Sosok Fadhil Rahmi, Cawagub Pengganti Tu Sop yang Punya Jejak Karier Mentereng
Anggota DPD RI M Fadhil Rahmi. [ANTARA]
18:56
17 September 2024

Sosok Fadhil Rahmi, Cawagub Pengganti Tu Sop yang Punya Jejak Karier Mentereng

Fadhil Rahmi adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia untuk periode 2019-2024. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh 2024, ia dicalonkan sebagai bakal calon Wakil Gubernur Aceh, mendampingi Bustami Hamzah. Pasangan ini maju setelah wafatnya Tengku Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop), yang sebelumnya diusulkan sebagai calon Wakil Gubernur.

Setelah melalui berbagai pertemuan dan musyawarah, Fadhil dan Bustami sepakat untuk mengikuti Pilkada Aceh bersama-sama. Pada 13 September 2024, mereka mendatangi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk menyerahkan berkas pencalonan. Kedatangan mereka disambut oleh Ketua KIP Aceh, Saiful, beserta para komisioner. Dalam kesempatan tersebut, Bustami mengungkapkan bahwa penunjukan Fadhil sebagai wakilnya adalah hasil dari konsultasi dengan para ulama Aceh.

Profil dan Perjalanan Karier Fadhil Rahmi

H. M. Fadhil Rahmi, Lc., M.Ag lahir pada 6 September 1978 di Langsa, Aceh, dalam keluarga yang sederhana namun disiplin. Ayahnya, Abdul Gani, berasal dari Kabupaten Bireuen, sedangkan ibunya, Khadijah, berasal dari Kabupaten Aceh Utara dan bekerja sebagai guru.

Fadhil memulai pendidikan di sekolah-sekolah berbasis agama. Ia bersekolah di TK Aisyiah Bireuen, dilanjutkan ke MIN Bireuen, MTs Darul Arafah, dan MAS Darul Arafah. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar, Kairo, dan menyelesaikan studi pada tahun 2008. Di universitas inilah ia mulai bersahabat dengan Ustadz Abdul Somad, yang sering mengundangnya dalam berbagai tabligh akbar.

Baca Juga: Profil Taylor Swift, Penyanyi Pop Dunia yang Dibenci Donald Trump Usai Dukung Capres AS Kamala Harris

Setelah menyelesaikan studinya, Fadhil kembali ke Indonesia dan mulai dikenal oleh masyarakat karena kerap mendampingi Ustadz Abdul Somad dalam berbagai acara. Foto-foto kebersamaan mereka sering viral di media sosial, sehingga banyak orang yang ingin mengundang Ustadz Abdul Somad menghubungi Fadhil.

Keterlibatan dalam Dunia Pendidikan dan Organisasi

Sekembalinya dari Mesir, Fadhil diketahui mulai mengajar di STAIN Cot Kala, Langsa, sebagai dosen. Selain itu, ia juga melatih sepak bola, yang merupakan hobi yang diwariskan dari ayahnya. Dalam dunia organisasi, Fadhil aktif di berbagai lembaga sejak masih kuliah di Mesir hingga sekarang. Beberapa posisi yang pernah diembannya termasuk Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh dan Wakil Ketua Badan Koordinasi Mubalighin Indonesia (Bakomubin).

Dengan pengalaman luas di berbagai bidang, Fadhil Rahmi kini benar-benar bersiap untuk menghadapi Pilkada Aceh 2024 bersama Bustami Hamzah, membawa visi untuk membawa kemajuan bagi Aceh.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga: Perjalan Karier Kim Woo Bin: Aktor Officer Black Belt Sempat Nyaris Pensiun karena Kanker

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sosok #fadhil #rahmi #cawagub #pengganti #yang #punya #jejak #karier #mentereng

KOMENTAR