6 Kebiasaan Kerja Orang yang Tidak Sukses dan Mengalami Kemajuan dalam Hidupnya, Salah Satunya Terlalu Perfeksionis
Salah satu kebiasaan kerja orang yang tidak sukses adalah terlalu perfeksionisme (freepik)
19:28
17 September 2024

6 Kebiasaan Kerja Orang yang Tidak Sukses dan Mengalami Kemajuan dalam Hidupnya, Salah Satunya Terlalu Perfeksionis

Kita semua tahu bahwa seseorang yang nampaknya tidak ada kemajuan dalam kehidupan tidak peduli seberapa keras mereka sudah bekerja. Mereka bekerja keras tetapi tampaknya tidak pernah maju.

Banyak dari kita tidak memahami bahwa bekerja bukanlah hanya mencari penghasilan namun tentang bekerja cerdas.

Kebanyakan orang yang tidak pernah maju meskipun sudah bekerja adalah mereka terlalu bekerja keras tanpa peduli cara bekerja cerdas.

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak kecil tetapi seiring berjalannya waktu, kebiasaan-kebiasaan ini bisa menghambat seseorang dan menghentikan mereka dari mencapai potensi penuh mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa kebiasaan kerja paling umum dari orang-orang yang tidak sukses yang menghalangi mereka untuk berkembang dan mencapai tujuan mereka sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Selasa (17/9) sebagai berikut :

1. Menunda-nunda tugas penting

Salah satu alasan terbesar orang yang tidak pernah maju dalam hidup adalah karena mereka terus-menerus menunda tugas penting.

Mereka tahu apa yang perlu dilakukan tetapi mereka mencari segala alasan yang mungkin untuk menghindarinya.

Entah karena takut gagal, merasa kewalahan atau sekadar kurangnya motivasi. Intinya penundaan merupakan pembunuh diam-diam kemajuan.

Alih-alih menangani tugas besar secara langsung tetapi mereka justru mengisi waktu dengan pekerjaan yang menyita waktu atau gangguan yang tidak terlalu penting.

Akibatnya, tenggat waktu terlewati, sasaran tetap tidak tercapai dan mereka tetap terhenti di tempat yang sama.

Untuk mengatasi hal ini ada kiat praktisnya adalah Anda bisa membagi tugas penting Anda menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

Setelah itu, tetapkan tenggat waktu yang singkat dan realistis untuk setiap langkah. Mulailah dengan hanya 5 menit kerja yang terfokus.

2. Selalu menunggu “momen yang tepat”

Orang-orang yang tidak sukses sering kali memiliki kebiasaan menunggu waktu yang tepat untuk memulai sesuatu. Baik itu meluncurkan suatu proyek, melamar promosi atau mengambil risiko.

Intinya mereka ragu-ragu dan mengira mereka akan melakukannya ketika waktunya sudah tepat.

Masalahnya, momen yang sempurna memang jarang datang. Sebab hidup itu penuh dengan ketidakpastian dan menunggu semuanya berjalan sempurna hanya akan menyebabkan hilangnya kesempatan.

3. Terlalu perfeksionis

Mungkin terdengar aneh tetapi mengejar kesempurnaan sebenarnya dapat menghambat seseorang.

Anda mungkin berpikir bahwa bekerja dengan sempurna akan membawa kesuksesan tetapi pada kenyataannya.

Orang yang perfeksionis sering kali terpaku pada detail dan tidak pernah benar-benar menyelesaikan apa yang mereka mulai.

Mereka begitu fokus untuk membuat setiap hal kecil menjadi sempurna sehingga mereka akhirnya membuang-buang waktu dan tenaga pada hal-hal yang tidak terlalu penting.

Penyesuaian dan penyempurnaan yang terus-menerus ini berarti mereka melewatkan tenggat waktu, tertinggal dan sering kali tidak pernah mempublikasikan hasil kerja mereka.

4. Menyalahkan orang lain atas kegagalan mereka

Orang yang tidak sukses sering kali menolak bertanggung jawab atas kesalahan mereka. Alih-alih mengakui kegagalan mereka, mereka justru menyalahkan atasan, rekan kerja atau sistem.

Intinya selalu ada kesalahan orang lain bukan kesalahan mereka sendiri. Pola pikir ini beracun dan melumpuhkan peluang untuk maju.

Intinya jika Anda terus-menerus menyalahkan orang lain atas keadaan hidup Anda maka artinya Anda menyerahkan kendali atas masa depan Anda.

Anda akan terjebak sementara yang lain terus bergerak maju karena mereka bersedia belajar dari kesalahan mereka dan berkembang.

5. Mengatakan “ya” untuk segala hal

Orang yang tidak sukses sering kali kesulitan untuk berkata “tidak”. Mereka akhirnya menyetujui setiap permintaan, tugas atau rapat. Meskipun mereka tahu hal itu tidak sesuai dengan kepentingan terbaik mereka.

Mereka berpikir dengan mengatakan “ya” akan membuat mereka lebih disenangi atau tampak lebih produktif namun pada kenyataannya hal itu justru membuat mereka kewalahan.

6. Tidak menetapkan tujuan yang jelas

Salah satu alasan terbesar orang terjebak dalam kehidupan adalah karena mereka tidak tahu ke mana mereka akan pergi.

Orang yang tidak sukses cenderung menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas dan berharap segala sesuatunya akan berjalan lancar.

Mereka mungkin mempunyai ide-ide samar seperti “saya ingin sukses” atau “saya ingin menghasilkan lebih banyak uang” namun tanpa tujuan yang spesifik dan tidak ditindaklanjuti maka mereka hanya akan berkelana tanpa tujuan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #kerja #orang #yang #tidak #sukses #mengalami #kemajuan #dalam #hidupnya #salah #satunya #terlalu #perfeksionis

KOMENTAR