif berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, serta memberikan nutrisi dan oksigen ke sel-sel otak.

Selain berfungsi menjaga berat badan dan mencegah penyakit, saat berolahraga tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit dan memberikan energi positif pada tubuh.

Jika gagasan tentang olahraga secara teratur terkesan rumit dan merepotkan, push-up akan menjadi salah satu solusinya. Push-up merupakan salah satu gerakan olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah atau di mana pun.

Meskipun tidak memerlukan alat atau tempat khusus, melakukan olahraga ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, dilansir dari Real Simple, berikut delapan manfaat push-up yang jarang diketahui:

  1. Melibatkan banyak otot sekaligus

Gerakan push-up merupakan aktivitas yang lebih banyak menggunakan otot bagian atas, termasuk dada, bahu, trisep, dan otot inti. Gerakan ini termasuk sederhana juga menghemat waktu, meskipun hasilnya dapat memperkuat otot perut, dada, punggung dan tungkai, sekaligus menggerakkan seluruh tubuh.

  1. Mendukung postur yang lebih baik

Meskipun lebih banyak menggunakan otot bagian atas, push-up juga mengharuskan Anda menggunakan otot inti untuk menstabilkan tubuh selama melakukan gerakan. Aktivasi inti ini akan memperkuat otot perut, punggung bawah, dan pinggul, menstabilkan tulang belakang, dan memperbaiki postur tubuh Anda.

  1. Dapat mengurangi risiko cedera

Melakukan gerakan push-up, memiliki risiko cedera yang lebih rendah serta membantu mencegah nyeri, sakit, dan cedera. Olahraga sederhana ini bisa dilakukan di rumah, tanpa alat bantu, dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun, namun tetap perlu diperhatikan untuk melakukan gerakannya dengan benar, jika dirasa Anda mengalami kesulitan dalam melakukannya, Anda bisa memulai dengan menambahkan tumpuan di lutut, atau biasa disebut half push-up.

  1. Dapat membantu mencegah dan mengurangi nyeri punggung

Push-up juga dapat membantu mengurangi nyeri punggung karena gerakannya yang memperkuat otot inti. Latihan tersebut menstabilkan tulang belakang dan meningkatkan kontrol neuromuskular. Aktivitas ini dapat mengaktifkan seluruh torso, yang mengurangi tekanan pada punggung bawah, serta meminimalkan risiko cedera dan nyeri.

  1. Mendukung aktivitas sehari-hari

Kekuatan tubuh bagian atas yang Anda peroleh dari push-up, seperti otot perut, dada, punggung, dan torso, dapat membantu Anda melakukan tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Aktivitas seperti mengangkat galon, atau membawa belanjaan tidak akan terasa berat, karena olahraga ini telah membantu melindungi tulang belakang dan mencegah nyeri punggung bagian bawah.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Push-up bisa menjadi salah satu bentuk latihan kardiovaskular, hal ini penting karena aktivitas kardiovaskular dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah, sehingga berdampak positif pada kesehatan jantung.

  1. Mendukung kesehatan tulang

Aktivitas push-up merupakan latihan menahan beban dan ketahanan yang berfokus pada kekuatan otot dan tulang di daerah dada dan lengan, ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

  1. Memudahkan untuk mempertahankan rutinitas latihan

Kebanyakan orang sulit konsisten pada rutinitas olahraga karena memerlukan tempat atau peralatan khusus, padahal kondisinya sedang tidak memungkinkan. Sedangkan olahraga push-up tidak memerlukan alat bantu, sehingga Anda bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun, baik di rumah ataupun saat bepergian.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #push #yang #jarang #diketahui #olahraga #sederhana #namun #melibatkan #banyak #otot #sekaligus

KOMENTAR