Air Mata Gampang Bocor! Ini Deretan Tipe Kepribadian MBTI yang Rentan Sedih, Perasaannya Sensitif dan Emosional
Ilustrasi 5 tipe MBTI yang paling rentan sedih./Pexeles
11:22
22 September 2024

Air Mata Gampang Bocor! Ini Deretan Tipe Kepribadian MBTI yang Rentan Sedih, Perasaannya Sensitif dan Emosional

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa sedih. Abis putus, kehilangan orang tersayang, atau hanya karena hormon aja bisa membuat seseorang bersedih.

Nggak jarang saking emosionalnya, rasa sedih itu bermuara pada air mata yang tak kuasa ditahan.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk merespon rasa sedih yang mereka alami. Ada yang langsung menangis, ada pula yang pintar mengontrol emosinya.

Nggak hanya itu, kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator diduga dapat memengaruhi cara seseorang dalam merespon rasa sedih.

Orang dengan tipe kepribadian tertentu akan lebih rentan ketika dihadapkan pada sesuatu yang membuatnya sedih.

Dilansir dari psychologyjunkie.com, ada 5 tipe MBTI yang paling rentan sedih.

1. ISTJ

ISTJ dikenal sebagai orang yang tenang dan dapat diandalkan. Mereka bukan tipe orang yang gemar mengumbar perasaan, terutama saat ada banyak pekerjaan atau kegiatan yang cukup padat.

Namun, saat mereka sendiri atau setelah pekerjaannya selesai, mereka akan lebih mudah mengungkapkan kesedihan itu tanpa takut dihakimi atau terekspos.

Di balik sifat tenang mereka, orang-orang dengan MBTI ini lebih sensitif dari yang terlihat.

Mereka akan tersentuh hanya dengan melihat iklan asuransi, film anak-anak, atau berbagai hal sepele yang mungkin tidak diduga banyak orang.

Namun, mereka harus merasa tenang demi orang lain dan beranggapan tidak terjadi apa-apa.

2. ESFP

Mungkin banyak yang terkejut dengan sisi ekstrovert yang rentan sedih ini. Dari luar, tipe ini mungkin terlihat menyenangkan, spontan, dan selalu optimis.

Orang-orang ESFP akan menjalani hari dengan sibuk dan menyenangkan, tetapi jika ada waktu di mana hidup terlalu membosankan, lambat, dan tenang, mereka cenderung akan terbawa oleh pikiran-pikiran sedih.

Sebagai orang yang ekstrovert, bisa saja saat semua hal menyenangkan yang biasa mereka lakukan itu berhenti, maka sisi perasaan introvert mereka akan lebih mengambil alih. Mereka akan lebih mudah memproses emosi dan hal sedih lainnya.

3. INFJ

INFJ memiliki perasaan yang mendalam. Bukan hanya karena emosi mereka tapi juga dipengaruhi oleh emosi orang lain.

Mereka seperti halnya mesin emosional yang dapat menyerap perasaan orang-orang di sekitarnya.

Sebagian mungkin berpandangan bagus, INFJ dikenal sebagai orang yang empati dan mengerti dengan dunia orang lain.

Tetapi untuk INFJ sendiri, hal ini dapat berarti penderitaan karena mereka menginginkan cara untuk memperbaiki segalanya, termasuk membantu orang tersebut.

Banyak orang penganut INFJ merasa sedih Ketika mereka tidak mampu membantu orang lain dan dunia yang baik seperti harapan mereka.

4. INFP

INFP kadang menganggap kesedihan memiliki keindahan tersendiri. Mereka dapat merasakan banyak hal secara mendalam yang selaras dengan dunia mereka yang emosional.

Mereka mungkin akan merasa sedih saat melihat kesenjangan yang terjadi antara cita-cita dan kenyataan yang mereka hadapi saat ini.

Bagi mereka, kesedihan sering kali menemukan pelampiasan yang kreatif atau pengalaman diri.

Misalnya dengan mendengarkan musik yang sesuai dengan emosi mereka, menonton film, menulis cerita, atau membuat karya seni lain untuk mengekspresikan rasa sedih yang mereka alami.

5. ENFJ

ENFJ cukup dekat dengan dunia emosional yang ada di sekitar mereka. Orang dengan tipe MBTI ini dapat menyerap emosi orang lain, bahkan terkadang ikut menyamakan dengan emosi mereka sendiri.

Kemampuannya untuk berempati dan peduli menjadikan berkah sekaligus kutukan.

Kemampuan ini mungkin akan membuat mereka mampu menciptakan suasana yang positif dengan orang lain.

Namun, di sisi lain, mereka kewalahan dengan emosi negatif yang diterima dari orang lain. Fakta bahwa banyak orang yang menderita dan sedih membuat mereka ikut terbawa dalam emosi tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mata #gampang #bocor #deretan #tipe #kepribadian #mbti #yang #rentan #sedih #perasaannya #sensitif #emosional

KOMENTAR