Erina Gudono Kena Julid Media Kampus Pemberi Beasiswa S2, Ini 5 Fakta Pers Mahasiswa The Daily Pennsylvanian
Potret Erina Gudono (Instagram)
20:54
18 September 2024

Erina Gudono Kena Julid Media Kampus Pemberi Beasiswa S2, Ini 5 Fakta Pers Mahasiswa The Daily Pennsylvanian

Heboh Erina Gudono kena julid majalah kampus University of Pennsylvania, yakni The Daily Pennsylvanian, yang memberitakan gerakan menuntut beasiswa S2 istri Kaesang Pangarep itu dicabut.

Bahkan situs kampus itu juga ikut menulis bahwa menantu Presiden Joko Widodo itu mendapat previllage alias keistimewaan, sehingga disebut tidak layak menerima beasiswa.

"Beberapa orang Indonesia menyuarakan kekhawatiran mereka di media sosial, termasuk platform X dan Instagram, khususnya terkait pemberian beasiswa tersebut dinilai kurang layak," tulis pemberitaan The Daily Pennsylvanian yang diunggah pada Minggu, 15 September 2024.

Erina Gudono Kena Julid The Daily Pennsylvanian. (tangkap layar X)Erina Gudono Kena Julid The Daily Pennsylvanian. (tangkap layar X)

Penulisan berita ini berhasil membuat masyarakat Indonesia penasaran dengan fakta menarik situs tersebut. Berikut ini 5 fakta The Daily Pennsylvanian, dirangkum suara.com, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Roy Suryo Ajarkan Kaesang Pakai KBBI Soal Beda Nebeng dan Pinjam Jet Pribadi: Logikanya Terbalik

1. Nyaris berusia 1,5 abad

Pers mahasiswa ini pertama kali terbentuk melalui surat kabar yang diterbitkan pada 1885 silam. Sehingga kehebatannya bisa bertahan sampai nyaris 1,5 abad atau tepatnya 139 tahun, membuktikan situs tersebut bukanlah media pemberitaan sembarang.

2. Surat kabar kampus terbaik

Sejak 1894 silam, surat kabar ini berhasil terbit setiap hari, meski sempat tertunda karena perang dunia II. Namun sejak 1962 surat kabar ini melepaskan diri dari kampus dan jadi media independen.

Berkat konsitensi ini, tidak jarang pers mahasiswa ini dinilai sebagai salah satu surat kabar kampus terbaik di Pennsylvania atau Amerika Serikat.

Baca Juga: Bumil Elegan! 5 Artis Ini Kenakan High Heels saat Hamil, Erina Gudono Pakai Hermes Rp12 Juta

3. Sudah jadi perusahaan

Punya nama yang cukup besar, berhasil membuat media kampus tersebut jadi perusahaan. Tepat pada 1984, situs tersebut jadi sebuah perusahaan sehingga pendanaan hingga redaksi pemberitaan terpisah dari Universitas Pennsylvania.

4. Melibatkan mahasiswa

Tidak kurang dari 250 mahasiswa bekerja di media kampus tersebut, khususnya di departemen Bisnis dan Editorial. Bahkan editor dan manajernya digilir setiap tahun untuk mengelola operasional pers mahasisa tersebut.

5. Punya beberapa produk berita

Tidak hanya surat kabar yang kini juga berbentuk situs, The Daily Pennsylvanian juga memiliki produk pemberitaan lain yang dinaungi dari mulai majalah 34th Street dan Under the Button.

Bahkan ada juga buletin yang juga diedarkan pers mahasiswa tersebut yakni DP Daybreak, The Toast, Quaker Nation, Penn, Unbuttoned, dan Recruiter's Row.

Jadi walaupun namanya pers mahasiswa, situs berita independen ini pemberitaanya tidak perlu diragukan lagi. Demikian fakta di balik The Daily Pennsylvanian.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #erina #gudono #kena #julid #media #kampus #pemberi #beasiswa #fakta #pers #mahasiswa #daily #pennsylvanian

KOMENTAR