Merasa Tak Bahagia Seiring Bertambahnya Usia? Lakukan 5 Rahasia Kebahagiaan Ini, Menurut Psikologi
5 rahasia kebahagiaan jika Anda tak bahagia seiring bertambahnya usia (Freepik)
19:56
19 September 2024

Merasa Tak Bahagia Seiring Bertambahnya Usia? Lakukan 5 Rahasia Kebahagiaan Ini, Menurut Psikologi

- Banyak orang yang tak bahagia seiring dengan bertambahnya usia. Seharusnya mereka sudah tidak stres atau berpikir berlebih, malahan beban pikirannya bertambah.

Kebahagiaan adalah kondisi mental dan emosional yang baik. Kita semua menginginkannya tetapi mungkin tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Kebahagiaan dapat berasal dari kondisi pikiran Anda, pandangan hidup Anda, dan kemauan Anda untuk menerima situasi tertentu.

Anda memainkan peran terbesar dalam menentukan kebahagiaan Anda. Anda tidak dapat bergantung pada orang lain untuk menciptakan kebahagiaan bagi Anda.

Dilansir dari laman sunshineretirementliving.com oleh JawaPos.com, Kamis (19/9) jika Anda merasa tak bahagia seiring bertambahnya usia, maka lakukan 5 rahasia kebahagiaan ini menurut psikologi:

1. Mengubah pola pikir dan tetap optimis

Seseorang yang pemarah sepanjang hari, kesal dengan dunia, dan mengharapkan kekuatan luar untuk mengubah situasi seseorang tidak akan mencapai kebahagiaan.

Anda mungkin sedang mengalami masa sulit, di mana menjadi bahagia terasa hampir mustahil.

Mengubah pola pikir dan bersikap optimis dapat memberikan dampak yang sangat positif pada suasana hati dan situasi Anda.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan tindakan kebaikan untuk orang lain. Kita sering kali terpaku pada fokus pada diri sendiri dan melupakan dampak kita pada orang lain.

Dengan melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, Anda membiarkan diri Anda melampaui kebutuhan Anda, yang membuat orang tersebut bersyukur atas bantuan Anda dan merasa lebih puas karena Anda dapat mengulurkan tangan.

Ketika seseorang mengakui kebaikan dalam diri Anda, Anda mungkin langsung merasa lebih bahagia.

2. Lakukan hal yang Anda sukai

Di mana pun Anda berada dalam hidup, apakah Anda memasuki masa pensiun atau berpikir tentang perubahan karier, melakukan hal-hal yang Anda cintai dan sukai dapat menumbuhkan kebahagiaan.

Mungkin Anda suka membaca dan ingin mengikuti kelas menulis untuk menguji keterampilan Anda sebagai James Patterson berikutnya.

Jika Anda suka merajut atau merenda, buatlah selimut atau sepatu bot bayi untuk disumbangkan ke rumah sakit setempat atau tempat penampungan tunawisma.

Mengubah minat Anda menjadi sesuatu yang lebih berdampak kepada orang lain dapat membuat Anda merasa benar-benar bahagia.

Mencoba sesuatu yang baru bisa jadi menakutkan, tetapi menghasilkan kebahagiaan dan pencapaian.

Mungkin ada restoran baru di kota Anda, atau perpustakaan setempat menawarkan kelas komputer gratis yang ingin Anda coba.

Apa pun masalahnya, menciptakan pengalaman baru menghasilkan kebahagiaan dan memungkinkan Anda keluar dari kebiasaan buruk.

3. Habiskan waktu bersama dengan keluarga dan teman

Anda akan lebih bahagia jika Anda tidak terisolasi atau sendirian. Hubungan pribadi menghasilkan kebahagiaan.

Anda tidak perlu merencanakan sesuatu yang mahal atau rumit. Jalan-jalan sederhana di taman, pergi ke toko kelontong, atau makan malam di restoran favorit Anda sudah cukup untuk menciptakan kebahagiaan.

Yang penting bukanlah apa yang Anda lakukan dengan teman dan keluarga; yang penting adalah menghabiskan waktu bersama mereka.

Waktu tidak dapat dibeli atau diganti, jadi jika Anda cukup beruntung memiliki sistem pendukung yang kuat yang telah Anda bangun selama hidup Anda, hargai hubungan tersebut agar tetap terpenuhi dan bahagia.

4. Berlatihlah untuk meditasi

Meditasi menenangkan tubuh dan memberikan rasa rileks. Banyak orang merasa tidak punya waktu untuk berhenti sejenak setiap hari untuk memperhatikan nafas mereka.

Jika Anda meluangkan waktu, meskipun hanya beberapa saat setiap hari, Anda akan merasa lebih terpusat dan seimbang yang akan menuntun pada kebahagiaan.

Meditasi bisa jadi menakutkan jika Anda belum pernah mencobanya sebelumnya karena Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana.

Jika Anda memiliki telepon pintar, ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda unduh yang akan membantu Anda bermeditasi.

Atau carilah tempat yang tenang, pejamkan mata, dan cobalah untuk menenangkan pikiran. Sungguh menakjubkan betapa segarnya Anda bahkan setelah beberapa tarikan nafas pendek.

5. Tulislah hal berbeda setiap harinya

Cobalah menulis tiga hal berbeda yang membuat Anda bahagia setiap hari. Anda juga dapat menulis daftar lengkap semua hal yang membuat Anda bahagia.

Setelah Anda membuat jurnal selama beberapa saat, akan menyenangkan untuk kembali membaca hal-hal yang membuat Anda bahagia sebelumnya dan pasti akan membuat Anda tersenyum.

Mengidentifikasi hal-hal yang membuat Anda bahagia dapat tiba-tiba mengubah pandangan Anda dan membuat Anda merasa lebih berdaya.

Menulis adalah cara yang sangat baik untuk menyalurkan pikiran Anda dan, siapa tahu, mungkin Anda akan menemukan kunci kebahagiaan yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #merasa #bahagia #seiring #bertambahnya #usia #lakukan #rahasia #kebahagiaan #menurut #psikologi

KOMENTAR